Laporan OIM FIB UI 11 Mei 2010: Mendekati Puncak


0

Depok – Semangat mahasiswa FIB UI untuk mengikuti kompetisi OIM FIB UI terus meningkat seiring acara yang mendekati puncak (11-05). Hai ini, tercatat ada empat cabang lomba digelar. Dimulai dari paruh kedua presentasi Esei Pemikiran Kritis, Semifinal Debat Bahasa Inggris, Semifinal Debat Bahasa Indonesia, penyisihan grup 3 OIM Kuis, dan apresiasi puisi.

Presentasi Esei Pemikiran Kritis hari ini dilaksanakan dari pukul 09:00 WIB di ruang 9202. Presentasi kali ini menampilkan 7 peserta dari total 13 orang yang telah mengumpulkan naskah esei. Mereka mendapat waktu selama 20 menit untuk mengemukakan gagasannya, lantas kemudian diuji oleh tim juri.

Selepas waktu makan siang, OIM kuis melanjutkan masa penyisihan grup 3 di ruang 4101 tepat pukul 13:00 WIB. Lima tim tersisa dari total jurusan di FIB UI: Arkeologi, Ilmu Sejarah, Filsafat, Ilmu Perpustakaan, dan Perancis, saling mengadu strategi untuk mendapatkan dua tiket final terakhir. Di tengah-tengah lomba, sama seperti hari sebelumnya, ada penampilan Kreasi Puisi dari tiga peserta berikutnya. Dzien Nuen Almisri (Prodi Belanda), Erlin Dyah Pratiwi (Prodi Indonesia), dan Ika Septiana Sari (Prodi Inggris), saling memberikan penampilan terbaiknya untuk sesi apresiasi puisi. Di akhir lomba OIM kuis, akhirnya tim kuis Arkeologi dan Sejarah berhasil mendapatkan dua tiket terakhir final OIM Kuis.

Di gedung yang berbeda, semifinal Debat Bahasa Indonesia berlangsung sengit. Tiap tim berusaha keras untuk mendapatkan dua tiket ke final. Diawali dengan debat antara tim Filsafat A dengan Korea yang menghasilkan tim Filsafat A sebagai finalis pertama. Selanjutnya, ada debat semifinalis kedua antara tim Indonesia dengan Filsafat C. Debat yang tak kalah seru dengan debat sebelumnya, menghasilkan Tim Filsafat C sebagai finalis terakhir keesokan harinya. Dengan ini, berarti ada All Philosofy studies final yang mempertemukan antara tim Filsafat A dengan tim Filsafat C di final Debat Bahasa Indonesia OIM FIB UI. Sebaliknya, bagi tim Indonesia dan Korea masih ada kesempatan memperebutkan medali Perunggu sebelum pertandingan final sekitar pukul 13:00 WIB keesokan harinya.

Belum selesai pertandingan OIM FIB hari ini. Masih ada semifinal debat Bahasa Inggris yang berlangsung pada pukul 15:00 WIB di ruang 9201. Mendapatkan ruangan yang tidak terlalu luas, debat disesaki oleh penonton yang hadir untuk mendukung tim favoritnya. Mempertemukan enam tim: Inggris A, Perancis, Rusia A, China, Inggris B, dan Rusia B, pertandingan akhirnya hanya memberikan dua tiket bagi semua tim untuk masuk ke Final. Dari keputusan juri yang ada, tim Inggris B dan Perancis mendapatkan penilian terbaik dan otomatis berhak tampil di Final Debat Bahasa Inggris OIM FIB UI 2010.

Dengan berakhirnya debat bahasa Inggris, berakhir pula rangkaian lomba OIM FIB hari ketiga sekitar jam 6 sore. Esok hari, akan diselenggarakan babak Final OIM Kuis, Debat Bahasa Inggris, dan Debat Bahasa Indonesia. Sebelumnya, juga ada Seminar Budaya Bahari sekitar jam 09:00 WIB di ruang 4101. Terakhir, masih dibuka pula voting untuk kategori poster terfavorit yang ada di plasa gedung IX FIB UI. Anda sebagai mahasiswa FIB, dapat memilih poster yang menurut anda paling inspiratif. *DPM

Dimas Prasetyo Muharam

Staf Biro IT dan Media BEM FIB UI 2010

Sumber: http://bem.fib.ui.ac.id/laporan-oim-fib-ui-11-mei-2010


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
1
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Dimas Prasetyo Muharam
masih kuliah di sastra Inggris UI sampai insya allah tahun 2011 nanti. Punya hobi menulis, blogging, web programming, dan main catur. Visit blog pribadi saya di http://www.dimasprasetyo.net serta kegiatan komunitas kami di alamat http://www.kartunet.com

0 Comments

Leave a Reply