Mau Lulus SIMAK UI? Yuk Simak 5 Tips Ini

Setelah SMA, kira-kira kamu akan berencana melanjutkan pendidikan kemana nih? Bila kamu bercita-cita untuk masuk UI, ada baiknya kamu mempersiapkan diri untuk menghadapi Seleksi Masuk Universitas Indonesia atau SIMAK UI. Dengan mengikuti SIMAK UI, kamu dapat memperbesar kans untuk menjadi mahasiswa Universitas Indonesia.


0

Setelah SMA, kira-kira kamu akan berencana melanjutkan pendidikan kemana nih? Bila kamu bercita-cita untuk masuk UI, ada baiknya kamu mempersiapkan diri untuk menghadapi Seleksi Masuk Universitas Indonesia atau SIMAK UI. Dengan mengikuti SIMAK UI, kamu dapat memperbesar kans untuk menjadi mahasiswa Universitas Indonesia.

Sumber: Instagram @univ_indonesia

Sebelum menghadapi SIMAK, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan. Nah, AnakUI telah membuat tips kece yang bisa kamu terapkan untuk mempersiapkan Seleksi Masuk Universitas Indonesia. Mau tahu apa saja tipsnya? Yuk, simak baik-baik!

1. Tentukan Gaya Belajar

Sumber: pelajaran.co.id

Kamu bisa memulai persiapan SIMAK UI dengan cara menentukan gaya belajar yang tepat maupun program studi yang kamu pilih. Dengan menentukan gaya belajar, kamu dapat lebih mudah menguasai materi dengan waktu sesingkat mungkin.

Misal, bila kamu termasuk tipe visual, kamu bisa belajar dengan cara membuat mind map materi dan menghiasnya semenarik mungkin. Bila gaya belajarmu auditori, kamu bisa minta bantuan temanmu untuk menjelaskan materi dan membahasnya bersama-sama.

2. Kuasai Materi

Sumber: quipper.com

Pelajari dan kuasai semua materi. Eits, menguasai materi di sini bukan berarti kamu harus menghafal seluruh materi, namun kamu harus memhami konsepnya. Pemahaman konsep yang baik akan memudahkan kamu dalam menjawab soal, terutama soal analisis.

3. Latihan Soal

Sumber: ens-stan.com

Perbanyak latihan soal, terutama menggunakan soal SIMAK tahun sebelumnya. Dari latihan soal ini, kamu akan mendapatkan bayangan tipe soal yang akan keluar saat ujian nanti. Kamu bisa mulai latihan soal dari kumpulan soal yang dapat kamu temukan di internet maupun toko buku. Agar lebih hemat, kamu juga bisa minta soal latihan soal atau soal SIMAK UI tahun sebelumnya ke senior yang pernah atau sedang berkuliah di Universitas Indonesia.

BACA JUGA: Intip 5 Prodi di UI yang Paling Diminati

4. Siapkan strategi

Sumber: mamikos.com

Untuk memenangkan sebuah pertempuran, tentunya kita harus punya strategi khusus agar tidak gagal. Begitu juga saat menghadapi SIMAK UI. Kamu harus memikirkan strategi yang tepat agar bisa lulus SIMAK UI.

Saat ujian, kerjakanlah soal yang dirasa mudah, lalu dilanjutkan dengan soal yang memiliki nilai tinggi. Terakhir, jawab soal yang dirasa sulit dan membutuhkan waktu lama untuk menjawabnya. Jangan lupa untuk mengecek kembali soal yang telah kamu kerjakan dari awal hingga akhir untuk memastikan bahwa semua soal telah terjawab.

5. Berdoa

Sumber: rec.or.idJika sudah menerapkan tips di atas, sekarang yang perlu kamu lakukan adalah berdoa. Berdoa kepada Tuhan agar kamu diberikan hasil yang terbaik dan percaya bahwa Tuhan telah mengatur semuanya. Jangan lupa untuk minta dilapangkan bila hasilnya tidak sesuai dengan harapan. Hal ini berguna agar kamu tidak berlarut-larut dalam kesedihan.

Jangan lupa untuk selalu memantau akun media sosial SIMAK UI untuk tahu perkembangan terbarunya. Siapa tahu ada perubahan materi atau perubahan sistematika ujian kan!

BACA JUGA: Hi Maba UI, Ini Tipe-Tipe Senior yang akan Kamu Temui di UI


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Ditha Adinda

Content Writer. Are you the end of my prayer? Because Amen love with you. Hit me on: Ditha Adinda

0 Comments

Leave a Reply