Liputan Seminar Pengembangan Kompetensi Kesehatan Lingkungan FKM UI


0

Kamis, 2 Desember 2010 @ Ruang Promosi Doktor Gedung G FKM UI

Acara dimulai tepat waktu pukul 09.00. Acara dibuka oleh Achmad Firmansyah sebagai MC. Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Project Officer Seminar PETE KL Achmad Naufal Azzahri. Selanjutnya adalah sambutan dari Nurul Dina sebagai perwakilan dari BEM IM FKM UI 2010. Untuk membuka secara resmi, acara seminar ini dibuka oleh Bapak Bambang Wispriyono selaku Dekan FKM UI yang juga menjabat sebagai Preseident Environmental Health Specialist Association (EHSA).

Seminar dipimpin oleh seorang moderator, yaitu Yovita Salysa Aulia, mahasiswa KL 2007 yang juga Mahasiswa Berprestasi ke 3 FKM UI 2010. Setelah pembacaan CV para pembicara, seminar ini pun dimulai.

Pembicara pertama adalah Bapak Sutamto dari Bagian Informasi Perubahan Iklim, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Pembicara pertama menjelaskan penyebab global warming, sekaligus menjabarkan data-data tentang kandungan gas rumah kaca di Indonesia dan dunia. Dengan data-data ini dapat disangkal bahwa Indonesia penyumbang emisi gas rumah kaca terbesar.

Memang dulu sempat terjadi kebakaran hutan masal di Indonesia tahun 1997, tetapi jika melihat trend nya pendapat itu tidak sepenuhnya benar. Ia pun menjelaskan dampak-dampak dari global warming, meskipun ada sedikit dampak positifnya tetapi lebih banyak negatifnya. Apalagi dampak ini sistemik dan berantai ke dampak-dampak lainnya.

Pembicara kedua dari Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Pemukiman, Direktorat Jendral Cipta Karya,Kementrian Pekerjaan Umum. Pembicara kedua menjelaskan tentang pengelolaan dampak dari global warming.

Semua pihak berperan disini, mulai dari pemerintah, pihak pekerjaan umum serta masyarakat. Secara spesifik ia menjelaskan masalah banjir dan pemukiman di Jakarta. Tidak teraturnya pemukiman di Jakarta terutama pemukiman di bantaran kali berpengaruh terhadap banjir yang tiap tahunnya terjadi di Jakarta. Tata ruang dan drainase yang tidak baik pasti memicu terjadinya banjir.

Pembicara selanjutnya adalah bapak Budi Haryanto, Dosen Kesehatan Lingkungan FKM UI. Beliau menjelaskan dampak dari global warming dan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan global warming. Materi yang ia bawakan sama dengan materi yang kemarin ia bawakan di APPACH di Bali.

Penyakit yang timbul dari meningkatnya global warming, terutama akibat banjir adalah leptospirosis, diare, demam berdarah. Ia juga menjelaskan tentang para ahli yang konsen terhadap global warming, seperti Frank Fenner. Selain itu ia juga memaparkan tentang penelitian yang berkaitan dengan lingkungan dan kesehatan. Di akhir penjelasannya, ditampilkan sebuah film “Hot Cities” yang menggambarkan tentang Global Warming dan dampaknya yang terjadi di beberapa kota besar misalnya kota Paris dan Jakarta.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Media Partner anakUI.com
Akun ofisial anakUI.com untuk hal-hal yang berhubungan dengan media partner. Untuk mengajukan kerjasama Media Partner, silakan buka anakui.com/mediapartner.

One Comment

Leave a Reply