Awal bulan Maret ini, lima tim dari Universitas Indonesia berangkat ke Jogjakarta setelah terpilih sebagai finalis lomba karya tulis ilmiah nasional Call for Paper Youth Power 2015: Peran Pemuda dalam Transformasi 2015. Lima tim yang masing-masing terdiri dari 2-3 mahasiswa UI dari berbagai fakultas ini bersaing dengan 30 tim finalis lainnya. Sebelumnya, abstrak hasil karya 30 tim finalis ini berhasil mengalahkan 171 abstrak lainnya yang disusun oleh tim-tim mahasiswa se-Indonesia.

Presentasi Karya Tulis Ilmiah oleh Adam Bagaskara dan Kezia Alaia dari Universitas Indonesia

Presentasi Karya Tulis Ilmiah oleh Adam Bagaskara dan Kezia Alaia dari Universitas Indonesia

Pada tanggal 6 Maret, tim finalis diberikan kesempatan untuk mempresentasikan karya tulis ilmiah di depan dewan juri dan audiens, diikuti dengan sesi tanya-jawab dengan dewan juri yang terdiri dari 3 akademisi Universitas Gadjah Mada. Karya tulis para finalis dari Universitas Indonesia antara lain berjudul: “Pemuda dalam Menentang Belenggu Doxa: Bebaskan Praktik Kearifan Lokal dari Ranah Kontestasi Paksa MEA 2015” oleh Adam Bagaskara dan tim, “Peran Media dalam Branding Circle Farming Strategi Integrasi Model Pertanian Vertikal dengan Konsep Green  Building sebagai Solusi Pemanfaatn Lahan Basis Modal Usaha dari Ekonomi Kreatif” oleh Ardita Rizky dan tim, “Flohope : Upaya Mahasiswa dalam Memberdayakan Ibu-ibu Penyapu Jalan di UI  Melalui Program Kewirausahaan Sosial” oleh Feisal Makarim dan tim, “Optimalisasi Budaya Gotong-royong Pemuda Desa dalam Pengembangan Sumber Daya Alam (SDA)  Sebagai Upaya Meminimalisir Urbanisasi  di Yogyakarta” oleh Findiastuti dan tim, serta “Menerawang Masa Depan Kebijakan One Village One Product (OVOP) di Indonesia” oleh Rahmat Samudra dan tim.

Acara dilanjutkan pada keesokan harinya dengan Seminar Nasional Pemuda Anti-Korupsi dengan pembicara Mohammad Jhanattan dari Fungsional Pendidikan & Pelayanan Masyarakat KPK RI, Eko Noerjanto dari Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, MY Esti Wijayati dari Komisi X DPR, Ranggoaini Jahja dari Perempuan Jogja Anti-Korupsi, Zaenurrohman dari Pusat Kajian Anti Korupsi Fakultas Hukum UGM, dengan Dr. M. Najib Azca sebagai moderator.

Youth Power 2015: Seminar Nasional Pemuda Anti-Korupsi

Youth Power 2015: Seminar Nasional Pemuda Anti-Korupsi

Youth Power 2015

Youth Power 2015

Seminar Nasional diikuti dengan pengumuman pemenang lomba Film Untuk Negeri (FUN) dan lomba karya tulis ilmiah nasional / Call for Paper (CFP) antara lain:

Pemenang Lomba Film Untuk Negeri (FUN):

Juara 1: “Perspektif Terbalik” (FFTV Institut Kesenian Jakarta)

advertisement

Juara 2: “Generasi Benang Merah”(Generasi Benang Merah)

Juara 3: “Welcome” (FFTV Institut Kesenian Jakarta)

Pemenang Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (CFP):

Juara 1: “Diantara Rakyat dan Negara : Membaca Landasan Gerakan Pemuda di Indonesia Pasca Reformasi” (Tadzkia Nurshafira dan tim, Universitas Gadjah Mada)

Juara 2: “Pemuda dalam Menentang Belenggu Doxa: Bebaskan Praktik Kearifan Lokal dari Ranah Kontestasi Paksa MEA 2015” (Adam Bagaskara (Sosiologi, FISIP 2013) dan Kezia Alaia (Ilmu Komunikasi, FISIP 2013), Universitas Indonesia)

Juara 3: “Menjemput Kejayaan dari Laut: Menyehterakan Keluarga Nelayan Melalui Optimalisasi Program Bantuan Kapal Inka Mina” (Arwin Anindyka, Universitas Brawijaya)

advertisement

Meraih Juara 2 Tingkat Nasional (Piala Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia)

Meraih Juara 2 Tingkat Nasional (Piala Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia)

Selamat kepada para peserta dan pemenang! Semoga mahasiswa Indonesia semakin termotivasi untuk berkarya dalam rangka berkontribusi untuk kemajuan rakyat.