Liburan, Sih Liburan! Tapi Jangan Lupa Sama Hal-hal Ini, ya!


0
Pikirkan Berapa SKS yang Akan Kamu Ambil via

Ngomongin soal tahun baru dan liburan memang asyik banget, kan! Yap! Setelah bersakit-sakit dahulu ngerjain makalah, laporan, dan teman-temannya itu, akhir semester tiba juga. Tiba jugalah liburan yang lumayan agak panjang. Di sela-sela liburan ini, tolong loh, ya jangan menghindar dari sekelumit kasus akademikmu yang belum terselesaikan. Maaf, Guys! Bukan maksud menghancurkan kehidupan barumu, tapi mau mengingatkan saja, hal-hal yang penting yang gak boleh luput dari ingatanmu ini.

Ingat SIAK, di Situ Ada Nilai Kamu

Ingat SIAK, di Situ Ada Nilai Kamu via
Ingat SIAK, di Situ Ada Nilai Kamu via Photo Credit: The Next Web via Compfight cc

Masing ingat kan SIAK itu apa? SIAK bukan makanan, bukan juga tempat liburan, apalagi tempat senja tenggelam. SIAK atau Sistem Informasi Akademik yaitu sistem yang akan menentukan hidupmu di kampus selama satu semester ke depan. Nah, selain itu pengunggahan nilai di SIAK pun akan terjadi selagi kamu masih liburan. Haha! Ketawain aja, ya. Nilai yang akan diunggah oleh dosen-dosenmu itu sih yang akan jadi penentu hidupmu. Dan kejutannya, nilai-nilai itu akan diunggah di minggu awal di bulan Januari, 2016! Secepat itu. Tapi, kalau mau aman, mendingan jangan buka SIAK sampai masa SIAK War berlangsung.

Gara-gara SIAK ini, mahasiswa akan berubah menjadi beberapa tipe. Pertama, mungkin yang sudah kerja keras selama semester kemarin, mereka akan kepo dan buka-tutup halaman academic.ui.ac.id sambil harap-harap cemas gitu deh! Tipe kedua, yaitu tipe yang mau liburannya tentram, jadi mereka gak mau buka SIAK sampai pengisian IRS dimulai. Dan tipe ketiga ini yang paling parah, yaitu tipe mahasiswa yang melupakan kapan nilai keluar dan kapan IRS harus diisi. Mungkin tipe ketiga ini adalah mahasiswa-mahasiswa yang mau skripsi, hem, mungkiiin…

 

Pikirkan Berapa SKS yang Akan Kamu Ambil

Pikirkan Berapa SKS yang Akan Kamu Ambil via
Pikirkan Berapa SKS yang Akan Kamu Ambil via Photo Credit: Jirka Matousek via Compfight cc

Cepat atau lambat, kamu mesti menentukan berapa SKS yang akan kamu ambil di semester selanjutnya. Mau buru-buru lulus kah? Bersantai-santai kah? Atau mau ambil semester pendek? Semua itu harus ditentukan! Nah, jumlah SKS yang akan diambil pun berpengaruh dengan masa depanmu. Sebelum memilih, sebaiknya cermati dulu setiap mata kuliah yang akan diminati. Kalau itu kelas internal, ya mungkin akan lebih mudah, tapi kalau kelas eksternal, cobalah hati-hati dan urus segala prosesnya. Pikirkan matkul A bakal kayak apa, mampu atau enggak, kalau diambil akan membawa hidupmu ke mana, gitu, sih!

 

Mau Mental ke Tingkat UI atau Masih Akan Terus Berkarya di Jurusan?

Mau Mental ke Tingkat UI atau Masih Akan Terus Berkarya di Jurusan? via vokasi.ui.ac.id
Mau Mental ke Tingkat UI atau Masih Akan Terus Berkarya di Jurusan? via vokasi.ui.ac.id

Khusus anak yang gemar banget organisasi pasti ngerti sama hal yang satu ini. Di awal semester dan awal tahun ini sudah seharusnya kamu menentukan langkah organisasimu. Karena apa? Di semester baru inilah semuanya terorganisir kembali. Ketua dan wakil ketua BEM, DPM UI, dan Fakultasmu baru. Nah jadi kamu mau ikut yang di tingkat mana, nih?

Ketua jurusanmu akan berganti atau mungkin sudah berganti, yang pastinya akan merekrut orang-orang baru. Sekarang tinggal kamu yang menentukkan. Kalau awalnya hanya aktif di jurusan, mungkin ini saat yang tepat untuk show up di tingkat yang lebih tinggi. Kalau sekarang sudah ada di tingkat yang sangat-sangat tinggi, mungkin ini juga saatnya kamu untuk pulang dan mengurus jurusanmu. Kasihan, kan juniormu mau dikasih bekal apa nantinya?

 

Siap Sidang Tahun Ini, Siapkan Juga Skripsimu!

Siap Sidang Tahun Ini, Siapkan Juga Skripsimu! via benediktus-krisna-yogatama
Siap Sidang Tahun Ini, Siapkan Juga Skripsimu! via benediktus-krisna-yogatama

Teruntuk para mahasiswa semester akhir, udah, deh kalian gak usah muluk-muluk berdoa di tahun 2016-nya! Berdoa saja agar penulisan skrpisi dimudahkan. Ratusan lembar skripsi bukan masalah besar kalau kamu sungguh-sungguh ngerjainnya. Dan teruntuk yang sudah niat banget lulus, nikmati waktu liburanmu dengan menyusun skripsi, ya! Jangan ngiri sama yang lagi liburan, yang penting di tahun ini bisa sidang.

BACA JUGA: Begini Caranya Agar Skripsh*t Kamu Jadi Skripsweet!

Akankah Foto Wisudamu Terpampang Tahun Ini?

Akankah Foto Wisudamu Terpampang Tahun Ini? via  isj.fib.ui.ac.id
Akankah Foto Wisudamu Terpampang Tahun Ini? via isj.fib.ui.ac.id

Nah, ini nih yang seharusnya bakal jadi foto hits di media sosial. Di media sosial, khususnya Instagram lagi ngehits banget #2015bestnine. Di tahun 2016 foto apa yang bakal jadi ‘best’? Ya, pastikan itu foto wisudamu, yaa! Di balik prosesi wisuda, banyak sekali hal-hal yang harus kamu siapkan. Bukan hanya pasangan atau pendamping, pendaftaran wisuda, sidang skripsi, dan segala yang krusial sampai yang gak akan kamu pikirkan pun akan mungkin terjadi.

Itulah hal-hal yang gak boleh kamu lupakan meskipun sedang liburan. Karena di saat liburan inilah awal yang baru di semester barumu akan dimulai.

Satu hal lagi: jangan lupa belajar! Teruntuk yang masih semester awal, tengah, dan akhir, belajar harus diutamakan! Jangan sampai apa yang sudah kamu dapatkan di semester sebelumnya menghilang begitu saja. Huh, sayangilah ilmumu! Sampai ketemu di semester baru!

 


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
mitamift

Beda jemari, beda kata, beda rasa.

0 Comments

Leave a Reply