Review Logitech G733, Headset Gaming Stylish & Nyaman

anakui.com – Headset Logitech G733 nyaman dan terdengar bagus, tapi ada kekurangannya. Headset dari Logitech  ini memadukan desain penuh gaya dengan audio game yang layak, tetapi terasa agak tipis dan tidak pas.

Spesifikasi Logitech G733

Spesifikasi
Kompatibilitas: PC, PS4, Nintendo Beralih
Driver: 40mm
Respons frekuensi: 20Hz - 20kHz
Nirkabel: ya
Berat: 9,8 ons

Kelebihan

  • + Pilihan warna yang cantik
  • + Masa pakai baterai yang lama
  • + Kedengarannya bagus

Kekurangan

  • – Kecocokan yang tidak akurat
  • – Mikrofon yang dirancang dengan aneh
  • – Opsi pencahayaan yang mengganggu

Logitech G733 adalah penerus spiritual dari headset gaming luar biasa seperti Logitech G933 dan Logitech G935. Headset nirkabel ini nyaman, kokoh, dan penuh fitur. Tapi itu bukan headset gaming tercantik di luar sana, dan harganya cukup mahal untuk boot.

Dengan harga Rp. 1,9 jutaan, Logitech G733 adalah harga yang wajar. Bahkan lebih baik: Sebagai bagian dari koleksi warna baru Logitech, G733 tersedia dalam warna hitam yang megah, putih mulus, biru mencolok, atau merah muda cerah.

Ini adalah salah satu headset tercantik yang pernah dirilis Logitech, dan sayang sekali sobat tidak akan pernah meninggalkan rumah. (Tidak berfungsi di seluler). Namun, harga rendah G733 hadir dengan beberapa kompromi dalam desainnya.

Sasis plastik terasa ringan dan tipis. Ikat kepala elastis tidak memberikan kesesuaian yang tepat. Mikrofon yang dapat dilepas tidak cukup dekat dengan mulut. Juga, meskipun headset terdengar bagus, itu tidak sesuai dengan ketinggian aural dari beberapa model mirip Logitechs, seperti Logitech G Pro X Wireless.

Jika mencari headset nirkabel cantik yang menawarkan suara yang layak dan kompatibilitas multi-sistem, Logitech G733 adalah pilihan yang baik, tetapi ini bukan headset gaming terbaik di pasaran. Baca ulasan Logitech G733 lengkap kami untuk mempelajari lebih lanjut.

Desain Logitech G733

Kami memiliki dua pemikiran tentang penampilan Logitech G733. Suka fakta bahwa bisa mendapatkannya dalam empat warna berbeda, bukan “semuanya hitam, lagi”. Kami juga membuang takik yang mengganggu demi pita elastis yang mudah dan lebih memilih headset gaming.

Namun dibandingkan dengan sebagian besar headset Logitech lainnya, G733 terasa hampir tidak penting. Selain itu, jika melihat melewati kebaruan pilihan warna, G733 bukanlah headset yang cantik, dengan sudut aneh di mana pun melihat dan pilihan bentuk daripada fitur.

Kami akan menjelaskan bagaimana headset pas (terkadang tidak) di bagian selanjutnya. Tetapi untuk saat ini kami dapat memberi tahu bahwa G733 memiliki ikat kepala plastik dengan karet gelang yang dapat disesuaikan.

Sobat dapat menggerakkan penutup telinga sedikit ke atas dan ke bawah, tetapi headset akan menyesuaikan sendiri dalam banyak kasus. Penutup telinga berbentuk oval dengan sudut yang aneh dan tidak berputar, membuat headset sulit untuk disimpan atau diangkut.

Setiap earcup memiliki strip LED yang dapat diprogram di bagian depan. Ini adalah pilihan yang sangat membingungkan, tetapi lebih dari itu nanti. Earcup kanan menampung tombol daya, tombol volume, tombol bisu mikrofon, mikrofon fleksibel yang dapat dilepas, dan port pengisian daya USB-C.

Kami mengagumi kesederhanaan dan skema warna G733, tetapi sesuatu tentang keseluruhan desain tidak cocok. Ini setengah headset gaming dan setengah aksesori fesyen, dan tidak berhasil.

Kenyamanan

Masalah terbesar dengan Logitech G733 adalah tidak pas. Kami sangat senang dengan pita elastis karena pendekatan itu bekerja sangat baik pada headset seperti SteelSeries Arctis 7 dan Roccat Renga.

Namun, meskipun tali jam ini membantu mendapatkan kecocokan yang tepat langsung, G733 membutuhkan penyelesaian yang sedikit lebih banyak. Alih-alih tali velcro yang dapat disesuaikan, G733 memungkinkan memindahkan tali di antara dua pasak berbeda di kedua sisi.

Yang satu terlalu ketat dan yang lainnya terlalu longgar. Bahkan setelah itu, sobat harus menyesuaikan setiap earcup satu per satu, karena masing-masing dapat bergerak naik turun beberapa langkah.

Pita elastis tidak pernah dapat memutuskan apakah akan duduk di bagian depan atau belakang tengkorak, dan ukurannya sedikit berbeda. Mempertahankan G733 pada tempatnya bukanlah hal yang mustahil, tetapi prosesnya jauh lebih sulit daripada yang diperlukan.

Penutup telinga tidak selalu menutup dengan sempurna setelah dipasang, tetapi jika tidak, penutup telinga akan empuk dan nyaman. Kami tidak mengalami masalah memakai G733 selama beberapa jam, bahkan dengan kacamata.

Performa Logitech G733

Logitech G733 terdengar sangat bagus untuk game dan musik. Ada opsi stereo, pilihan suara surround, dan opsi pemerataan. Menyesuaikan ketiganya secara memadai dapat membuat suara headset sedikit lebih baik daripada konfigurasi default.

Soundscape agak datar, dan headset tidak unggul dalam genre apa pun pada khususnya, tetapi game apa pun di level sub-turnamen membawa  ke sana. Jangan mengharapkan kualitas suara yang sama seperti yang didapatkan dari headset nirkabel seharga Rp. 3 jutaan atau model seharga Rp. 2,2 jutaan.

Kami menguji G733 dengan Age of Empires II: Definitive Edition, Marvel’s Avengers, Doom Eternal, Telltale’s Batman: The Enemy Within PC, Ghost of Tsushima di PS4, dan Tales of Vesperia: Definitive Edition di Switch. Performanya bagus secara keseluruhan.

Kami sangat menyukai keseimbangan antara suara terarah serangan iblis Doom Eternal dan dialog, efek suara, dan musik Ghost of Tsushima. Satu-satunya nitpick kecil saya adalah dengan sakelar di mana volume dapat sangat bervariasi dari “hampir terlalu lembut” di satu tingkat hingga “hampir terlalu keras” di tingkat berikutnya.

Namun, perwakilan Logitech mengatakan tidak ada jaminan bahwa G733 akan bekerja dengan Switch sejak awal, jadi mungkin beberapa jenis kompatibilitas lebih baik daripada tidak ada kompatibilitas.

Fitur Logitech G733

Seperti semua produk Logitech G saat ini, Logitech G733 bekerja dengan perangkat lunak Logitech G Hub. Di sini sobat dapat mengganti suara surround, level pemerataan program, mengatur profil khusus game, dan banyak lagi. Semuanya bekerja dengan cukup baik, tetapi pencahayaan RGB khususnya layak untuk didiskusikan.

Seperti kebanyakan headset gaming kelas atas, G733 menampilkan strip LED RGB yang dapat diprogram. Kami selalu menganggap strip ini sama sekali tidak diperlukan karena, tidak seperti keyboard atau mouse, Sobat tidak dapat melihat headset saat menggunakannya.

Namun, sebagian besar headset mengisi daya setidaknya setrip ini ke samping, tetapi G733 meletakkannya di bagian depan penutup telinga. Dengan kacamata, sobat dapat melihat dengan tepat ke mana arahnya.

Sobat dapat melihat pantulan strip LED pada kacamata setiap kali diaktifkan, dan terus menerus mengalihkan pandangan dari apa yang ingin difokuskan. Jika tidak memakai kacamata, sobat dapat melihat kacamata terpantul pada bezel monitor atau permukaan mengkilap lainnya di meja.

Ini adalah penyiapan yang cukup mengganggu, terutama karena tidak ada cara mudah untuk mematikan lampu saat G733 dicolokkan ke konsol dan peranti lunak G Hub tidak tersedia. Kami juga memiliki mikrofon, tetapi terlalu pendek untuk mendekati mulut.

Sobat mendapatkan suara yang layak dari mikrofon, tetapi berkat opsi audio G Hubs Blue. Mesikpun itu tidak sebagus mikrofon yang dapat ditarik yang dapat diperluas dari G935 atau mikrofon kabin kaca depan Pro X Wireless yang panjang.

Logitech memperkirakan baterai bisa bertahan selama 29 jam dengan lampu mati. Itu tidak turun sepenuhnya selama pengujian, tetapi tingkat pelepasan cocok dengan angka Logitech.

Kesimpulan

Dalam ulasan Logitech G733, kami membahas bagaimana headset membuat terobosan baru dalam hal estetika, tetapi mundur beberapa langkah dalam hal kesesuaian, pencahayaan, dan fitur keseluruhan. Pola warnanya cantik dan suaranya seperti yang diharapkan untuk harganya.

Dengan mudah menghubungkan hingga 3 sistem permainan yang berbeda. Pada saat yang sama, kami tidak menyukai nuansa headset, dan G935 lebih baik dalam beberapa hal praktis. Jika selalu menginginkan headset gaming berwarna merah muda atau biru dari merek gaming ternama, Logitech G733 adalah pilihan tepat saat ini.

Tetapi jika dapat membayar lebih untuk SteelSeries Arctis 7 atau  untuk Logitech G Pro X Wireless, sobat akan mendapatkan kecocokan yang lebih baik, suara yang lebih baik, dan pengalaman yang lebih baik secara keseluruhan.

Leave a Comment