Luar Biasa, Mahasiswa UI Boyong Piala Bergilir GEMASTIK 2020

UI berhasil keluar sebagai juara umum pada GEMASTIK XIII tahun 2002, dengan total perolehan sebanyak 3 medali emas, 2 medali perak, satu medali perunggu, dua juara harapan, serta membawa pulang piala bergilir!


0

Gak tanggung-tanggung, UI berhasil bawa balik piala bergilir GEMASTIK untuk yang kelima kalinya!

Pandemi COVID-19 gak bikin mahasiswa Universitas Indonesia berhenti untuk menuai prestasi. Baru-baru ini, Universitas Indonesia berhasil memboyong kembali piala bergilir pada Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi atau GEMASTIK XIII.

Pada acara tersebut, UI berhasil keluar sebagai juara umum pada GEMASTIK XIII tahun 2002, dengan total perolehan sebanyak 3 medali emas, 2 medali perak, satu medali perunggu, dua juara harapan, serta membawa pulang piala bergilir GEMASTIK “Samakbya Padhesa Widya” yang bermakna informasi yang benar untuk ilmu pengetahuan. Dengan raihan terbaru ini, UI berhasil menjadi juara umum GEMASTIK selama lima tahun berturut-turut atau kali ke-8 UI menjadi juara umum GEMASTIK sejak pertama kali diselenggarakan pada 2008.

Walaupun acara kali ini dilakukan secara online, namun kemeriahan acaranya tak kunjung berkurang. Pada tahun ini, sebanyak 2.869 tim dari 175 perguruan tinggi di Indonesia berpartisipasi pada kompetisi yang dibagi menjadi 11 kategori yaitu Pemograman (Programming), Keamanan Siber (Cyber Security), Penambangan Data (Data Mining), Desain Pengalaman Pengguna (UX Design), Animasi (Animation), Kota Cerdas (Smart City), Karya Tulis Ilmiah TIK (ICT Scientific Paper), Pengembangan Perangkat Lunak (Software Development), Piranti Cerdas Sitem Benam dan IoT (Smart Device, Embedded System and IoT), Pengembangan Aplikasi Permainan (Game Development), dan Pengembangan Bisnis TIK (ICT Business Development).

klasemen akhir gemastik 13 2020

Seleksi pada kompetisi mahasiswa di bidang TIK ini juga gak gampang lho, Anak UI! Dalam proses seleksi, seluruh divisi melakukan satu kali tahapan seleksi dan dua kategori yaitu Divisi Pemrogramandan Keamanan Siber melakukan tahapan seleksi secara daring. Nah, dari proses seleksi tersebut terpilihlah 130 tim yang berasal dari 55 perguruan tinggi yang berhasil masuk ke dalam babak semi final. Semi final kompetisi GEMASTIK telah digelar pada Kamis 22 Oktober 2020 dan finalnya disiarkan melalui aplikasi Zoom dan live di Youtube channel Telkom University pada 23 Oktober 2020.

gemastik hasil 2020

Adapun daftar nama kontingen mahasiswa UI dalam ajang GEMASTIK 2020 pada cabang lomba Penambangan Data yang berhasil meraih juara pertama yaitu Douglas Raevan Faisal, dan Rd Pradipta Gitaya Samiadji. Sedangkan, juara kedua di bidang yang sama diraih oleh Eko Julianto Salim, Jonathan Nicholas, Jovi Handono Hutama.

Berikutnya, pada cabang Lomba Kota Cerdas adalah Angelina Condro, Cassie Michelle, Rahmadian Tio Pratama (Juara pertama). Dilanjutkan dengan torehan juara pertama pada cabang lomba Pengembangan Bisnis TIK yang terdiri atas Gregorius Aprisunnea, Rachel Larasati, dan Jihan Maulana Octa.

Pada cabang Lomba Pemrograman, tim yang terdiri atas Muhammad Salman Al Farisi, Ahmad Haulian Yoga Pratama, Andrew Theodore Tjondrowidjojo berhasil meraih juara kedua, serta Hocky Yudhiono, Raden Fausta Anugrah Dianparama, Julian Fernando meraih Juara Harapan.

Berikutnya, pada cabang lomba Desain Pengalaman Pengguna yang terdiri atas Abraham Williams Lumbantobing, Roshani Ayu Pranasti, Jose Devian Hibono meraih juara harapan. Kemudian, pada cabang lomba Pengembangan Perangkat Lunak terdiri atas Michael Wiryadinata Halim, Muhammad Fairuzi Teguh, Fakhira Devina yang berhasil meraih juara ketiga.

gemastik result ui juara umum

Turut hadir pada upacara penutupan GEMASTIK XIII, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Makarim. Dalam sambutannya Nadiem menyampaikan bahwa, kompetisi GEMASTIK ditujukan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa sehingga mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya, baik saat masa studi maupun setelah lulus nanti.

“Kami (Kemendikbud) berkomitmen untuk terus mengembangkan prestasi mahasiswa, maupun satuan pendidikan, agar ilmu dan karakter yang ditempa melalui ajang ini, dapat menjadi bekal guna menghadapi tantangan di masa depan.” Jelasnya.

[zombify_post]


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
1
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Ditha Adinda

Content Writer. Are you the end of my prayer? Because Amen love with you. Hit me on: Ditha Adinda

0 Comments

Leave a Reply