Liputan Bexpeek


0

Air merupakan bagian penting dari kehidupan walaupun terkadang kita menganggap air tidak penting tapi sebenarnya air merupakan komoditi yang utama dari kehidupan. Hal tersebut lah yang membuat “air” dijadikan tema utama dari acara Bexpeek UI 2009 yang diselenggarakan tanggal 6-11 juli 2009 dan bertempat di departerment biologi FMIPA UI. Bexpeek sendiri merupakan kepanjangan dari Biology Exploring Week yang merupakan acara tahunan dari HMD biologi ui. Acara tersebut diadakan selama 5 hari yang terdiri dari beberapa rangkaian acara dengaan judul ‘Pesan dari Air untuk Anak Indonesia’.

Pembukaan acara dilakukan dengan diselenggarakannya talkshow dengan pembicara Drs., M.R. Karliansyah, yang merupakan perwakilan dari kementerian lingkungan hidup dan bapak M. Farid, M.Si. , yang merupakan perwakilan dari conservasi international. Acara talkshow tersebut di moderatori oleh Riyanni Djangkaru yang seperti kita ketahui merupakan presenter dari acara Jejak Petualang. Talkshow tersebut bertemakan pesan dari air untuk anak Indonesia yang sesuai dengan tema bexpeek Pokok pembahasan adalah kondisi air di Indonesia secara khusus dan dunia secara umum, upaya konkret pemerintah dalam menjaga kondisi air di Indonesia, dan hambatan-hambatan pengkonservasian air. Acara talkshow tersebut diselenggarakan bagi khalayak umum, mahasiswa, dan peserta acara.

Labiate(Lomba biologi tahunan SMA se jabodetabek). Tahun ini peserta yang mengikuti Labiate ada 18 tim. Tim sekolah yang lolos menjadi 6 besar adalah SMA 1 Karawang, SMA 68, SMA 3, SMA 8. SMA 39, SMA St. Peter. 6 tim tersebut selanjutnya mengikuti test presentasi hasil pengamatan lapangan sekitar UI. Pengamatan lapangan dilakukan diarea UI dengan dibimbing oleh perwakilan dari 3 BSO yang ada didepartement biologi dan yang diamati adalah flora dan fauna yang ada di sekirat UI. Tim SMA yang lolos menjadi 3 besar adalah SMA 8, SMA 68, dan SMA 1 Karawang. Pemenang dari ketiga besar tersebut adalah SMA 8 Jakarta yang memenangkan test cerdas cermat.

EduCreJHS (Education and Creativation for Junior High School). Acara tersebut diikuti oleh 9 tim yang mengikuti 3 rangkaian acara, yaitu stimulasi penyaringan air, lomba membuat maket siklus air, dan membuat mading dengan tema pasan dari air untuk anak indonesia. Pemenang dari rangkaian acara tesebut adalah SMP 39 Jakarta untuk lomba maket siklus hujan dan untuk lomba mading adalah SMP 179 Jakarta.

BADAK ( Biologi Dalam Dunia Anak). Badak merupakan acara perorangan yang dimaksudkan agar anak-anak usia 6-10 tahun mengenal lingkungan alam sekitarnya sambil bermain dan belajar. Anak tersebut mengikuti rangkaian acara, yaitu lomba kretivitas desain kaos, pemeriksaan gigi, dan  pembelajaran flora dan fauna dengan kemasan outbound dan edugames. Pemenang acara ini dibagi menjadi 2 kategori yaitu anak teraktif dan pemenang lomba desain kaos. Pemenang anak teraktif adalah Bagus Prasojo dan pemenang lomba desain kaos adalah Zhafira.

Acara bexpeek tersebut ditutup dengan pembukaan galeri yang menampilkan karya-karya para peserta. Harapan panitia Bexpeek 2009 sendiri adalah agar saat para peserta acara bexpeek selesai mengikuti rangkaian acara tersebut, peserta mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan kesadaran tentang pentingnya lingkunag pada umumnya dan air pada khususnya.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Media Partner anakUI.com
Akun ofisial anakUI.com untuk hal-hal yang berhubungan dengan media partner. Untuk mengajukan kerjasama Media Partner, silakan buka anakui.com/mediapartner.

0 Comments

Leave a Reply

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals