Sebelum memasuki masa-masa perkuliahan, mahasiswa baru (maba) UI wajib mengikuti rangkaian Kegiatan Mahasiswa Baru (Kamaba). Acara yang biasanya berlangsung selama satu bulan tersebut terdiri dari beberapa kegiatan, seperti Pengenalan Sistem Akademik Universitas (PSAU), Pengenalan Sistem Akademik Fakultas (PSAF), Program Cinta Kampus (PCK), dan Orientasi Kehidupan Kampus (OKK). Selain itu, para maba juga harus mengikuti latihan paduan suara untuk tampil pada saat wisuda.

Sayangnya, acara tersebut tidak akan terlaksana tahun ini. Bagaimana tidak, pandemi Covid-19 membuat orang-orang tidak boleh berkumpul dan menyelenggarakan acara yang melibatkan banyak massa. Kamaba UI pun terpaksa ditiadakan tahun ini.

Sumber: IG @kemahasiswaan_ui

Namun, para maba tetap harus mengikuti kegiatan prakampus yang dikemas secara daring, yaitu PKKMB. PKKMB merupakan singkatan dari Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiwa Baru. Acara tersebut kurang lebih sama seperti Kamaba pada biasanya, tetapi ada beberapa kegiatan yang harus dihilangkan karena pelaksanannya dilakukan secara daring. Selain itu, waktunya pun lebih singkat, yaitu lima hari.

advertisement

Sama seperti Kamaba pada biasanya, Acara yang dilaksanakan pada 7—11 September tersebut wajib diikuti oleh mahasiswa baru jenjang S1 dan D3. Hal tersebut karena PKKMB merupakan wahana untuk memperkenalkan dan mempersiapkan para maba untuk berproses menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri. Selain itu, kegiatan ini akan mempercepat proses adaptasi maba dengan lingkungan barunya dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di UI.

BACA JUGA: Mitos Horor UI Paling Legendaris: Bikun hingga Hantu Wisuda UI

Pelaksanaan PKKMB

Berdasarkan informasi yang didapat dari akun Instagram Direktorat Kemahasiswaan (Dirmawa) UI, pelaksanaan PKKMB diharapkan dapat menjadi wahana penanaman lima program gerakan nasional revolusi mental. Lima gerakan tersebut yaitu Indonesia melayani, Indonesia bersih, Indonesia tertib, Indonesia mandiri, dan Indonesia bersatu. Melalui kegiatan ini pula, diharapkan maba kelak akan menjadi alumni UI yang memiliki kedalaman ilmu, keluuran akhlah, cinta tanah air, dan berdaya saing global.

advertisement

Peserta atau pihak yang terlibat dalam acara tersebut terbagi menjadi empat peran, yaitu Acarya, Manggala, Adiyodha, dan Wiragana. Acarya adalah sebutan bagi penyelenggara PKKMB, yaitu UI. Manggala adalah sebutan bagi supervisor yang berperan memantau dan membantu Adiyodha selama menjalankan tugasnya. Adiyodha adalah sebutan bagi para mentor yang akan mendampingi Wiragana secara langsung selama pelaksanaan PKKMB. Terakhir, Wiragana adalah sebutan bagi maba yang merupakan peserta PKKMB.

Kegiatan yang diikuti oleh sekitar 8000 maba ini memiliki tiga acara inti, yaitu E-Class, E-test, dan Motivational Talk. E-class adalah kuliah umum yang disampaikan oleh para praktisi atau profesional di bidang tertentu. E-test adalah kuis yang harus dikerjakan oleh maba sebelum dan sesudah E-Class berlangsung. Sementara itu, Motivational Talk adalah materi yang disampaikan oleh pemimpin dari suatu institusi dan duta besar yang berisi motivasi untuk maba dalam mempersiapkan dan menjalankan dunia perkuliahan.

BACA JUGA: Slurp, Ini Makanan-Makanan Enak di Kantin Vokasi UI

advertisement

Uniknya PKKMB

Satu hal yang membuat PKKMB ini unik dibanding dengan Kamaba adalah adanya kompetisi maba yang berhadiah puluhan juta rupiah. Kompetisi bertajuk Social Collaboration Awards (Solarr) tersebut akan melombakan tugas individu dan kelompok yang dikerjakan maba selama PKKMB. Terdapat tiga tugas individu yang dapat dipilih satu oleh maba, yaitu proposal bisnis, poster, dan karya tulis ilmiah. Sementara itu, tugas kelompoknya berupa video dengan tema Creativity for the Community.

Sumber: IG @kemahasiswaan_ui

Menarik bukan PKKMB ini? Selain mendapatkan pengetahuan dan teman baru, maba juga dapat berkembang melalui tugas-tugas yang dikompetisikan. Selain itu, maba tahun ini merupakan angkatan spesial karena untuk pertama kalinya dalam sejarah, UI menyelenggarakan kegiatan pengenalan kampus secara daring. Momen ini akan menjadi momen yang tidak akan terlupakan tentunya, baik bagi maba maupun pihak yang terlibat dalam PKKMB.

Selamat datang mahasiswa 2020 dan selamat mengarungi perjalanan baru di kampus kita tercinta, Universitas Indonesia.

advertisement

BACA JUGA: Hal Baru Yang Akan Kamu Temukan saat Kuliah, Mahasiswa Baru Wajib Tahu!

Sumber gambar header: KOMPAS .COM (VITORIO MANTALEAN)