Akunnya udah lama ilang sih. Semoga gak basi ya kalau di tahun 2020 ini masih ada aja yang bahas..

Buat kamu anak UI angkatan tua, pasti tahu banget apa itu UI Cantik. Eh gak mesti angkatan tua sih, mungkin buat adek-adek maba angkatan 2020 ada juga yang tahu akun ini? Ya siapa tahu aja dari SD atau SMP udah iseng ngepoin akun ini hehehe. Lagian, akun ini bisa dibilang akun mahasiswa paling populer di zamannya. Kenapa? Hmmm bisa dibilang popularitas dari akun ini udah gak diragukan lagi.

Dengan jumlah followers dan postingan yang gak main-main, akun IG UI Cantik berhasil menarik minat warga net dari berbagai kalangan (bukan cuma anak UI, lho) untuk mengikuti atau sekedar kepo dan nge-stalk. Akun ini juga berhasil menginspirasi mahasiswa dari universitas lain untuk membuat akun serupa (tentunya dengan nama pengguna yang mirip-mirip, dong), dan membuat kaum adam dari segala penjuru dunia berandai-andai dan asik mengobjektifikasi si gadis yang fotonya dicomot oleh akun ini.

advertisement

Maaf ya agak negatif. Tapi tenang, penulis juga sadar kok, gak semua orang dirugikan dengan keberadaan akun ini. Mungkin ada segelintir wanita yang merasa masuk akun UI Cantik adalah sebuah pencapaian, dan ada juga yang merasa terbebani ketika semua teman peer-nya masuk dan hanya dia sendiri yang tidak. Ada yang merasa belom jadi anak UI kalau belum jadi UI Cantik, dan kesel setengah mati ketika akun ini dikabarkan tidak lagi aktif. Pokoknya banyak banget deh pendapat tentang akun ini, dan mau negatif atau positif, semua tergantung individu masing-masing.

Tapi pastinya tahu dong siapa yang paling diuntungkan sama akun ini?

Ya pastinya si admin lah. Dapet endorse-an sana sini. Padahal cuma nyomot foto. Gak pake izin. Yang punya foto juga gak dapet insentif. Kan, ujung-ujungnya pasti ngomongin duit deh

advertisement

Nah buat kalian yang belum tahu, sini deh penulis ceritain panjang kali lebar tentang apa itu UI cantik dan semoga buat kalian yang udah lupa, bisa kembali ingat!

Jadi, apa itu UI Cantik?

Sumber: instagram @ui.cantik

UI Cantik adalah sebuah akun instagram yang meskipun menggunakan embel-embel UI dan profile picture makara UI, akun ini bukanlah akun resmi yang dikelola oleh pihak Universitas Indonesia. Akun ini berisikan foto-foto mahasiswi Universitas Indonesia, yang tentunya sesuai dengan namanya, berparas cantik.

Selain foto, akun Instagram UI Cantik juga tidak lupa mencantumkan asal fakultas dan angkatan dari si empunya foto di setiap foto yang diunggah. Komentarnya kebanyakan positif. Tapi gak jarang juga kita temukan komen-komen bandel dari cowo-cowo gak sopan yang rasanya pengen kita bungkus terus buang jauh-jauh ke segitiga bermuda. Sekilas dari pengamatan atau ya… opini dangkal kita yang gak merasakannya, masuk akun UI Cantik pastilah suatu prestise alias kebanggan. Memiliki kecantikan yang divalidasi oleh puluhan ribu (bahkan ratusan ribu) orang, siapa sih yang nggak seneng?

advertisement

Balik lagi, itu kan cuma pendapat kita-kita yang gak merasakan, jadi jangan asal ngejudge! Kita kan gak tahu! Makanya, sekarang penulis akan ngasi tahu nih, gimana sih sebenarnya, menjadi ‘Si Cantik’ yang ternyata oh ternyata, gak se-indah yang kalian bayangkan!  Check this out!

Malu

Sumber: ze.tt

Mungkin hal ini terdengar remeh, tapi tahu gak sih kalian, gak semua wanita yang fotonya diunggah mau untuk ‘dikenal’ orang dengan jumlah sebanyak followers akun ini. Belum lagi julukan dari teman-teman sekitar yang bener-bener nyebelin. Salah satu narasumber penulis yang punya sifat pemalu sempat loh menangis ketika tahu fotonya diunggah oleh akun ini. Ia pun harus mengirim berpuluh-puluh pesan ke email dan dm akun ini meminta untuk dihapus fotonya. Kasian ya?

“Mungkin semua orang mikir, masuk UI Cantik tuh hebat, bisa dikenal banyak orang, padahal sumpah, gue malu. Gue aja jarang ngepost foto selfie di ig, karena gue semalu itu kalau wajah gue diliat banyak orang. Eh tiba-tiba si admin nyomot muka gue gak izin, terus dipost. Ngeliat muka gue mejeng di instagram online sambil dikomenin cowo-cowo gak jelas, gak banget”

advertisement

SKSD

Sumber: humaverse.com

Gak selamanya punya banyak followers itu indah. Kira-kira itulah yang dirasakan oleh sebagian teman-teman kita yang pernah jadi bagian UI Cantik. Gara-gara akun ini, followers instagram doi meningkat drastis dan tentunya banyak yang SKSD, alias sok kenal sok dekat. Narasumber penulis bilang bahwa pernah suatu ketika Ia pulang menggunakan KRL, ada anak dari universitas lain yang menyapanya dan memaksanya ngobrol selama perjalanan. Serem juga sih..

“Gue cerita ya, jadi seperti biasa gue selalu balik rumah pake KRL. Pas banget gue baru mau duduk di kursi, seberang gue ada cowok senyum-senyum. Gue diemin tuh. Tiba-tiba dia berdiri dan nyamperin gue, langsung nyebut nama gue. Katanya kenal muka gue dari akun ui cantik. Mau gak mau gue jawab. Sampe gue turun, tuh cowok berdiri di depan gue, berusaha ngajak ngobrol. SKSD Abis”

Haters

Bukan cuma artis lho guys yang bisa punya haters, UI Cantik juga. Lho-lho gimana sih? Nah, penulis denger dari narasumber kalau misalnya gak jarang dari mereka dapet dm dari cewek-cewek gak dikenal (bahkan mungkin bukan anak UI juga..) yang marah-marah gak jelas ke mereka. Alasannya sih karena mereka merasa cowok mereka digoda sama si UI Cantik. Hihihihi, sebenernya lucu juga ya, kenal aja enggak…

“Menurut gue ini yang paling absurd. Beberapa bulan setelah foto gue dipost, di dm gue ada sekitar lima atau enam pesan masuk dari cewek. Tiga diantaranya akun bodong, alias fake account. Isinya death threat. Bayangin deh, dia bilang mau bunuh gue. Alasannya karena gue ngerebut cowoknya. Cowoknya tergila-gila sama gue karena foto gue ada sesuatunya. Pas gue cek, tuh akun domisili Jogja. Gimana ceritanya gue ngerebut cowok yang gak gue kenal, siapa namanya, usianya berapa, kerjaannya apa, jarak jauh lagi.. Kalau bisa mah gue pelet sekalian Lee Min Ho kali ah, hahahahaha”

DM Mesum

Plis banget deh, ternyata mas-mas yang sering komen gak sopan kayak gak mengenyam bangku sekolah itu gak cuma muncul di komen. Mereka juga punya keberanian  untuk menyusup langsung  ke dm si cantik (makanya jangan ada yang ngasih tahu username-nya, dasar!!). Oh ya, salah satu narasumber penulis cerita bahwa Ia yang awalnya senang saat tahu fotonya diunggah akun ini berubah jadi ketakutan dan terpaksa mengganti username instagramnya karena dm-nya penuh cowok-cowok aneh yang ngirim pesan gak sopan. Bahkan ada yang senekat itu ngirim foto alat kelaminnya! Ihh….

“Kalau ditanya yang paling buruk, ya ini. Bayangin deh, malem-malem gue mau tidur, buka dm.. ngeliat alat kelamin orang… nyesel banget tuh gue buka. Sampe hp gue kebanting karena gue kaget. Ini orang kepedean tingkat dewa kali ya.. Dia pikir dia siapa woy asal ngirim foto privasi kayak gitu ke orang gak kenal”

Tuh kan guys, ternyata kasian juga ya mereka-mereka yang fotonya dicatut sama akun ini. Kalau pendapat kalian gimana? Apakah menurut kalian jadi UI Cantik itu adalah berkah? Atau malah musibah? Hihihihi