Mari Berkarya di Alam Bebas!


0

Bepergian, atau yang lebih terkenal dengan sebutan travelling telah menjadi satu kegiatan yang populer. Hal ini dapat dilihat dengan maraknya acara-acara TV bertema perjalanan, baik berwisata biasa maupun menjelajah ke alam bebas. Sebuah perjalanan akan begitu saja menguap dan tanpa kesan apapun jika tidak meninggalkan jejak berupa karya. Oleh karena itu, pendokumentasian sebuah perjalanan menjadi sangat penting dalam rangka mengabadikan momen-momen maupun kekayaan alam yang ditemui selama melakukan perjalanan tersebut. Dokumentasi sebuah perjalanan pun tak hanya melulu tentang fotoㅡataupun video perjalanan saja. Feature, field report, catatan perjalanan merupakan bentuk pendokumentasian berupa tulisan-tulisan deskriptif mengenai perjalanan yang dilakukan.

Berdasarkan hal tersebut calon anggota Badan Khusus Pelantikan (BKP) Mapala UI 2013 mempersembahkan sebuah seminar dan talk show bertajuk “Berkarya di Alam Bebas”. Seminar ini diadakan dalam rangka bersama-sama memupuk serta menumbuhkan kreativitas para Sobat Alam maupun masyarakat umum untuk menciptakan karya pasca melakukan perjalanan.

Seminar ini diisi oleh para profesional di bidangnya. Narasumber-narasumber tersebut adalah Cahyo Alkantana, salah satu sinematografer National Geographic dan BBC Knowledge. Bang Cahyo sudah bertahun-tahun malang melintang di dunia adventure maupun jurnalisme alam bebas. Narasumber berikutnya adalah Tantyo Bangun (M-335-UI). Bang Tantyo adalah anggota senior dari Mapala UI. Ia pernah didaulat sebagai 1st Editor in Chief dari National Geographic Indonesia. Selain itu, Tantyo juga merupakan co-founder dari Bangun Media yaitu sebuah perusahaan yang bergerak di bidang media dan fotografi. Oleh karena itu, kehadiran narasumber-narasumber yang telah berpengalaman di bidangnya masing-masing diharapkan dapat saling berbagi dengan peserta seminar untuk mulai menciptakan karya.

Rangkaian acara ini diikuti dengan Pameran Foto “Pesona Keindahan di Ujung Timur Pulau Jawa” yang merupakan output dari Perjalanan Panjang BKP Mapala UI 2013. Perjalanan berupa mini ekspedisi  bertajuk “Blambangan Heritage Expedition” dilakukan Februari lalu. Berlokasi di Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur, ekspedisi ini merupakan salah satu pilot project dari Telusur Pesona Indonesia yang merupakan salah satu agenda besar dari Mapala UI untuk mendokumentasikan kekayaan alam di 50 Taman Nasional yang tersebar di seluruh Nusantara.

Penasaran, Sobat Alam? Tak sabar untuk segera memulai berkarya? Jangan lewatkan kesempatan untuk belajar dan saling berbagi pengalaman dengan para profesional di bidangnya. Silakan merapat ke Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia, pada 2-4 April 2014. Pameran foto “Pesona Keindahan di Ujung Timur Pulau Jawa” dibuka pada pukul 10.00-19.00, di Lobby Timur Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia, sedangkan Seminar dan Talk Show “Berkarya di Alam Bebas” dilaksanakan pada hari Jumat, 4 April 2014 pada pukul 14.00-16.00. Pendaftaran Seminar dan Talk Show dapat menghubungi Irene (081288200276) dan Nisa (08563557542), atau langsung datang ke booth pendaftaran di lokasi pameran yaitu di Lobby Timur Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia.(A.N/A.I)

 

Warm Regards,

 

 

An Nisa Tri Astuti

CAM. 012

 


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf

0 Comments

Leave a Reply