14 orang yang dateng kopdar

 

Halo! Pengen ngasih laporan nih tentang kopdar anakUI.com. Jadi bagi yang belum tau, anakUI.com ngadain acara kumpul dan ngobrol-ngobrol bareng tanggal 8 April 2010 kemaren. Tujuan acara ini sendiri lebih ke arah berkenalan, mendekatkan diri, dan ajang silaturahmi dengan sesama pengguna (user) anakUI.com serta menjadi forum untuk menyampaikan usulan-usulan atau kritik ke anakUI.com.

Kopi darat yang (konon :p) merupakan acara kopi darat ke-3 anakUI.com ini dihadiri oleh pengguna-pengguna baik yang sudah pernah menulis mau pun hanya senang membaca anakUI.com, antara lain: Wendy Achmmad, Ricky Setiawan, Riyan Permana Putera, Ferdias Ramadoni, AM Yunus, Fachri, Fitri, dan Maya, serta dari tim anakUI.com yaitu Muhammad Ilman Akbar, Wahyu Awaludin, Kika, Isti, dan Nur Amalina ‘Odyt’ Khodijah.

advertisement

Acara diawali oleh perkenalan masing-masing pengguna yang hadir, serta sedikit cerita kapan mengenal anakUI.com. Ternyata ada beberapa pengguna yang mengenal anakUI.com bahkan sebelum masuk ke UI. Karena itu timbul usul bagaimana bila anakUI.com juga menyediakan segmen khusus untuk memberikan informasi bagi siswa SMA yang hendak masuk ke UI.

Pembicaraan kemudian mengalir ke bagaimana anakUI bisa mendorong penggunanya untuk berkontribusi lebih jauh di anakUI.com. Ide yang timbul antara lain tentang penggunaan badges sebagai bentuk terima kasih anakUI.com kepada pengguna yang telah menulis sekaligus menjadi dorongan bagi mereka yang belum pernah menulis. Ide lainnya adalah mengadakan pelatihan menulis kepada mahasiswa UI. Muncul juga ide untuk menampilkan daftar seluruh penulis anakUI.com dan jumlah tulisan yang telah dibuatnya. Hal ini diyakini dapat menambah unsur fun ketika menulis di anakUI.com.

Berkaitan dengan fun, Ilman juga menyampaikan perasaannya (baca: curcol! :D) bahwa tulisan anakUI.com makin hari isinya semakin banyak hal yang serius, sementara postingan santai yang menghibur semakin berkurang. Untuk mendorong postingan-postingan yang ringan ini, anakUI.com membuat satu kategori baru yang diberi nama “Santai.” Ilman sendiri sebagai admin dari AnakUI.com sangat mengapresiasi tulisan ringan yang menghibur, misalnya seperti video yang diposting oleh benswa ini.

advertisement

Acara kemudian dilanjutkan dengan peluncuran fitur baru anakUI.com. Fitur yang disebut sebagai “Kios” ini merupakan hasil kerjasama anakUI.com dengan HargaTeman.com, bertujuan menjadi wadah bagi mahasiswa UI yang ingin berjualan produknya secara online. HargaTeman.com juga mengumumkan diadakannya sebuah kontes berhadiah 3 juta rupiah untuk 3 orang mahasiswa UI dan IPB yang beruntung, yang akan dilangsungkan mulai 18 April 2011 nanti.

Sekitar jam 19.00 acara ditutup oleh Ilman. Sampai situ saja kah? Ternyata tidak! 😀 Sebagian besar pengguna masih melanjutkan obrolan yang membahas berbagai macam topik ringan mulai dari beasiswa, mapres, dll sampai topik yang sedikit rada berat. 😀 Keasikan ngobrol tanpa terasa waktu sudah menunjukkan pukul 8 malam, akhirnya pengguna yang tersisa memutuskan untuk pulang.

Ini adalah acara kopi darat anakUI.com pertama yang saya ikuti, dan saya pribadi merasa terkesan dan senang dengan acara ini, terutama karena saya mendapatkan dan mengenal langsung teman-teman yang sebelumnya hanya saya kenal secara online di anakUI.com. Buat yang nggak ikut atau belum pernah ikut kopi darat anakUI, jangan lupa ikutin kopi darat berikutnya, supaya gak nyesel! 😀

advertisement

Foto-foto (dari kamera Isti – ditambahkan oleh Admin)



advertisement