Libur Panjang Oktober 2020, Simak 5 Tips Liburan Aman dari COVID-19

Kesibukan perkuliahan yang menyita waktu tentunya bikin kamu jadi jarang ngobrol bareng keluarga kan? Makanya, dengan adanya momen libur panjang seperti ini, yuk manfaatkan waktu dengan berkumpul dan seru-seruan bareng keluarga besar


0
liburan aman dari covid

Libur telah tiba. Libur telah tiba. Hore! Hore! Hore

Anak UI, libur panjang akan segera tiba. Ketentuan cuti bersama yang jatuh pada tanggal 28 hingga 30 Oktober 2020 membuat kamu bisa mengistirahatkan diri sejenak dari rutinitas perkuliahan. Eits, walaupun banyak tempat wisata dan akomodasi yang beroperasi kembali di tengah pandemi, bukan berarti kamu bisa liburan seenaknya loh. Mengingat kondisi yang masih sangat rawan untuk berwisata, kamu harus tetap waspada dan tidak disarankan untuk berlibur ke luar kota, apalagi pergi ke zona merah Covid-19.

Supaya kamu bisa liburan dengan nyaman tanpa harus deg-degan terpapar virus corona, kali ini AnakUI mempersembahkan 5 tips liburan yang bisa kamu praktekkan selama libur panjang mendatang. Yuk, cari tahu lebih lanjut tips liburan di era pandemi agar tetap sehat dan selamat sampai pulang ke rumah ala AnakUI. Jangan lupa disimak ya!

1. Patuhi Protokol Kesehatan

mematuhi protokol kesehatan
Sumber: Freepik

Seperti yang kita ketahui, penyebaran virus corona terjadi melalui droplet atau percikan air liur saat berbicara. Makanya, sesuai dengan anjuran pemerintah dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kamu dianjurkan untuk menerapkan protokol kesehatan guna meminimalisir penularan virus corona. Protokol kesehatan yang dimaksud yaitu patuh memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan rutin mencuci tangan.

Perlu diingat bahwa masker yang digunakan pun gak boleh asal. AnakUI merekomendasikan kamu untuk menggunakan masker jenis N95 guna menghindari percikan air liur saat berbicara. Bila tidak ada, kamu bisa mengenakan masker medis yang memiliki tingkat efektifitas sebesar 80-90 persen atau mengenakan masker berbahan kain yang mampu melindungi diri hingga 70 persen.

Jangan lupa untuk membawa masker, hand sanitizer, dan tisu disinfektan dalam jumlah banyak. Selain untuk jaga-jaga, kamu bisa menggunakan peralatan ini untuk membersihkan tempat yang baru saja digunakan orang lain.

2. Pilih Keberangkatan Paling Awal

Sumber: Freepik

Jika kamu ingin bepergian menggunakan transportasi umum, AnakUI sarankan untuk mengambil jadwal keberangkatan paling awal. Alasannya, karena transportasi umum seperti pesawat terbang, kereta api, dan bus, masih steril karena telah didisinfeksi secara menyeluruh.

Coba deh bayangkan kalo kamu mengambil jadwal keberangkatan pada siang, sore, atau malam hari, pastinya kursi penumpang yang akan kamu tempati udah digunakan orang lain. Tentunya kamu gak mau dong liburan sambil dilingkupi rasa parno akibat barang yang sudah tersentuh orang lain?

3. Hindari Liburan ke Destinasi Wisata Mainstream

Sumber: Freepik

Biasanya nih, tempat wisata mainstream akan dibanjiri pelancong dari luar kota, apalagi libur long weekend kayak sekarang. Banyak pelancong berarti bakal banyak orang lalu lalang sehingga tempat wisata yang akan kamu datangi akan penuh sesak.

Tentunya kamu gak mau kan liburan kamu kacau dan stress karena melihat kerumunan manusia? Makanya, sebisa mungkin hindari kerumunan yang menyebabkan tak ada jarak antar orang dengan cara memilih daerah wisata yang tak terlalu padat. Hal ini berguna untuk menghindari potensi penyebaran virus corona. Lagipula destinasi wisata yang relatif sepi juga gak kalah menyenangkan dibanding destinasi wisata yang populer kok. Bila tempat yang kamu kunjungi sepi, kamu bisa refreshing dan menenangkan diri sejenak dari keramaian.

4. Pastikan Kondisi Tubuh Sehat sebelum Berlibur

Sebelum liburan, jangan lupa pastikan diri kamu dan partner liburanmu dalam keadaan sehat. Lakukan minimal rapid test untuk meyakinkan diri bila kamu tidak mengidap COVID-19. Jika kondisi fisik bermasalah, sebaiknya tunda dulu perjalanannya dan cari cara lain untuk menghabiskan waktu libur selain ke luar kota.

5. Pilih Lokasi atau Destinasi Wisata yang  di Zona Aman

Sebelum berlibur, pastikan kamu mengetahui status zonasi lokasi wisata yang akan dituju, apakah statusnya zona hijau, kuning, oranye, atau merah. Kamu dapat mengecek peta risiko kota/kabupaten di seluruh Indonesia dengan cara mengunjungi laman resmi COVID-19 di https://covid19.go.id/peta-risiko

Bila kurang yakin dengan data yang tersedia, kamu juga bisa bertanya langsung pada kantor pemerintahan setempat, kira-kira daerah mana yang sebaiknya dihindari untuk dikunjungi.

Pro Tips: Pilih zona hijau yang relatif lebih aman.

Berhubung pandemi COVID-19 masih melanda, ada baiknya kamu memanfaatkan waktu liburan untuk mempererat hubungan dengan keluarga. Kesibukan perkuliahan yang menyita waktu tentunya bikin kamu jadi jarang ngobrol bareng keluarga kan? Makanya, dengan adanya momen libur panjang seperti ini, yuk manfaatkan waktu dengan berkumpul dan seru-seruan bareng keluarga besar. Kamu bisa menghabiskan waktu dengan cara nonton bareng, masak bareng, atau sekedar bercengkerama bersama ditemani dengan segelas cokelat panas. Whoa, pastinya liburan kamu akan menyenangkan ya, AnakUI!

[zombify_post]


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
1
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Ditha Adinda

Content Writer. Are you the end of my prayer? Because Amen love with you. Hit me on: Ditha Adinda

0 Comments

Leave a Reply