Makanan Ibu Hamil Agar Tetap Sehat Bugar !

anakui.com – Makanan ibu hamil , Makan makanan yang sehat serta seimbang selalu penting, tetapi menjadi sangat penting sejak saat Anda hamil serta sepanjang kehamilan Anda.

Saat Anda hamil, tubuh Anda mengalami beberapa perubahan serta memberikan tuntutan ekstra padanya,” kata Dr. Sarah Shawki, asisten profesor kebidanan serta ginekologi di NYU Langone Health di New York. “Diet sehat penting untuk menjaga kesehatan ibu serta bayi.”

Selama kehamilan, penting untuk mengonsumsi berbagai kelompok makanan termasuk buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein, serta produk susu.

Orang sering berbicara tentang “makan untuk dua orang” selama kehamilan, tetapi menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), targetkan hanya 340 kalori sehari pada trimester kedua serta 450 kalori ekstra pada trimester ketiga. .

“Dalam hal menjaga agar baserta sehat , memulai dengan menerapakan berat tubuh yang ideal yang sesuai melalui kebiasaan makan yang sehat dapat meminimalkan risiko kejadian buruk seperti diabetes gestasional serta tekanan darah tinggi,” tambah Dr. Shawki.

BMI Anda antara 18,5 serta 24,9, serta kenaikan berat baserta yang sehat selama kehamilan umumnya dianggap antara 25 serta 40 pound.

“Diet yang pas juga dapat meminimalisir anemia serta kekurangan lainnya yang dapat terjadi selama kehamilan. Ini membantu dengan energi, suasana hati selama kehamilan serta pemulihan setelah melahirkan.”

Janin yang tumbuh tergantung pada ibu untuk nutrisi penting untuk perkembangan yang sehat. Beberapa nutrisi, seperti asam folat, membantu mencegah kelainan anatomi, sedangkan nutrisi seperti DHA serta kolin bermanfaat untuk perkembangan otak, kata Dr. Shawki.

Kenaikan berat baserta yang berlebihan maupun tidak mencukupi secara signifikan dapat mempengaruhi pertumbuhan bayi selama kehamilan.”

Berikut Makanan Ibu Hamil Yang Wajib Dipenuhi

1. Sayuran Berdaun Hijau

sayur sehat untuk ibu hamil

Apakah Anda memilih kangkung serta bayam atau sayuran musim semi serta kol, sayuran hijau mengandung asam folat, nutrisi penting selama kehamilan.

Folat merupakan vitamin serta nutrisi dan tentu terlibat dalam obstruksi tabung saraf yang terjadi selama enam minggu pertama kehamilan. Pada dasarnya, asam folat bisa mencegah cacat tabung saraf.

400 mikrogram asam folat setiap hari untuk orang yang berpotensi melahirkan anak.

Jika Anda berjuang untuk mendapatkan banyak dari diet Anda sendiri, serta banyak orang melakukannya, suplemen atau vitamin prenatal sudah lebih dari cukup. Banyak vitamin prenatal mengandung sekitar 1.000 mikrogram asam folat, kata Dr. kata Lawson.

2. Kacang, Biji & Kacang

makanan sehat untuk ibu hamil 7 bulan

Melengkapi diet Anda dengan makanan kaya zat besi membantu mengakomodasi peningkatan volume darah serta penurunan hemoglobin selama kehamilan.

“Kebanyakan wanita hamil mengalami anemia, yang pada dasarnya adalah penurunan hemoglobin, yang biasanya terjadi selama trimester ketiga,” kata Dr. Lawson.

Volume darah ibu sedang hamil mengembang serta akhirnya mengencerkan sel darah merah. Selain itu, janin mulai menggunakan zat besi untuk membuat sel darah merah, sehingga memiliki efek penggabungan.”

Selama kehamilan, para ibu harus mengkonsumsi 27 miligram zat besi setiap hari ( dan 18 miligram jika tidak hamil). Sangat penting untuk mengetahui angka-angka ini dengan benar pada trimester ketiga, ketika banyak wanita mengalami anemia, kata Dr. kata Lawson.

Vitamin prenatal serta daging yang tak mempunyai lemak adalah dua cara untuk mendapatkan zat besi, tetapi banyak juga makanan nabati yang menyediakan zat besi.

Makanan ibu hamil misalnya buncis memiliki 3,66 mg per cangkir, kacang hitam 3,61 mg per cangkir, biji wijen 1,31 mg per sendok makan, serta almond 5,3 mg per cangkir. Bayam juga merupakan pembangkit tenaga besi, mengandung 3,72 miligram zat besi per cangkir.

3. Telur

makanan untuk ibu hamil muda

 

Makanan ibu hamil selanjutnya adalah telur , Satu butir telur berukuran besar mengandung 6,24 gram protein serta ini pun kaya akan vitamin seperti B12, vitamin D, serta asam folat yang bermanfaat selama masa kehamilan.

“Makan protein yang cukup dapat membantu mengatasi mual, serta diet tinggi protein juga berguna jika Anda mencoba mencapai kenaikan berat baserta yang sehat selama kehamilan,” kata Dr. Lawson.

4. Salmon Atau Tuna

makanan ibu hamil trimester 1

Ikan berlemak seperti salmon dan tuna mengandung asam docosahexaenoic (DHA), asam lemak omega3 yang direkomendasikan selama kehamilan. Dianjurkan untuk mengkonsumsi DHA minimal 200 miligram, terutama selama masa kehamilan.

DHA meningkatkan perkembangan otak janin dan memiliki efek menguntungkan bagi ibu juga,” jelas Dr. Lawson, menjelaskan bahwa penelitian terbaru menemukan bahwa jumlah DHA yang cukup dapat memperbaiki gejala depresi pada ibu selama akhir kehamilan dan awal pascapersalinan.

Menurut Food and Drug Administration (FDA), makanan ibu hamil berupa tuna ringan kaleng dua hingga tiga kali seminggu aman untuk wanita hamil dan merupakanpilihan terbaikuntuk bagan ini tentang keamanan ikan dan kerang selama kehamilan.

Tuna albacore diklasifikasikan sebagaipilihan yang baikoleh FDA. Meski rendah merkuri, namun lebih tinggi dari jenis ikan lainnya, sehingga disarankan untuk mengkonsumsinya seminggu sekali saja. DHA juga tersedia dalam bentuk suplemen.

5. Keju Dan Yogurt

buah yang bagus untuk ibu hamil

Penting untuk mendapatkan kalsium yang cukup selama kehamilan. “Janin menggunakan sejumlah kalsium selama kehamilan, jadi Anda perlu memastikan bahwa Anda tidak kehilangan massa tulang,” kata Dr. Lawson. “Mengisi kembali simpanan kalsium Anda membuat tulang Anda sehat.”

Makanan ibu hamil berproduk susu seperti keju dan yogurt mengandung kalsium, tetapi jika Anda tidak mengonsumsi produk hewani, Anda dapat mengisinya dengan sayuran berkalsium tinggi seperti brokoli dengan 286 mg per ikat atau kubis Brussel dengan 37 mg per cangkir.

6. Air

makanan ibu hamil

 

Walaupun bukan makanan ibu hamil Menurut ACOG, minum cukup air sangat penting selama kehamilan karena membantu kebutuhan ibu hamil untuk membangun cairan ketuban di sekitar janin, mengedarkan nutrisi ke seluruh tubuh, dan membantu pencernaan.

Ibu hamil dianjurkan mengonsumsi 8 hingga 12 gelas air putih per hari.

Selama kehamilan, volume darah meningkat. Ratarata wanita memiliki sekitar 4 liter darah, yang meningkat menjadi sekitar 6 liter pada akhir kehamilan.” kata Lawson. Banyak dari itu adalah air.

Nah itu tadi makanan untuk ibu hamil yang cocok untuk melengkapi gizi maupin nutrisi bagi ibu hamil .

Akhir Kata

Artikel diatas membahas tentang makanan ibu hamil , kebutuhan ibu hamil , semoga artikel ini dapat membantu , terimakasih

Leave a Comment