Maba Wajib Tahu, Ini Dia 6 Daerah Kost di Sekitar UI

Udah diterima di UI tapi belum punya tempat kost? Ini dia enam daerah kost di sekitar UI yang maba UI wajib tahu. Simak ulasannya, yuk!


0

Selain beradaptasi dengan lingkungan kampus, para maba juga memanfatkan momen tahun ajaran baru ini untuk berburu kost. Beberapa hal pastinya akan dipertimbangkan, mulai dari jarak dari kampus, harga sewa, fasilitas, hingga lingkungannya. Tak jarang pula para maba janjian dengan sesama maba untuk tinggal di kost yang sama atau menyewa kontrakan bersama teman-temannya agar bisa membayar secara patungan.

Perlu maba ketahui, terdapat enam tempat di sekitar UI yang menjadi daerah kost. Keenam tempat tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tanpa berlama-lama, simak ulasan berikut ini.

1. Kukusan Teknik (Kutek)

dokumentasi anakUI.com

Daerah Kutek ini terletak di belakang Klinik Makara UI. Disebut Kutek karena lokasinya dekat dengan Fakultas Teknik (FT). Dari segi harga, kost di Kutek lebih bervariasi, mulai dari yang low budget sampai kost eksklusif ada semua di sini. Selain itu, pilihan tempat makannya pun juga bermacam-macam dengan harga yang sesuai kantong mahasiswa. Jadi, bisa dibilang Kutek ini merupakan daerah kost yang ramai dan banyak dipilih oleh mahasiswa UI.

Untuk menuju ke sana, kamu bisa lewat pintu masuk yang berada di belakang Klinik Makara. Namun, pintu tersebut ditutup pada pukul 23.00 untuk sepeda motor. Jadi, bagi kamu yang punya kendaraan pribadi, kalau mau pulang malam harus lewat Jagakarsa untuk sampai ke Kutek.

BACA JUGA: Sahabat AnakUI, Ini Tips Biar Kamu Ga Terjebak Dalam Fase Quarter Life Crisis

2. Kukusan Kelurahan (Kukel)

Sumber: Google Street View

Daerah Kukel ini terletak di belakang Vokasi. Disebut Kukel karena letaknya dekat dengan kantor Kelurahan Kukusan. Fasilitas di sini lebih lengkap dibanding Kutek, seperti minimarket, kafe, bengkel, dan tempat servis alat elektronik.

Dari segi harga, bisa dibilang harga kost di sini kurang bervariasi. Jika ingin dekat dengan gerbang masuk UI yang melalui Vokasi, harganya bisa di atas Rp600.000. Jika ingin lebih murah, kalian bisa memilih kost yang lokasinya berada di belakang kantor kelurahan dekat pemukiman warga. Namun, kalian harus berjalan kaki cukup jauh untuk sampai ke gerbang masuk UI. Fyi, gerbang masuk UI tersebut ditutup pada pukul 23.00.

3. Belakang Rel (Barel)

Sumber: Google Street View

Seperti namanya, lokasi daerah kost yang satu ini berada di belakang rel KRL. Untuk menuju ke sana, kalian bisa menyeberang rel yang pintunya berada di depan Fakultas Hukum (FH) atau melalui jembatan dekat Stasiun UI. Akses tersebut terbuka 24 jam. Selain melalui UI, kamu juga bisa masuk ke daerah ini melalui gang Stasiun UI yang berada di sebelah Apartemen Taman Melati. Daerah ini cocok buat kamu yang punya kendaraan sendiri dan suka pulang malem nih, hehe.

4. Kober

Sumber: Google Street View

Beda dari lainnya, Kober ini bukan singkatan, melainkan nama jalan di bilangan Margonda. Untuk menuju ke sana, kamu bisa melewati Barel dan menyeberangi Jalan Margonda. Karena lokasinya cukup jauh dari UI, harga kost di sini relatif murah. Nah, karena aksesnya yang dekat dengan Margonda, dari segi fasilitas tentunya lebih lengkap dong. Aksesnya yang terbuka 24 jam juga cocok buat kamu yang punya mobilitas tinggi.

BACA JUGA: Apa Saja Hal Yang Kamu Kangenin Saat Naik Bining?

5. Pocin

Sumber: depok24jam.com

Daerah kost yang satu ini berada di dekat Stasiun Pondok Cina (Pocin). Aksesnya yang lebih dekat dengan Margonda juga membuat daerah ini cukup strategis. Karena itu, harga kost di sini cukup bervariasi. Namun, akses masuk dari UI hanya dibuka sampai pukul 23.00 untuk sepeda motor. Jadi, kamu harus lewat depan gang Stasiun Pocin melalui Jalan Margonda kalau pulang malam

6. Srengseng Sawah

Jembatan dekat halte Menwa, akses menuju daerah kost Srengseng Sawah (Sumber: kompasiana.com)

Daerah kost yang satu ini bisa dibilang yang paling jauh dari UI dibanding daerah kost yang lainnya karena lokasinya yang berada di Jakarta Selatan. Untuk menuju ke sana, kamu bisa naik bikun dan turun di halte Menwa. Setelah itu, kamu bisa menyeberangi jembatan biru di dekat halte untuk menuju ke daerah kost tersebut.

Dari segi harga, kost di daerah ini tentunya relatif lebih murah dibanding di daerah kost lainnya. Daerah ini cocok buat kamu yang punya kendaraan pribadi dan ingin tinggal di kost yang murah. Selain itu, kamu yang punya mobilitas tinggi ke Jakarta juga bisa tinggal di sini karena lokasinya dekat dengan halte Transjakarta.

Itu tadi enam daerah kost yang ada di sekitar UI. Semoga bisa jadi referensi untuk mencari kost setelah pandemi nanti, ya.

BACA JUGA: Kuliah Daring, Kini Mahasiswa Dapat Bantuan Kuota Internet Gratis 50 GB


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Aniesa Rahmania Pramitha Devi
Mahasiswi Sastra Indonesia UI 2017 yang gemar berkhayal dan menuangkannya dalam tulisan. Temui saya secara pribadi di aniesapramitha.blogspot.com ya.

0 Comments

Leave a Reply