Layanan Dari Fakultas-Fakultas UI Yang Bisa Memenuhi Kebutuhan Masyarakat Umum

Ada beberapa fakultas di UI yang selain menjadi tempat bagi mahasiswa menimba ilmu, mereka juga membuka fasilitas yang dapat digunakan oleh masyarakat sesuai dengan bidang mereka masing-masing. Penasaran fakultas mana aja yang bisa membantumu? Yuk simak!


0

Universitas Indonesia. Salah satu perguruan tinggi dengan kualitas pengajaran dan lulusan terbaik di Indonesia. Namanya sudah sangat populer di telinga semua kalangan masyarakat, termasuk di telinga mereka yang tidak pernah menjadi mahasiswa atau memiliki keluarga yang berkuliah di sini.

Sumber: infinityn.co

Letaknya yang berada di pusat ibu kota membuatnya mudah untuk diakses menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Pintunya yang selalu terbuka untuk masyarakat luas membuatnya bisa dikunjunginya kapan saja, tanpa harus takut diusir. Nah mungkin hal ini memang sengaja di lakukan oleh pihak UI, karena ternyata, ada beberapa fakultas di UI yang selain menjadi tempat bagi mahasiswa menimba ilmu, mereka juga membuka fasilitas yang dapat digunakan oleh masyarakat sesuai dengan bidang mereka masing-masing. Penasaran fakultas mana aja yang bisa membantumu? Yuk simak!

RIK (Rumpun Ilmu Kesehatan) UI  dengan Rumah Sakit UI

Rumah Sakit UI

Rumpun Ilmu Kesehatan UI yang terdiri dari berbagai fakultas ini bekerja sama dalam memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat yang berpusat di Rumah Sakit Universitas Indonesia. Di rumah sakit ini, masyarakat dapat menggunakan layanan kedokteran gigi, forensik, bedah saraf, olahraga, rehabilitasi medik, urologi, parasitologi dan mikrobiologi klinik, patologi anatomik, radiologi, anestesi, kulit dan kelamin, penyakit dalam, akupuntur, mata, THT, pulmonologi, jiwa, saraf, penyakit dalam, anak, umum, kebidanan dan kandungan, gizi klinik, farmakologi klinik, jantung, dan bedah. Selain layanan kedokteran, masyarakat juga dapat menggunakan layanan keperawatan luka dan stoma, vaksinasi, dan medical check up. Info lebih lanjut klik http://rs.ui.ac.id/

Untuk saat ini, di mana pandemi COVID-19 belum berakhir, RS UI juga membuka layanan swab PCR COVID-19 secara drive-thru maupun mandiri. Lengkap banget ya?

BACA JUGA: Yuk, Intip Warna-Warni Anak RIK dibalik Gedung Putih-nya!

FH (Fakultas Hukum) UI dengan LKBH PPS (Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum dan Penyelesaian Sengketa)

Sumber: Twitter @HukumUI

Bagi kamu yang sedang bermasalah  atau sekedar membutuhkan bantuan legal, kamu mungkin bisa mempertimbangkan layanan yang satu ini. Letaknya yang ada di Fakultas Hukum ini membuat layanan ini mudah diakses dari berbagai penjuru daerah. Lembaga ini didirikan tentunya dengan tujuan untuk menegakan supremasi hukum, selain itu juga membantu dan memberikan pemahaman di kalangan masyarakat, baik masyarakat yang mampu maupun masyarakat yang tidak mampu, serta memberikan kontrol sosial terhadap perilaku aparat penegak hukum dalam penegakan hukum di masyarakat.

Semua tenaga legal yang bekerja di lembaga ini berada di bawah naungan Organisasi Advokat yang sah, Para Sarjana Hukum, dan juga mahasiswa-mahasiswa yang kesemuanya lulusan dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Area praktek dari lembaga ini antara lain terdiri dari: Hukum Keluarga, Perburuhan, Litigasi Perdata, Pidana, & Tata Usaha Negara, Korporasi Umum, Hukum Bisnis, & Perikatan, Asuransi, Hukum Kesehatan/Medis, Sengketa Hak Kekayaan Intelektual, Hukum Agraria, Perbankan, Pilihan Penyelesaian Sengketa dan Kepailitan.

Berikut ini nomor telepon yang bisa dihubungi:

Telp : 021.92628103/04/05, 021.7863442 ext.43

Fax : 021.7270052/8270104

BACA JUGA: Fakta Unik, Ajaib, Mencengangkan Seputar FHUI!

FPsi (Fakultas Psikologi) UI dengan Klinik Terpadu

Sumber: psikologi.ui.ac.id

Selain memperoleh layanan kesehatan fisik, masyarakat juga dapat menggunakan layanan kesehatan psikologis di Klinik Terpadu Fakultas Psikologi UI. Sebetulnya untuk layanan dari Klinik Terpadu Fakultas Psikologi ini juga telah dipaparkan layanannya dalam artikel berikut: Konsultasi Psikologis di Klinik Terpadu Psiko UI. Singkatnya, masyarakat bisa menggunakan berbagai layanan psikologis mulai dari konsultasi dan tes psikologis.

BACA JUGA: Selain Skripsi, Matkul-Matkul Ini Juga Jadi Ajang Anak Psiko Bagi-Bagi Hadiah!

FIB (Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya) UI dengan LBI (Lembaga Bahasa Internasional) UI

Sumber: dppu.ui.ac.id

Butuh translate dokumen-dokumen formal? Butuh belajar bahasa? Butuh tes TOEFL dan ITP? Atau mungkin kamu punya teman WNA yang pengen belajar bahasa dan kebudayaan Indonesia? Kamu gak usah bingung nyarinya sampe keliling kota. UI punya lembaga ventura yang bisa memenuhi kebutuhanmu ini, lho!

Berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Budaya UI, LBI UI menyediakan berbegai layanan bahasa mulai dari BIPA (Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing), PPB (Program Pelayanan Bahasa/Les Bahasa Asing) dan juga PPP (Program Pengembangan Penerjamahan). Tertarik? Kunjungi https://lbifib.ui.ac.id/

BACA JUGA: 5 Kesyahduan yang Bakal Kamu Dapetin Kalau Berkuliah di FIB!

FT (Fakultas Teknik) UI dengan P2M

Sumber: p2mmesin.com

P2M adalah jasa konsultan dan pelatihan  dalam bidang mechanical dan electrical yang disediakan oleh FT UI dan biasa digunakan oleh organisasi/perusahaan. Layanan yang ditawarkan dalam bidang pelatihan antara lain berupa pelatihan mekanikal dan elektrikal, pelatihan IT, program profesi dan sertifikasi dan drone. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa mengunjungi www.p2mmesin.com.

BACA JUGA: 9 Jenis Anak Teknik Berdasarkan Tempat Tongkrongannya

FASILKOM (Fakultas Ilmu Komputer) UI dengan Pusilkom

Sumber: foursquare.com

Pusilkom (Pusat Ilmu Komputer) UI menyediakan layanan jasa pelatihan dan konsultas teknologi informasi. Ada empat layanan yang ditawarkan yakni IS/IT + HE Consultancy, IS/IT Training, IS/IT Development, dan Data Processing. Pusilkom biasa menyelenggarakan pelatihan / kursus-kursus IT serta jasa pembuatan aplikasi / sistem informasi untuk organisasi dan bisnis. Dalam lebih dari 40 tahun kiprahnya di dunia sistem informasi/teknologi informasi, Pusilkom UI telah memberikan layanan jasa dan menawarkan produk terhadap perusahaan dan badan pemerintah. Lebih jelasnya dapat kunjungi https://pusilkom.ui.ac.id/.

BACA JUGA: Pengen Kuliah di Fasilkom UI? Baca Dulu Tulisan Ini


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Cindy Rachma Muffidah
Cindy is a psychology student who is also a passionate writer and book reader. More of Cindy's Articles.

0 Comments

Leave a Reply