Gak usah disangkal lagi kalo Fakultas Teknik di mana pun itu merupakan fakultas yang masih banyak diminati oleh berbagai manusia sains di dunia ini. Selain ilmu dan terapannya yang dapat selalu berkembang seiring inovasi manusia dari hari ke hari, prospek kerja dan pola pikir yang diterapkan di sini juga menjadi daya tarik tersendiri.

Akan tetapi, pernah gak sih kamu merhatiin atau menimbang hal-hal yang akan membuat kamu nyesel nanti masuk fakultas teknik, terlebih lagi Fakultas Teknik UI? Sebelum terlambat bagi adik-adik yang baru selesai UN dan selagi masih ada kesempatan bagi mahasisw FTUI, SIMAK, atau SBMPTN masih terbuka lebar buat kamu yang mau pindah jurusan kok. Karena ada beberapa hal yang perlu kamu pikir dan perhatikan uang hal-hal berikut biar gak nyesel kalo udah jadi anak teknik. Ini dia!

 

 

Bingung Nyari Kerja

Lapangan kerja di bidang keteknikan itu luas banget via jajansembarangan

Lapangan kerja di bidang keteknikan itu luas banget via jajansembarangan

Iya, dijamin nanti setelah kamu lulus akan bingung nyari kerjanya di mana. Gue gak bilang susah nyari kerja loh ya; tapi bingung. Iya! Saking banyaknya lapangan kerja buat anak teknik! Makanya, lebih baik kamu menciptakan lapangan kerja sendiri aja biar menciptakan lapangan kerja baru bagi yang membutuhkan pekerjaan sekaligus melatih manajemen kamu sendiri hehehe.

Fyi aja, lapangan kerja di bidang keteknikan itu luas banget, loh. Mulai dari perminyakan, mesin, material mutakhir, manufaktur, industri, manajemen, dan bidang-bidang lain yang gak berkaitan dengan dunia keteknikan juga banyak!

advertisement

Maka dari itu, kalo kamu gak mau dihadapkan pada pilihan yang rumit saking luasnya bidang kerja yang ditawarkan oleh Fakultas Teknik ini nantinya, pikir dua kali ya sebelum mau masuk teknik!

 

Godaan Iman

Banyak banget nih stock cewek, apalagi cowok buat jadi teman masa depan ihiy via imm.eng.ui.ac.id

Banyak banget nih stock cewek, apalagi cowok buat jadi teman masa depan ihiy via imm.eng.ui.ac.id

Ini juga merupakan hal yang perlu diperhatikan. Kalo kamu anaknya gak kuat iman dan susah buat jaga pandangan, lebih baik pikir lagi deh kalo mau masuk Teknik. Anak Teknik ini dikenal dengan cowo-cowonya yang tampan rupawan serta mapan, katanya, meskipun gak semua sih hehehe dan ini bikin para cewek tergila-gila. Makanya kalo kamu mau mencari pemandangan segar silahkan datang aja ke teknik, dijamin gak akan rugi. Selain itu, cowo-cowonya juga selain tampan dan insya Allah mapan, juga memiliki logika berpikir yang baik.

Gak cuma yang cowo aja, cewek-cewek teknik juga gak kalah banyak memiliki bidadari bidadari idamannya, sebut saja Departemen Arsitektur dan Departemen Teknik Industri yang memiliki mayoritas wanita yang aduhai dan fashionable. Sikat aja, Bos. Dijamin cewek teknik mampu menempatkan hati dan logikanya dengan seimbang, deh.

 BACA JUGA: Kamu Cowok Teknik? Berbahagialah karena Kamu Istimewa Di Mata Kami

 

advertisement

Perusak Timbangan

Perlahan namun pasti, badan lama-lama jadi lebar via Immt Ftui

Perlahan namun pasti, badan lama-lama jadi lebar via Immt Ftui

Terlebih lagi di Fakultas Teknik UI, kamu akan kaget ketika baru satu semester menjalani kehidupan di kampus ini, pas nimbang eh timbangan kamu rusak gara-gara jebol. Gak deng gak selebay itu. Tapi bener loh. Di kampus mungkin bawaan kamu akan makan-makan-dan-makan karena selain untuk menghilangkan stress, mayoritas mahasiswa menghabiskan waktu kosongnya di Kantin Teknik (Kantek) which is banyak makanan enak dan murah serta berporsi kuli. Belum lagi jika kamu ngekos di Kutek, banyak banget jajanan atau makanan murah yang menjamur di sana. Makanya kalo gak mau timbangan kamu rusak, jangan coba-coba masuk teknik, ya. Wailah serius amat bacanya. Piknik dulu yuk.

 

Melatih Jadi Pendendam

Harus-wajib-kudu lembur buat tugas via ie.ui.ac.id

Harus-wajib-kudu lembur buat tugas via ie.ui.ac.id

Anak teknik pasti pernah minimal sekali dan wajib ngerasain—kudu—harus—gak bisa terlepaskan sama yang namanya mengerjakan laporan praktikum dari laboratorium maupun deadline maket di studio.  Mengharuskan kita untuk gak tidur demi menyelesaikan semuanya, meski udah dikasih tau deadlinenya dari jauh-jauh hari, tapi ya namanya juga mahasiswa; prinsipnya “deadliners gak pernah mati.”

To tell you the truth, ternyata setelah menyeleasaikan laporan praktikum ataupun maket beserta presentasinya, ada kelegaan yang luar biasa, pokoknya beban jadi enteeeeeng banget di pundak. Sebaliknya: mata jadi berat banget. Yak! Solusinya adalah pembalasan tidur. Ini dia yang bikin kamu harus mulai berpikir dua kali buat masuk teknik: akan jadi pendendam terhadap praktikum/studio, kemudian melakukan pembalasan di akhir: HIBERNASI!!!

 

Lupa Diri

Teknik itu solid dan saling bahu membahu membantu satu sama lain via ie.ui.ac.id

Teknik itu solid dan saling bahu membahu membantu satu sama lain via ie.ui.ac.id

Maksudnya lupa diri di sini adalah literally lupa diri; lupa sama diri sendiri. Hehehehe. Kenapa? Karena teknik itu terkenal dengan solidnya, satu angkatan bersatu padu menjadi satu kalo udah pada momennya. Makanya, kalo kamu darahnya udah biru teknik banget dan udah cinta mati sama teknik, bisa-bisa kamu jadi lupa diri karena selalu mementingkan kepentingan bersama daripada kepentingan diri sendiri. Bahaya juga nih kalo sampe kamu kelewatan lupa dirinya. Makanya pikir pikir dulu ya sebelum masuk teknik.

Ampun senior, gak maksud gitu, malah maksud saya adalah bagus demi menunjukkan bahwa teknik itu solid dan saling bahu membahu membantu satu sama lain hehe. Kan becanda.

 

Potensi Ubanan Bertambah

Anak FTUI terlatih untuk aktif dan banyak berpikir via ie.ui.ac.id

Anak FTUI terlatih untuk aktif dan banyak berpikir via ie.ui.ac.id

Seiring dengan berjalannya waktu, kamu akan terbiasa dengan sendirinya untuk berpikir berpikir dan terus berpikir mengenai hal-hal yang gak kepikiran sekalipun, apa sih hahaha. Intinya saking sibuknya kamu baik dalam hal akademik maupun non akademiknya teknik, kamu akan terbiasa untuk multitasking dan mikirin banyak hal. Gak sedikit dari mereka yang sering skip dan kelewat beberapa hal, jadinya lupa deh, ubanan deh. Gak sih gak segitunya, pokoknya pikirannya banyak deh.

Jelek dong? Wah kok jelek? Justru bagus dong, itu tandanya mahasiswa FTUI aktif-aktif dan jadinya otak kita terlatih untuk memikirkan banyak hal; pola pikirnya terbentuk deh!

 

Mental Baja

Hanya mereka yang punya mental baja yang kuat masuk FTUI via ie.ui.ac.id

Hanya mereka yang punya mental baja yang kuat masuk FTUI via ie.ui.ac.id

Seperti yang kamu dengar dari mulut ke mulut, bahwa kehidupan di teknik itu keras banget. Ya jujur jujuran aja sih meski kerasnya gak secara fisik, tapi seengganya kamu terlatih untuk ditempat dan diberi masalah bertubi-tubi sehingga kelak akan bermental baja. Bukankah selalu ada manis di setiap pahit?

Di sini mental loh ya, bukan kepala ataupun hati yang menjadi baja a.k.a. menjadi keras. Sejatinya kuliah itu merupakan proses gimana nanti kita menghadapi dunia yang lebih nyata, bukan? Jadi ya nikmatin aja, gak cuma di FT kok, di fakultas-fakultas dan universitas lain gue yakin juga kayak gitu. Kan itu yang akan membuat kita kuat? Besi aja kalo gak dikasih cobaan berupa perlakuan-perlakuan gak akan bisa jadi sekuat baja. Asik dah.

Dah ah kira-kira gitu aja, takut dihajar petinggi-petinggi teknik huhuhu. Jangan diambil hati ya, tulisan ini emang provokatif dan sengaja menarik kamu biar baca kok, pengen tau sejauh mana dan secepat apa kamu menilai suatu tulisan sebelum akhirnya tau intinya hehehe. Have a nice day all! HO HI HO HA HA.



[reaction_buttons]