Mahasiswa FEUI Jadi Juara LKTI ENTITY 2010 Unhas


0

Tiga mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia telah membanggakan Universitas Indonesia di kancah nasional dengan menjadi Juara II Lomba Karya Tulis Ilmiah Economics Event of Solidarity (ENTITY) 2010 di Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar.

Lomba yang bertemakan “Peranan Indonesia dalam Komunitas Ekonomi Global” itu merupakan program kerja dari Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi (HIMAJIE) Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin. Lomba ini berskala nasional dan diikuti oleh mahasiswa Ilmu Ekonomi/Studi Pembangunan dari beberapa universitas di Indonesia.

Tiga mahasiswa berprestasi itu adalah Agustina, Dandy Rafitrandi, dan Suhaimi Ibnu Hajar, ketiganya  mahasiswa aktif program studi S1 Ilmu Ekonomi dan anggota aktif organisasi Kajian Ekonomi dan Pembangunan Indonesia (Kanopi) FEUI. Mereka berhasil menjadi finalis setelah mempresentasikan karya tulisnya yang berjudul “Preparing Indonesia to Face Challenges of Free Movement of Labor in Asia”.

Uniknya, dalam lomba tersebut hanya tim dari FEUI yang membuat karya tulis dalam bahasa Inggris, maklum saja mereka banyak mendapatkan literatur dalam bahasa Inggris.

LKTI yang berlangsung pada tanggal 24 Februari 2010 ini terdiri dari beberapa tahapan. Tahap pertama merupakan tahap penyeleksian berupa LKTI, setelah itu terpilih sebelas tim yang akan berkompetisi di babak penyisihan. Di babak penyisihan ini, sepuluh tim (satu tim didiskualifikas karena terlambat mengumpulkan esai) mempresentasikan karya tulis yang telah mereka buat di hadapan para juri.

Walaupun karya tulisnya dibuat dalam bahasa Inggris, tim dari FEUI tetap melakukan presentasi dalam bahasa Indonesia demi menjaga keabsahan penilaian juri. Alhasil, mereka pun berhasil melenggang ke babak final. Pada babak final ini, mereka tetap membahas hal yang sama, tetapi mereka harus melakukan pembahasan secara lebih mendalam. Tim dari FEUI ini pun lebih membawa pembahasan merekan ke arah rekomendasi kebijakan.

Hasil lomba diumumkan pada keesokan harinya (25 Februari 2010). Cukup mengejutkan Agustina, Dandy Rafitrandi, dan Suhaimi Ibnu Hajar berhasil merebut Juara II, sedangkan gelar Juara I dan III berhasil diboyong oleh tim mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor (FEM IPB).

Akan tetapi, sangat disayangkan, tim dari FEUI itu tidak mengikuti acara penyerahan hadiah secara simbolis karena mereka telah kembali ke Jakarta pada hari itu, mengingat padatnya jadwal perkuliahan dan tugas kuliah yang menumpuk. Walaupun demikian, ketiganya mengaku senang dan bersyukur atas kemenangannya ini, apalagi sebenarnya mereka kurang melakukan persiapan dan pendanaan. Harapan mereka di tahun berikutnya, tim dari Universitas Indonesia bisa merebut semua gelar juara yang ada, selain itu mereka berpesan agar tim yang akan mengikuti LKTI harus melakukan persiapan yang cukup dan mendapat dukungan pendanaan yang memadai.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Budiono

UI alumnus (Economics/2008), more info http://budiono.xyz.

0 Comments

Leave a Reply