Mau Jadi Anak Harvard? Ini Dokumen yang Perlu Dipersiapkan

Jangan malas untuk sering-sering buka website Harvard. Kepoin orang-orang yang keterima di Harvard lewat media sosialnya. Cari mentor untuk mendampingimu


0

Studi di harvard? ini dokumen yang harus kamu persiapkan. Amerika seringkali masuk ke dalam daftar negara tujuan untuk melanjutkan sekolah, banyak orang yang berniat untuk melanjutkan pendidikannya di negari Paman Sam ini. Banyak kampus terkenal dan bergengsi di negara ini seperti Stanford University, Harvard University, Yale, Columbia, dan MIT.

Bagi teman-teman yang ingin melanjutkan studinya ke Amerika, wajib hukumnya mempersiapkan dokumen yang diminta sejak jauh-jauh hari, selain butuh niat, dokumen-dokumen tersebut membutuhkan jangka waktu yang tidak sebentar untuk di proses. Kira-kira apa saja sih dokumen yang harus dipersiapkan untuk lanjut studi di Harvard? Berikut informasi yang saya temui di website resmi Hervard University.

1. Transkrip Akademik

Kamu harus menyiapkan minimal 3 macam, transkrip asli, legalisir, dan terjemahan terlegalisir, untuk beberapa kampus seperti T.Chan Public Health Harvad. Mereka meminta untuk transkrip distandarisasi oleh lembaga Amerika, contohnya di world education services atau wes.org. Sekedar informasi, untuk proses review standarisasi ini dibutuhkan biaya sebesar 124 USD, dan kamu harus mengirimkan langsung dokumen tersebut ke Amerika lewat ekspedisi.

2. GRE

Tes GRE ini terdiri dari verbal, kuantitatif atau matematik, dan analitik atau writing. Tes GRE ini hanya bisa dilakukan sebanyak sebulan sekali, dan harga tesnya sebesar 205 USD. Jadi pastikan kamu sudah belajar semaksimal mungkin, dan mengambil tes ini jauh-jauh hari ya.

3. TOEFL

Syarat yang satu ini dibutuhkan untuk hampir semua sekolah di amerika, tes TOEFL yang digunakan adalah IBT untuk mendaftar ke Harvard minimal scorenya adalah 100, dan hanya bisa diambil sebulan sekali dengan harga 190 USD.

BACA. JUGA: Sudah Tahu Bedanya Tes TOEFL, IELTS, dan TOEIC?

4. Personal Statement

Essay biasanya 500 kata yang menjelaskan kenapa kamu pengen masuk Harvard, persiapan dan plan karir di jurusan tersebut, tidak lupa dengan goals kamu setelah lulus dari jurusan tersebut. Sebaiknya kamu cari mentor untuk mendampingi kamu, dan menyemangati kamu di kala demotivasi.

5. Surat Rekomendasi

Surat rekomendasi tidak harus dari petinggi institusi atau perusahaan kok, cukup orang yang beneran kenal dan pernah kerja dengan kamu, agar dia bisa menilai kamu dengan baik, biasanya kampus meminta sekitar tiga hingga lima surat rekomendasi untuk kamu sertakan dalam dokumen pendaftaran.

6. CV/ resume

Contoh Desain CV yang Menarik 7

Biasanya beberapa sekolah meminta kamu untuk menulis cv dengan format tertentu, seperti harus menggunakan kalimat aktif atau ditulis dengan bullet point. Pastikan kamu perhatikan permintaan dokumen di website pada saat itu. Selain itu jangan pakai foto di CV kamu ya, supaya tidak bias dan menghindari rasis.

Usahakan untuk menulis CV sesingkat dan sepadat mungkin, cukup pilih achievement terbaikmu, jangan dimasukan semua ke dalam CV ya walau kamu selalu memenangkan lomba. Biasanya CV tersebut terdiri dari riwayat sekolah, pengalaman kamu selama bekerja, pengalaman berorganisasi, publikasi, dan pencapaian/achievement yang telah kamu punya.

BACA JUGA: Lagi Ngerapihin CV? Yuk Intip 3 Gaya Penulisan CV Ini Biar CV Kamu Makin Kece!

Jangan malas untuk sering-sering buka website Harvard, dan kalau bisa cari mentor untuk mendampingi kamu selama proses berlangsung, kamu juga bisa mempelajari orang-orang yang keterima di Harvard lewat media sosialnya, jika kamu berniat untuk melanjutkan studi, sebisa mungkin aktif dalam kegiatan yang positif seperti ikut organisasi dan kegiatan atau project lainnya yang selaras dengan jurusan yang kamu tuju.

Perlu diingat bahwa ketentuan setiap sekolah di Harvard berbeda-beda, seperti ketentuan format CV dan minimum nilai tes GRE, maka dari itu rajin-rajin lah menguntungi website-nya untuk mengecek, apakah ada aturan atau syarat terbaru agar kamu tidak ketinggalan informasinya.

[zombify_post]


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Rahmadianty Alivia
Saya Rahmadianty Alivia. Dari program Vokasi prodi Komunikasi Penyiaran Multimedia (2019). Saya senang mempelajari hal baru, memelihara hewan, dan tumbuhan liar di rumah. Satu fakta unik dari saya adalah saya alergi mi instan.

0 Comments

Leave a Reply