Mau Menang SIAK WAR? Jangan Lupa 4 Hal Berikut!

Jangan sampai kamu kalah SIAK WAR sehingga tidak memperoleh mata kuliah yang kamu inginkan hanya karena kamu kurang persiapan. Oleh karena itu, simak tips-tips berikut!


0

Salah satu “tradisi” yang dilakukan oleh para mahasiswa UI setiap akan memulai semester baru adalah melaksanakan SIAK WAR. Hal ini pastinya sudah tidak asing dikalangan para mahasiswa UI. SIAK WAR adalah istilah yang biasa digunakan para mahasiswa UI untuk kegiatan pengisian IRS yang nantinya akan digunakan sebagai jadwal kuliah pada semester yang akan dijalankan. Istilah SIAK WAR sendiri digunakan karena pengisian IRS tersebut dilakukan melalui SIAK NG dan karena adanya keterbatasan kuota di setiap kelasnya, biasanya para mahasiswa berusaha memperebutkan jadwal sesuai waktu yang diinginkan atau berusaha memperebutkan mata kuliah pilihan yang diinginkan. Nah, jangan sampai kamu tidak memperoleh mata kuliah yang kamu inginkan hanya karena kamu kurang persiapan. Oleh karena itu, simak tips-tips berikut!

1. Buat list mata kuliah yang akan diambil

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat list mata kuliah wajib yang harus kamu ambil pada semester tersebut.  Jangan sampai kamu lupa mengambil mata kuliah wajib pada semester tersebut karena hal ini akan sangat berdampak pada perkuliahan kamu kedepannya.

Salah satu cara untuk memperoleh informasi mata kuliah wajib yang harus diambil adalah melalui bidang akademis dan keprofesian himpunan mahasiswa departemen kamu. Biasanya, mereka sudah menyediakan list mata kuliah wajib yang harus diambil mulai dari semester satu hingga semester delapan.

BACA JUGA: Tujuh Macam Grafik IPK di SIAK-NG

Setelah itu, jika kamu ingin mengambil mata kuliah pilihan maka kamu harus mengecek mata kuliah pilihan apa saja yang disediakan pada semester tersebut. Kamu bisa mengecek di SIAK NG mata kuliah pilihan yang ada. Jika mata kuliah pilihan yang ingin kamu ambil di luar jurusan kamu, kamu harus mencari informasi apakah dibutuhkan persyaratan tertentu yang harus dipersiapkan terutama jika di luar fakultas kamu sehingga kamu bisa mempersiapkannya dan saat waktu pengisian IRS nanti kamu bisa mengisi mata kuliah tersebut.

2. Buat tabel jadwal kuliah dengan berbagai opsi

Saat kamu melakukan pengisian IRS, akan banyak sekali pilihan mata kuliah yang tersedia dari berbagai jurusan bahkan fakultas. Selain itu, mata kuliah yang tersedia juga  terdiri dari berbagai semester. Oleh karena itu, perlu bagi kamu untuk membuat jadwal kuliah yang akan kamu ambil sebelumnya agar kamu mengetahui mata kuliah apa saja yang harus kamu ambil. Selain itu, hal ini juga penting terutama jika kamu ingin mengambil mata kuliah pilhan agar tidak bentrok dengan mata kuliah wajib kamu.

Buatlah semacam tabel jadwal kuliah yang akan kamu ambil, lengkap dengan waktu dari masing-masing mata kuliah tersebut. Hal ini akan memudahkan kamu untuk melihat apakah ada jadwal yang bentrok atau tidak. Hal lain yang perlu kamu lakukan adalah membuat plan B bahkan plan C untuk  jadwal kuliah kamu, terutama jika kamu ingin mengambil mata kuliah lintas program ataupun mata kuliah pilihan. Misal kamu ingin mengambil dua mata kuliah pilihan, kamu jangan hanya memilih dua yang kamu inginkan saja, pilih juga mata kuliah pilihan alternatif lainnya. Jika jadwalnya bentrok dengan jadwal mata kuliah wajib kamu, kamu bisa coba memilih mata kuliah wajib lintas program. Dengan banyaknya pilihan jadwal yang telah kamu buat, kamu bisa memiliki banyak alternatif ketika memilih jadwal kuliah saat SIAK WAR nanti.

BACA JUGA: Inilah yang Dirasakan Saat Fitur Add-drop Menghilang dari SIAK-NG

3. Pastikan koneksi internet bagus dan jangan bosan tekan F5!

Sumber: blog.blanja.com

Salah satu hal yang paling penting yang menentukan keberhasilan kamu SIAK WAR di hari-H adalah koneksi internet yang bagus. Pastikan kamu telah memiliki koneksi internet yang baik entah itu wifi ataupun mobile data yang akan kamu gunakan nantinya. Jangan sampai kamu kalah SIAK WAR hanya karena jaringan yang lambat. Kamu juga bisa menggunakan fasilitas hotspot UI untuk membantu SIAK WAR kamu, yang penting kamu tahu di spot mana saja di UI yang memiliki koneksi yang bagus. Selain koneksi internet yang bagus, salah satu hal kecil yang penting adalah jangan bosan menekan tombol refresh atau F5. Karena banyak orang yang mengakses sehingga akan sulit untuk berhasil masuk ke SIAK NG atau sulit untuk menyimpan IRS yang telah kita pilih.

4. Luangkan Waktu Saat Hari Pengisian IRS

Salah satu hal yang sering terjadi pada saat hari pengisian IRS adalah server yang down sehingga kita tidak dapat melakukan pengisian IRS di waktu yang telah ditentukan. Karena hal ini sering terjadi, pastikan di hari pengisian IRS kamu meluangkan waktu kamu untuk rajin-rajin melakukan pengecekan atau sekedar membuka grup chat kamu untuk mengetahui apakah sudah bisa melakukan pengisian IRS atau tidak. Karena jika server down kita tidak memiliki kepastian kapan kita bisa mengisi IRS, sementara kita harus melakukan pengisian IRS dengan segera agar kita bisa memperoleh mata kuliah yang kita inginkan. Selain itu, jika kamu berada dalam posisi waiting list jangan buru-buru drop IRS kamu, karena terkadang ada mahasiswa yang masuk kuota tetapi akhirnya batal mengambil mata kuliah tersebut atau terdapat mata kuliah tertentu yang akhirnya menambah kuotanya karena banyaknya peminat. Tetapi perhatikan juga kamu ada di posisi berapa, kalau terlalu jauh ataupun jika sudah beberapa hari masih tidak masuk kuota sebaiknya kamu drop saja. Jangan sampai nanti karena hal tersebut, IRS kamu tidak disetujui oleh Pembimbing Akademis kamu.

Itulah tips-tips supaya kamu bisa “memenangkan” SIAK WAR. Namun, jika hasil akhirnya kamu tetap tidak memperoleh sesuai dengan keinginan kamu, kamu harus sabar dan tetap semangat ya! Yang penting, jumlah SKS yang kamu ambil sudah sesuai dengan perencanaan kamu di setiap semesternya. So, sudah siap SIAK WAR?

BACA JUGA: Anak UI, Gunakan Situs ini Biar Kamu Menang SIAK WAR!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Matary Puspita Gatot
Orang-orang biasa memanggilku Tary. Aku lulusan Teknik Metalurgi dan Material angkatan 2015. Selain menulis, aku tertarik mempelajari hal-hal baru dan tertarik pada dunia beauty dan entertainment.

One Comment

Leave a Reply