Mau Masuk UI Lewat Jalur Undangan? Simak Tips Berikut!

Di Universitas Indonesia sendiri jalur undangan tersebut terdiri dari SNMPTN dan PPKB/ Talent scouting. Jalur ini dapat diikuti oleh siswa dari sekolah mana pun di seluruh Indonesia. Lega rasanya jika sudah diterima lewat jalur undangan karena setelah itu tidak perlu berhadapan dengan tes apapun.


0

Masuk kuliah lewat jalur prestasi akademik atau lebih dikenal dengan jalur undangan merupakan impian bagi sebagian besar siswa yang ingin melanjutkan studinya ke perguruan tinggi negeri (PTN).

Bagaimana tidak, dengan melalui jalur tersebut kita bisa langsung masuk ke universitas impian dengan jurusan yang telah kita pilih tanpa harus mengikuti tes tertulis.

Di Universitas Indonesia sendiri jalur undangan tersebut terdiri dari SNMPTN dan PPKB/ Talent scouting. Jalur ini dapat diikuti oleh siswa dari sekolah mana pun di seluruh Indonesia sehingga sudah pasti akan banyak yang ikut seleksi pada jalur ini.

Para siswa yang mengikuti jalur undangan bisa mencapai hingga 500.000 siswa, lho! Walaupun peluangnya relatif kecil karena banyaknya saingan, tetapi kamu bisa lho mempersiapkan strategi agar peluangmu menjadi lebih besar. Jadi, apa saja yang bisa dilakukan?

Sumber: kreativemagz.com

Hal yang paling utama sebenarnya yang harus kamu lakukan adalah pastinya memastikan bahwa nilai rapor kamu baik.

Seperti yang pastinya kita ketahui, seleksi undangan ini adalah berdasarkan nilai rapor kita sehingga sudah pasti memiliki nilai rapor yang baik adalah suatu keharusan. Jika kamu memang ingin masuk PTN melalui jalur undangan, kamu harus sudah mempersiapkan bahkan sebaiknya dari awal masuk sekolah menengah atas.

BACA JUGA: Untukmu Adik-adik SMA Yang Ingin Tahu Bedanya Jalur-Jalur Masuk Universitas Indonesia

Kamu harus belajar dengan giat dan mengatur strategi belajar dengan baik agar nilai yang kamu peroleh baik, terutama nilai untuk mata pelajaran yang diujikan di Ujian Nasional termasuk mata pelajaran yang sekiranya adalah mata pelajaran utama yang berkaitan dengan jurusan yang akan kamu pilih nantinya, hal ini karena nilai tersebut merupakan salah satu aspek penting yang akan dijadikan tolak ukur untuk dilakukannya seleksi.

Pastikan juga nilai rapor kamu setiap semesternya relatif stabil atau meningkat. Selain nilai rapor, kamu juga bisa menambahkan prestasi di luar prestasi sekolah untuk lebih menunjang diri kamu, apalagi jika prestasi tersebut berkaitan dengan jurusan yang ingin kamu pilih.

Meskipun nilai rapor adalah hal utama yang harus kamu perhatikan, tapi ada hal lain yang tidak kalah penting untuk kamu lakukan yaitu mencari tau lebih dalam mengenai jurusan sekaligus universitas yang kamu pilih. Dengan mempelajari jurusan yang ingin kamu peroleh kamu bisa tahu mata pelajaran apa yang harus kamu fokuskan yang berkaitan dengan jurusan tersebut. Kamu juga bisa mengetahui apakah jurusan yang kamu pilih termasuk lintas jurusan atau tidak sehingga kamu bisa melihat kemungkinan kamu untuk diterima.

Akreditasi sekolah juga merupakan hal penting yang akan menjadi pertimbangan, sehingga sebenarnya sejak awal memilih sekolah kamu harus memperhatikan hal tersebut. Selain jalur SNMPTN, ada juga yang dinamakan jalur PPKB di mana tidak semua sekolah bisa melakukan seleksi untuk jalur PPKB tersebut sehingga hal ini perlu kamu cari tahu juga.

Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut mengenai peluang kamu untuk memperoleh undangan, kamu juga bisa melihat dari track record alumni kamu sebelumnya, seperti universitas mana saja yang sudah menerima alumni kamu lewat jalur undangan dan jika ingin lebih dikerucuti ada berapa orang sebelumnya yang sudah diterima di jurusan yang kamu pilih dan bagaimana performa mereka. Karena biasanya, akan lebih besar peluang untuk menerima siswa kembali pada jurusan tersebut dengan kuota yang sama atau tidak jauh berbeda.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu perhatikan dan bisa menjadi strategi kamu untuk masuk kuliah lewat jalur undangan. Jadi, sampai bertemu di UI ya!

BACA JUGA: Mau S2 di UI Tanpa Ujian SIMAK? Begini Caranya!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
2
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
1
wtf
Matary Puspita Gatot
Orang-orang biasa memanggilku Tary. Aku lulusan Teknik Metalurgi dan Material angkatan 2015. Selain menulis, aku tertarik mempelajari hal-hal baru dan tertarik pada dunia beauty dan entertainment.

0 Comments

Leave a Reply