update 6/12: klik di sini untuk mendengarkan rekaman presentasi para pembicaranya.

Jum’at, 4 Desember 2009, Forum anakUI (ForUI) untuk kedua kalinya alhamdulillah selesai diselenggarakan di YongMa FISIP UI. Walaupun mulainya telat dari jadwal karena masih menunggu tempatnya kosong dulu, disertai hujan deras di awal yang mungkin membuat beberapa dari kita urung datang ke ForUI, hal-hal itu tidak mengurangi serunya diskusi dan sharing serta manfaat yang didapatkan dari sesama kita di ForUI.

ForUI Desember 2009 ini memilih topik anakUI, Go International!, untuk menginspirasi kita agar bisa berkarya, memperluas wawasan dan jaringan dengan cara pergi ke luar negeri baik itu untuk mengitu conference, pertukaran pelajar, maupun kompetisi-kompetisi.

Selama ForUI, @anakuidotcom memberikan live tweeting supaya teman-teman yang tidak bisa hadir di ForUI juga bisa tahu materinya, dengan menggunakan hashtag #ForUI. Live tweeting ForUI ini dibantu oleh pemilik akun @lenidisini (makasih banyak 🙂 ). Inilah rekap live tweeting #ForUI kemarin.

Hujan hujan dateng ke #ForUI di fisip (@arifjulianto)

Pembicara #1 #ForUI saat ini, Iman Usman, HI 2009 lg sharing pengalamannya go international! (@anakuidotcom)

advertisement

Tips2x untuk go international: 1. Know your purpose 2. Prepare your CV n Resume 3. Prepare recommendation letter #ForUI (@anakuidotcom)

Tips2x untuk go international: 4. Prepare your application form 5. Sponsorship proposal #ForUI (@anakuidotcom)

Pembicara #2 #ForUI Tantia Dian dr Manajemen FE 2006! (@anakuidotcom)

Tips dr Tantia 4 go international: “loving urself. Pahami potensi dirimu” #ForUI (@anakuidotcom)

Tips dr Tantia 4 go international: “Take opportunity, have positive attitude!” #ForUI (@anakuidotcom)

Tips dr Tantia 4 go international: “open mind dgn budaya luar ok. Tapi tetep jaga batas2x” 🙂 #ForUI (@anakuidotcom)

advertisement

Pembicara #3 #ForUI Puspa Setia dari Fasilkom 2005 (@anakuidotcom)

Kata Puspa: dgn memiliki pengalaman go international byk manfaat antara lain bs memperkenalkan kekayaan bangsa, .. #ForUI (@anakuidotcom)

manfaat lainnya: mjd motivasi bg negara lain u mengenal lbh jauh Indonesia #ForUI (@anakuidotcom)

manfaat lainnya: bsa meningkatkan kepercayaan diri, menambah ilmu n pengalaman yg luar biasa.. #ForUI (@anakuidotcom)

Bahkan hal2x kecil utk sosial masy yg pernah kita lakukan mendapatkan penilaian lbh dlm seleksi kegiatan2x int’l #ForUI (@anakuidotcom)

#ForUI masih ada sampai kira2x jam 19.30an. Sesi brikutnya adlh forum sharing terbuka antar peserta. (@anakuidotcom)

Dapet banyak ilmu dan wawasan di #ForUI kali ini. (@arifjulianto)

Untuk lebih lengkapnya, ini adalah presentasi dari pembicara pertama, M. Iman Usman, HI 2009, yang sejak SMA hingga saat ini sudah punya banyak pengalaman melanglang buana ke Jepang, Malaysia, China, Thailand, dan Singapura.

Presentasi kedua diberikan oleh Tantia Dian Permata Indah, FE 2006, yang pernah ke Paris, Australia, Amerika Serikat, Spanyol, dan beberapa negara lainnya.

Presentasi terakhir diberikan oleh Puspa Setia Pratiwi, Fasilkom 2005, yang pernah ke Malaysia, Brunei, Singapura, Jerman, dan Korea Selatan.

Setelah break maghrib, walaupun beberapa dari peserta sudah pulang duluan, acara tetap dilanjutkan dengan diskusi rame, ngobrol2 melingkar dan saling tanya jawab tentang topik ForUI sekarang, khas banget ForUI. Akhirnya ForUI diakhiri pukul 20 dengan foto bareng, seperti biasa, hehe..

Karena bulan Januari masih libur, ForUI berikutnya insya Allah akan dilaksanakan bulan Februari 2009 dengan tempat yang tidak di FISIP lagi. Kalau ada usulan topik-topik untuk ForUI berikutnya, silakan disampaikan ya..

Stay tuned!

Foto-foto menyusul!