Liputan Semifinal Pemilihan MAPRES FIB UI 2010


0

Ajang pemilihan Mapres (Mahasiswa Berprestasi) FIB UI telah mencapai tahap semifinal. Bertempat di auditorium Gedung IX FIB UI, tanggal 25 Maret 2010 pukul 09.00-14.00 WIB, diadakanlah ajang unjuk bakat. Jadi, tiap finalis (12 besar) diminta unjuk bakat masing-masing maksimal 10 menit. Para peserta pun menampilkan berbagai macam kreasi.

Muhammad Adi Nugroho (Ijonk) misalnya, dia menampilkan silat, sinlamba, dan beberapa beladiri lain di panggung selama 10 menit. Bahkan, Ijonk sempat mencandai tim juri untuk ikut serta dalam ajang memecahkan batu bata dengan kepala. Selain itu, ada juga Alfi Syahriyani yang membaca puisi dengan diiringi piano, juga Nila Rahma yang membaca berita dengan memanfaatkan teknologi seperti siaran langsung.

Acara unjuk bakat selesai jam 11.00 WIB. Acara dilanjutkan kembali pukul 13.00 WIB untuk mengumumkan 6 besar yang lolos ke babak final. Keenam finalis itu adalah:

1. Alfi Syahriyani (Sastra Inggris 2007)

2. Nila Rahma (Sastra Indonesia 2007)

3. Abel (Sastra Perancis 2007)

4. Devi (Arkeologi 2007)

5. Melyna (Sastra Perancis 2007)

6. Dristy (Sastra Perancis 2007)

Final Mapres FIB UI akan dilaksanakan pada tanggal 7 April 2010. Nanti, 6 besar peserta ini akan diberi semacam gulungan kertas yang berisi sebuah tema. Tiap peserta mengambil satu kertas itu dan juri memberi waktu beberapa menit untuk berpikir. Kemudian, peserta akan mempresentasikan tema tersebut (misal: tema plagiarisme, kemerdekaan, dan lain-lain) dalam bahasa Inggris. Setelah presentasi selama 10 menit, diadakanlah tanya jawab dari juri dan penonton. Pertanyaan boleh diajukan dalam bahasa Inggris ataupun bahasa Indonesia, tetapi peserta diharuskan menjawabnya dalam bahasa Inggris.

Ajang pemilihan Mapres seperti ini janganlah dijadikan satu-satunya indikator akan cerdas tidaknya seseorang. Ia hanyalah salah satu dari banyak indikator. Ada banyak orang cerdas yang tidak mengikuti ajang Mapres ini. Namun, ajang seperti ini sangat menantang, prestise, dan cukup berguna untuk mengukur sejauh mana kompetensi kita dalam bidang tertentu.

Sebuah sumber menyebutkan bahwa mulai tahun ini, ajang pemilihan MAPRES UI tidak hanya diikuti oleh 12 besar (1 orang tiap fakultas), tapi juga diikuti oleh 3 orang Mapres tiap fakultas. Jadi, total jumlah yang akan bertanding memperebutkan mahkota Mahasiswa Berprestasi UI tahun ini adalah 36 orang.

So, see you next time @FIB UI..!!!

Kita sukseskan ajang pemilihan MAPRES FIB UI 2010..!!

***

“If you can dream it, you can reach it” (Walt Disney)


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Wahyu Awaludin
Penulis, blogger, pemimpi, dan pebisnis. Seorang mahasiswa Sastra Indonesia FIB UI angkatan 2008. Mempunyai mimpi ingin mendirikan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang media online. Kini sedang diamanahi sebagai salah satu peserta PPSDMS angkatan V Regional I Jakarta

3 Comments

Leave a Reply

  1. alhamdulillah, seleksi mapres fib ui 2010 telah usai dijalankan. Berikut hasilnya:
    Juara I: Katharina Mellyna (Sastra Prancis 2007)
    Juara II: Alfi Syahriyani (Sastra Inggris 2007)
    Juara III: Dristy Winta Septiani (Sastra Prancis 2007)
    Juara Harapan I: Nila Rahma (Sastra Indonesia 2007)
    Juara Harapan II: Devy Daniar (Arkeologi 2007)
    Juara Harapan III: Abellia Anggi Wardani (Sastra Prancis 2007).

    Juara I, II, dan III akan melanjutkan perjuangan di tingkat UI. Semangat, kawan-kawan! Kami FIB UI….