Liputan Konferensi Ekonomi Mahasiswa Asia Terbesar di Indonesia, 8th Economix


0

Konferensi ekonomi mahasiswa Asia terbesar di Indonesia, 8th economix, telah dilaksanakan pada 4 – 8 Oktober 2010 dengan tema tahun ini “Merging South East Asia and Chinese Economy: Facing the Challenges and Opportunities of Free Trade”.  Acara tahunan yang diselenggarakan oleh Kajian Ekonomi dan Pembangunan Indonesia (KANOPI) FEUI ini berangkat dari keingintahuan mahasiswa ekonomi tentang ide globalisasi ekonomi ASEAN-China beserta dampak-dampaknya dalam keadaan sosial dan ekonomi negara-negara ASEAN.

Delegasi konferensi economix tahun ini berasal dari beberapa universitas di Indonesia seperti: Universitas Syah-Kuala Banda Aceh, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, SBM-ITB, Universitas Katholik Parahyangan Bandung, Universitas Padjajaran Bandung, Universitas Bakrie, STAN, STIE Pandu-Madania, Universitas Mulawarman-Kalimantan, Universitas Hassanudin Makassar, dan tuan rumah Universitas Indonesia. Delegasi internasional berasal dari Filipina yaitu dari De La Salle University Manila dan University of the Philippines Visayas-Miagao.

Rangkaian acara 8th economix dibuka dengan Opening Ceremony yang diselenggarakan di Magister Management UI Salemba dimana delegasi disambut oleh panitia beserta pihak FEUI dengan tarian selamat datang dan jamuan makan malam. Selanjutnya, pada tanggal 5 Oktober 2010 diselenggarakan seminar yang bertema “Chinese Competitive Performance: Threat or Opportunity to ASEAN’s Economy”. Seminar yang dihadiri oleh sekitar 300 peserta ini secara garis besar membahas tentang bongkar dapur faktor-faktor penyokong keberhasilan perekonomian China yang dapat dipelajari negara-negara ASEAN untuk membangun perekonomian.

Acara yang merupakan salah satu event utama economix ini diselenggarakan di Auditorium Garuda, Kementrian Industri Republik Indonesia dan dibuka oleh Staf Ahli Menteri Perindustrian (mewakili Menteri Perindustrian) serta dengan menghadirkan pembicara yang kompeten di bidangnya seperti: Prof. Dr. Subroto (Profesor Emeritus UI), Dr. Thee Kian Wie (Peneliti Senior LIPI), Adi Putra Tahir (Ketua KADIN periode 2009 – 2010), Prof. Lepi T. Tarmidi (Profesor Emeritus UI), Dr. Sjamsu Raharja (Peneliti Senior World Bank) dan Mr. Subash Bose Pilai (Direktur Market Integration Sekretariat ASEAN).

Setelah seminar berakhir, dilanjutkan dengan evening party yaitu Welcoming Party. Acara ini merupakan rangkaian acara International Gathering yang merupakan program baru dalam rangkaian acara economix yang pada tahun ini memilih tema “Cultural Heritage in the Spirit of Youth”. Dibuka oleh sambutan ketua KANOPI FEUI, Dara Andhika, Welcoming Party berlanjut dengan berbagai games meriah sebagai ajang untuk mengenal delegasi satu dengan lainnya.

Rangkaian acara selanjutnya adalah International Economic Competition dan General Lecture on Economics. Dua acara utama ini berlangsung secara bersamaan di Pusat Studi Jepang Universitas Indonesia. General Lecture on Economics tahun ini menghadirkan dua Profesor yaitu: Prof. Peter Erick Robertson dari University of Western Australia dan Prof. Lepi T. Tarmidi dari Universitas Indonesia.

Main event terakhir yang merupakan inti dari konverensi ini adalah International Economic Discussion dimana para delegasi menyusun output yang merupakan rekomendasi kebijakan kepada pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat untuk lebih aware dan mengerti mengenai AC-FTA ini. Rangkaian acara dilanjutkan dengan Cultural Night dimana suasana keakraban dibangun dengan nuansa budaya Indonesia-Filipina dengan sajian tari tradisional Indonesia seperti tari Bali dan modern dance dari SGB Tari FEUI, persembahan tari poco-poco dari panitia 8th economix, serta penampilan dari delegasi Filipina.

8th economix ditutup dengan rangkaian acara International Gathering yaitu: Tour de Indonesia yang diselenggarakan di Taman Mini Indonesia Indah, Student Action, yang merupakan ajang pembagian output 8th economix kepada masyarakat, diselenggarakan di Bundaran Senayan jakarta, dan diakhiri dengan Closing Ceremony yang diadakan di Balai Agung DKI Jakarta.

Acara closing ceremony ini merupakan acara puncak 8th economix dimana juara dari International Economic Competition diumumkan; yaitu: Camille Angela Marie Almario Aquino dan Katrina Estrada dari De La Salle University Manila sebagai Juara 1, Serrano, Denise Jannah Dy dan Joe Rigodon dari De La Salle University Manila sebagai Juara 2, serta Lutfi Iramsyah dan Budiono dari Universitas Indonesia sebagai Juara 3. Masing-masing juara mendapatkan hadiah sebesar USD 1,000 (Juara 1), USD 600 (Juara 2), dan USD 400 (Juara 3). 8th economix: When Asian Students Compete, Gather, and Confer!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Media Partner anakUI.com
Akun ofisial anakUI.com untuk hal-hal yang berhubungan dengan media partner. Untuk mengajukan kerjasama Media Partner, silakan buka anakui.com/mediapartner.

One Comment

Leave a Reply