Lomba Penulisan Karya Tulis Ilmiah Olimpiade Ilmu Sosial 2011: Menulis Ilmiah? BUKAN Lagi Masalah!


0

Menulis ilmiah masih menjadi masalah.” Begitu mungkin pandangan negatif sebagian besar masyarakat terhadap salah satu pengaplikasian dari suatu ilmu, penulisan ilmiah. Kurangnya kesempatan untuk menyalurkan kemampuan menulis ilmiah merupakan salah satu penyebab mengapa menulis ilmiah masih menjadi mimpi buruk khususnya bagi pelajar. Hal ini lalu menjadikan minat pelajar dalam rangka meningkatkan kemampuan mereka dalam bidang kepenulisan ilmiah tergolong rendah, terbukti dengan sedikitnya minat bagi pelajar dalam mengikuti ekstrakurikuler penulisan ilmiah.

Departemen Keilmuan BEM FISIP UI 2011 menyadari akan pentingnya memberikan kesempatan bagi siswa-siswi SMA se-derajat untuk bisa menyalurkan kelihaiannya dalam menggores tulisan ilmiah dalam suatu perlombaan, Olimpiade Ilmu Sosial VIII tahun 2011. Satu-satunya jalan untuk bisa menjadi bagian dari peserta Olimpiade Ilmu Sosial 2011 adalah Lomba Penulisan Karya Tulis Ilmiah atau Paper Writing Competition.

Poster OIS 2011

Tema yang diangkat dalam Paper Writing Competition tahun ini adalah Peran Pemuda dalam Mewujudkan Solidaritas di Tanah Air yang bisa dikaji melalui salah satu dari tiga kacamata; ekonomi, sosial-budaya, dan politik, di mana siswa SMA se-derajat ditantang untuk bisa menganalisis tema yang diangkat secara objektif, ilmiah, dan juga solutif bukan hanya sekedar opini subjektif belaka.

Kami yakin bahwa siswa-siswi di Indonesia merupakan generasi penerus yang sudah sewajarnya memiliki pemikiran kritis dan solutif terhadap suatu permasalahan yang dihadapi bangsa ini, terlebih lagi permasalahan yang melibatkan diri pelajar itu sendiri sebagai pemuda. Oleh sebab itu, Paper Writing Competition OIS 2011 merupakan jawaban atas permasalahan kurangnya kesempatan mengapresiasi kemampuan menulis ilmiah bagi siswa-siswi di Indonesia dan juga di Asia Tenggara.

Sebagai satu-satunya olimpiade dalam bidang ilmu sosial di Indonesia, OIS 2011 berupaya memberikan yang terbaik bagi seluruh peserta yang terlibat di dalamnya. “Hadiah” bagi 30 tim terbaik nasional (peserta dari SMA dan se-derajat di Indonesia) dan juga 10 tim terbaik regional (peserta se-Asia Tenggara) adalah kesempatan untuk mengikuti babak final karantina yang akan dilaksanakan di Kampus FISIP UI Depok pada 31 Oktober hingga 5 November 2011. Impian kami untuk OIS 2011 ini: Untuk Indonesia yang lebih maju dengan pemuda yang selalu berkarya. Untuk kita yang lebih baik!

Seluruh paper yang masuk kemudian akan diseleksi untuk memilih 29 sekolah untuk tingkat nasional dan 10 sekolah untuk tingkat regional ASEAN yang akan mengikuti putaran final Olimpiade Ilmu Sosial pada tanggal 14-19 November 2011. Semua informasi pendaftaran dan deskripsi perlombaan dapat dilihat di website resmi OIS2011.com

 

For more info:

  • Website: www.ois2011.com
  • Facebook: Olimpiade Ilmu Sosial
  • Twitter: @OIS_2011

CP: 081360006661 (Uwi) atau 085693207400 (Afu)


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Media Partner anakUI.com
Akun ofisial anakUI.com untuk hal-hal yang berhubungan dengan media partner. Untuk mengajukan kerjasama Media Partner, silakan buka anakui.com/mediapartner.

0 Comments

Leave a Reply