Mahasiswa Komunikasi UI? Pasti Pernah Merasakan 7 Hal Ini!

Jika kamu anak/mantan mahasiswa Ilmu Komunikasi UI, setelah membaca artikel ini, apakah kalian selama menjadi mahasiswa Ilmu Komunikasi UI pernah mengalami hal-hal yang disebutkan di sini?


0

Setiap jurusan di Universitas Indonesia pasti punya kekhasannya masing-masing. Iya dong, dari namanya udah beda, hal yang dipelajari pun beda, makanya gak menutup kemungkinan kalau budaya, perilaku dan lingkungan di tiap jurusannya pun berbeda-beda! Tapi beda bukan berarti aneh loh ya. Justru, perbedaan bikin kita masing-masing menjadi unik dan “khas”, sehingga bisa punya nilai plus di mata orang lain.

Nah, buat kalian warga Ilmu Komunikasi UI (Kom), tentu kalian punya keunikan sendiri juga! Hm, apa tuh keunikan dari mahasiswa Ilmu Komunikasi? Yuk simak 7 “pernah”nya mahasiswa Ilmu Komunikasi UI menurut anakUI.com!

1. Pernah Ditanyain “Pasti Jago Ngomong, Ya?

“Halo, kenalin aku dari Ilmu Komunikasi.”

“Wah, Ilmu Komunikasi? Jago ngomong, dong?”

Hayo, udah berapa kali dicap “jago ngomong” sama orang lain pas mereka tahu kalau kamu mahasiswa Ilmu Komunikasi? Pasti gak terhitung, ya. Padahal kan, Ilmu Komunikasi itu isinya gak hanya soal ngomong juga. Mahasiswa Ilmu Komunikasi juga dilatih untuk menulis, berpikir kritis dan kreatif, sampai meneliti. Tapi, jangan jadikan stereotipe itu suatu hal yang bikin mood jelek, ya! Sebaliknya, bikin itu jadi penyemangat untuk terus berlatih dan menjadi lebih baik lagi terutama dalam hal public speaking.

2. Pernah Dikelilingi Teman-teman yang Berprestasi Kreatif Abis

Banyak mahasiswa Kom UI yang berprestasi, loh. (Sumber: psdk.ui.ac.id)

Gak bisa dipungkiri kalau Ilmu Komunikasi UI ini gudangnya mahasiswa yang kreatif dan aktif berkarya dimana-mana. Ada yang penyanyi dan pencipta lagu, ada stand up comedy-an (komika), MC kondang, art director, dan banyak lagi. Kadang, hal ini bikin kita jadi merasa insecure dan gak bisa apa-apa. Tapi ingat terus ya kalau masing-masing orang punya porsi dan waktunya masing-masing, dan jadikan orang sekelilingmu sebagai motivatormu untuk mencapai yang kamu inginkan!

3. Pernah Ikut Partisipasi di Event Kom

Pekan Komunikasi merupakan salah satu event Kom yang paling ditunggu. (Sumber: dokumentasi pribadi)

Mahasiswa pasti gak lepas dari kegiatan-kegiatan di kampus. Kalau kata orang sih, kalau belum ikut kegiatan di kampus artinya “belum jadi mahasiswa”. Tapi, kalau di Ilmu Komunikasi UI sendiri kamu gak perlu merasa kekurangan kegiatan karena kegiatan kampus di sini itu banyak banget! Pertama ada Pekan Komunikasi, acara tahunan dibawah Keilmuan Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UI, yang berisikan kompetisi tingkat nasional, seminar dan workshop terkait ilmu komunikasi hingga company visit atau kunjung perusahaan. Ada juga Artception, pameran seni yang dilengkapi dengan workshop untuk kalian penyuka seni. Selain itu, banyak lagi event yang keren seperti Commshare, KOBER hingga Senja Selebrasi!

BACA JUGA: Jurusan di UI Yang Paling Mencetak Banyak Artis? Ya Ilmu Komunikasi dong!

4. Pernah Kagum Sama Dosen-dosen Komunikasi

Dosen-dosen dan civitas academica Komunikasi UI yang keren-keren. (Sumber: fisip.ui.ac.id)

Kalau di bayangan kalian dosen-dosen itu membosankan, namun berbeda dengan dosen-dosen di Ilmu Komunikasi UI! Dosen-dosen di Ilmu Komunikasi UI selain kompeten dan memiliki banyak ilmu yang selalu dibagikan saat kuliah, juga memiliki banyak pengalaman dan peran yang hebat di masyarakat. Banyak dosen yang akhirnya sering tampil di televisi untuk turut berdiskusi membahas isu-isu yang sedang hangat, loh. Selain itu, banyak juga dosen yang berpengalaman di bidangnya serta bekerja di perusahaan iklan dan media besar di Indonesia, sehingga sering membagikan ilmu dan pengalamannya untuk menjadi bekal kita di saat lulus nanti. Makanya, jangan tidur di tengah-tengah penjelasan dosen-dosen hebat kita ini, ya!

5. Pernah Nongkrong di Polay/Gekom

Polay, selain jadi tempat nongktong juga jadi spot acara seru Kom. (Sumber: HMIK UI)

Mahasiswa angkatan 2020 mungkin belum sempat merasakan ini, namun bagi mahasiswa 2019 ke atas, Polay dan Gekom adalah tempat pelarian di tengah-tengah padatnya kuliah. Polay sendiri adalah singkatan dari “Pojok Alay” yang terletak di depan Gedung Ilmu Komunikasi (Gekom). Di Polay dan Gekom biasanya anak-anak kom berkumpul untuk sekadar nongkrong, bercerita, main bareng, atau bahkan mengerjakan tugas. Ditambah lagi, di Gekom juga ada mainan-mainan tradisional seperti congklak yang bisa dipinjam loh. Pasti angkatan 2020 makin gak sabar untuk mampir ke Polay dan Gekom, kan?

6. Pernah “Ngabisin” Galon di Gekom

Gedung Komunikasi UI yang jadi icon-nya Kom UI. (Sumber: psdk.ui.ac.id)

Hal lain yang juga menyenangkan di Gekom adalah keberadaan galon air yang disediakan khusus untuk sivitas akademika Departemen Ilmu Komunikasi UI. Buat anak kost, keberadaan galon air pasti membantu banget untuk menekan pengeluaran beli air mineral. Namun, hal positif lainnya dari adanya galon air ini kita jadi mengurangi sampah botol plastik yang biasa didapat ketika membeli air mineral kemasan botol. Jadi, selain hemat kita juga bisa menjaga lingkungan loh!

7. Pernah Bingung Mau Peminatan Apa

Gak sabar pengen cepat-cepat bergelar sarjana dari Ilmu Komunikasi UI? (Sumber: psdk.ui.ac.id)

Nah, buat kalian baik yang masih mahasiswa tingkat awal atau mahasiswa yang sudah peminatan, pasti pernah merasakan bingung-bingungnya ketika memilih peminatan di Ilmu Komunikasi UI. Ilmu Komunikasi UI sendiri memiliki empat peminatan: Hubungan Masyarakat, Periklanan, Jurnalisme, dan Kajian Media. Wajar saja banyak mahasiswa Ilmu Komunikasi UI yang bingung ketika memilih peminatan, karena masing-masing peminatan memiliki keseruannya masing-masing. Apapun peminatan yang nanti kalian pilih, jangan lupa untuk mempertimbangkannya secara matang mengingat bahwa peminatan inilah yang akan membawa kalian ke karir yang lebih tinggi lagi nantinya!

BACA JUGA: Peminatan-peminatan Jurusan Ilmu Komunikasi UI yang Harus Kamu Tahu

***

Gimana, kalian pernah mengalami hal-hal tadi juga gak selama jadi mahasiswa Ilmu Komunikasi UI?

Untuk angkatan 2020, semoga kita cepat bisa bertemu di Polay dan Gekom, ya!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Ameni Nazaretha
Mahasiswa Ilmu Komunikasi UI yang suka menulis dan bermusik. More of Ameni's Articles | Connect with her on LinkedIn

0 Comments

Leave a Reply