Akhir pekan yang penuh dengan ilmu dan pembelajaran menjadi suatu hal yang kurang diminati masyarakat, mengingat akhir pekan acap kali digunakan untuk beristirahat, bersantai bersama sanak famili dan sahabat terdekat ataupun digunakan untuk melepas kepenatan akan rutinitas pekerjaan yang menghadang selama 5 hari sebelumnya. Sayangnya, Hal ini tidak berlaku di compfest 2010. Acara yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia pada akhir pekan kemarin (8-9 Mei 2010) yang merupakan one stop IT Event dengan 4 elemen pengetahuan yang termanajemen dalam suatu kemasan menarik ini, tetap diminati oleh banyak pengunjung dan peserta kompetisi yang haus akan ilmu pengetahuan.

Hari pertama Compfest 2010 (8/5/2010), adalah hari dimana 15 grup peserta Problem Solving (programming) Competition dari kalangan anak SMA se-Indonesia terpilih memperebutkan titel juara problem solving winner compfest 2010. Peserta diberi waktu semenjak pukul 11.00 hingga 18.00 untuk menyelesaikan sepuluh permasalahan dan mengaplikasikannya kedalam suatu bentuk program. Para calon-calon programmer muda yang sudah diseleksi sebelumnya ini, terus mengasah kreativitas mereka dalam hal programming, sampai akhirnya terpilih 3 orang pemenang kompetisi problem solving compfest 2010. Pemenang pertama adalah tim programmer muda yang datang jauh-jauh dari Denpasar , yakni SMA 4 Denpasar yang sukses membawa hadiah uang tunai sebesar lima juta rupiah ke pulau Dewata. Kemudian disusul oleh SMAK Penabur Cirebon di posisi kedua dan SMAN 1 Depok di posisi ketiga yang membawa masing-masing uang tunai sebesar tiga dan dua juta rupiah.

Tak hanya peserta kompetisi yang berlomba, para pengunjung umum pun berlomba-lomba mencari ilmu pada lima seminar dengan lima pembicara handal yang sangat diminati pengunjung. Hal ini diakibatkan panitia hanya membatasi seminar untuk 100 orang pendaftar. Pembicara pertama adalah Bapak Hanson Hutabarat yang membawakan tema : Oracle Business Process Management : Developing Application From Business Process . Kurang dari setengah jam, registrasi untuk seminar yang dibawakan Oracle Master certified ini sudah ditutup karena banyaknya pengunjung yang mengantri untuk bisa masuk dan mendengarkan seminar ini. Bahkan saat registrasi sudah ditutup pun, masih banyak pengunjung yang datang untuk meregistrasikan dirinya kedalam seminar ini. Luar biasa.

Antusiasme seminar yang dibawakan oleh Bapak Hanson Hutabarat pun menular kesemua pembicara lainnya. Seluruh seminar selalu habis kuota pendaftarannya kurang dari 30 menit saat registrasi seminar dibuka. Baik seminar dari CEO Jakarta International Management (JIM) dan Jakarta International Consulting yang Juga merupakan Penulis buku Young On Top, Billy Boen (dengan tema Young Entrepreneur’s Role in Creative Industry) , Public Relation and Technical Manager Digital Alliance, Michael James Edward (dengan tema The Newest Graphical Information Technology) , Creative and Content Manager of Beoscope.com , Bapak Purwanto Hasan (dengan tema Creative Video: Video Impact on The Next 2-3 Years ) , sampai seminar pamungkas hari pertama yang dibawakan oleh Wahyu Aditya Sang founder KDRI dan Hello Motion Academy dengan tema Increase your creativity with creative design. Tak hanya pengunjung yang datang dan berdiri di luar area seminar hanya untuk mendengarkan seminar oleh pembicara-pembicara ahli di bidangnya, bahkan banyak pengunjung yang berkali-kali kembali ke meja registrasi untuk mendaftrakan dirinya ke semua seminar yang berlangsung. Seminar yang dilaksanakan mulai pukul 11.00 wib sampai seminar terakhir yang dimulai 17.30 ini sangat diminati masyarakat dengan antusisasme yang sangat fantastis. “Kalau menurut saya, pembicaranya cukup atraktif. Penonton seminarnya sendiri walaupun gak begitu banyak tapi asik” menurut Ilham Ramdhana MC hari pertama Compfest 2010.

Hari Kedua Compfest 2010 (9/5/2010) giliran peserta dari Dota-Dota Pro-dan Pes (Pro Evolution Soccer) Competition yang menunjukkan taringnya. Dimulai dari siang hari acara dibuka, seluruh peserta masih berkompetisi hingga sore menjelang malam hari. Seluruh PC dipenuhi dengan teriakan-teriakan peserta yang sedang berkompetisi dengan keseruan masing-masing. Sampai akhirnya malam hari tiba, seluruh pemenang kompetisi game ini sudah didapatkan dan diumumkan oleh Sahil Mulachela dan Arrynda Casni, MC Compfest 2010 hari kedua. Pemenang untuk tiap-tiap lomba adalah : dota : juara 1/2/3 ex-R/XB/XB. Dota pro : juara 1/2/3 : eLite , VrD , eLite. Pes Competition dimenangkan oleh Joshua (juara 1 dan 2) dan Ilfan (Juara 3). Selain itu, Pemenang lomba-lomba yang sudah didapatkan namanya juga diumumkan pada hari minggu, yakni : Blog : Ahmad Arif Nurrahman , Achmad Zulfikar dan Unggul Sagena untuk masing-masing juara 1 , 2 dan 3. Untuk Blog detik dimenangkan oleh : Asrul Sani (juara 1) dan Fauzan (juara 2). Juara 1 Creative Video Contest dimenangkan oleh Fety Fithrya dengan judul My Bonnieliesovertheocean dan juara favorit dimenangkan oleh Amislendir dengan judul Think Different.

Hari kedua, mengantisipasi antusiasme peserta seminar, panitia menyiapkan kuota lebih untuk para pendaftar seminar agar bisa menikmati 4 seminar di hari kedua, dan masih dengan pembicara-pembicara yang sangat handal di bidangnya. Hari kedua, seminar diisi oleh Perwakilan dari Kemkominfo, Kasubdit perangkat lunak Direktorat Sistem Informasi dan Telematika Depkominfo RI ,  Riki Arief Gunawan (dengan tema HAKI pada Ruang Lingkup Industri Kreatif ) , James bernanto dari Deputy GM System Development Jatis Mobile Jatis (dengan tema : Opportunities and Challenges for Creativity in the Mobile Industry ) , Leontinus Alpha Edison Founder Tokopedia (dengan tema : Creative Step to Start Your New Online Business) dan seminar Pamungkas diisi oleh seminar dengan tema Be Creative using Apple yang diisi oleh vice president Bussiness Development of EMax , Rizky Arbali.  Kuota seminar hari kedua memng tidak sepenuh hari pertama, namun antusiasme peserta seminar jauh lebih bersemangat dibandingkan hari sebelumnya. Bahkan, banyak peserta seminar yang datang jauh sebelum pendaftaran seminar  dibuka, dan tak jarang peserta masih berdatangan saat seminar sudah dimulai.

advertisement

Selain seminar dan kompetisi, selama dua hari Compfest 2010 pengunjung juga dihibur oleh beberapa hiburan yang disiapkan oleh panitia seperti Soulflou, Seize Mains, Sebiron, Lovely New Guy , dan beberapa band hasil audisi Compfest 2010. Suasana semakin ramai dengan adanya exhibition baik untuk IT Bazaar maupun food & Beverages di bagian depan  gedung. Hari kedua ditutup oleh tutorial mengenai Chip Tunes dan suguhan Chip Tunes oleh Sebiron. Semua elemen IT, pakar, perusahaan,musisi, sampai calon programmer terlibt disini. Semoga di kemudian hari akan lebih banyak Compfest – compfest lainnya yang bisa terus menerus membangkitkan dunia ICT Indonesia. Compfest 2010 hanya langkah awalnya.



[reaction_buttons]