Mau S2 di UI Tanpa Ujian SIMAK? Begini Caranya!

Lanjut S2 di UI tanpa tes? Wah boleh juga tuh. Gimana sih caranya? Beginilah pengalaman Dimas Agung Setiaji melanjutkan kuliah magister Metalurgi di UI tanpa perlu tes SIMAK UI!


0

Salah satu hal yang dipilih oleh mahasiswa yang telah menyelesaikan program sarjananya adalah melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi (S2). Universitas Indonesia sendiri memiliki program pasca sarjana dimana yang biasa kita ketahui untuk bisa diterima kita harus melalui jalur SIMAK. Namun, ternyata untuk melanjutkan jenjang studi kamu ke program S2 (magister) ada loh jalur yang tidak melalui jalur SIMAK UI. Ada jalur yang disediakan Universitas Indonesia bagi lulusan sarjana Universitas Indonesia untuk melanjutkan ke program pasca sarjana (S2) tanpa mengikuti ujian. Berikut adalah hasil wawancara saya dengan salah satu mahasiswa program magister Teknik Metalurgi dan Material Universitas Indonesia, Dimas Agung Setiaji yang melanjutkan program magisternya melalui jalur tersebut.

Sumber: id.pinterest.com

Dimas Agung mengetahui informasi tentang lanjut S2 tanpa tes, dari seniornya:

“Saya mengetahui informasi ini dari beberapa senior saya. Saya pernah mendengarkan percakapan mereka bahwa lulusan S1 Teknik Metalurgi dan Material Universitas Indonesia dapat mendaftar dan masuk program pasca sarjana tanpa melalui tes SIMAK UI. Kemudian saya konfirmasi ke pihak departemen dan ternyata memang ada jalur khusus tanpa harus melalui SIMAK UI.”

BACA JUGA: Pengalaman Mendapatkan Beasiswa S2 di Taiwan oleh Azhar Fikri

Setelah memutuskan memilih jurusan kuliah yang diinginkan, akhirnya Dimas memutuskan untuk mencoba melanjutan S2 nya melalui jalur tersebut.

“Berhubung saya memang berminat untuk melanjutkan S2 di teknik UI, saya mencari tahu berbagai informasi untuk pendaftaran-pendaftaran yang ada termasuk info perkuliahan dari setiap jurusan. Setelah mempertimbangkan mulai dari lokasi hingga jadwal kuliah saya memutuskan memilih teknik metalurgi dan material UI, kemudian saya teringat bahwa dulu ada senior yang menggunakan jalur tanpa harus ujian jadi kalo bisa kenapa engga?”

Adapun persyaratan yang dibutuhkan untuk mengikuti jalur ini adalah memiliki nilai TPA minimum 500, nilai IELTS minimum 6.5, IPK di atas 3.01 dan lulus dari program sarjana kurang dari satu tahun terakhir.

“Saat saya mendaftar persyaratannya adalah memiliki IPK minimal 3.01 dan maksimal satu tahun kelulusan, namun untuk saat ini persyaratannya adalah memiliki nilai TPA dari OTO Bappenas yang masih berlaku dengan skor minimal 500 dan nilai IELTS yang masih berlaku dengan skor keseluruhan minimal 6.5 dan tidak ada skor di bawah 6.0.”

Untuk alur pendaftarannya sendiri cukup mudah,

“Awalnya harus membuat surat pernyataan permohonan untuk mengambil S2 tanpa ujian SIMAK, kemudian surat tersebut diberikan ke pihak departemen beserta fotokopi ijazah, transkrip dan persyaratan lainnya termasuk kartu peserta ujian SIMAK UI. Kita tetap perlu mendaftar untuk ujian SIMAK UI meskipun kita tidak mengikuti ujiannya. Setelah itu, pihak departemen akan meneruskan ke pihak dekanat kemudian ke WD 1 bidang akademis dan dilanjutkan ke pihak PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) UI. Setelah itu, tunggu respon yang diberikan oleh pihak PMB UI dan surat yang diteruskan dari departemen apakah kita diterima atau tidak.”

Dimas sendiri menyampaikan pesan untuk mahasiswa UI yang tertarik untuk menggunakan jalur ini.

“Sebisa mungkin sebelum lulus atau setelah lulus tapi belum sampai setahun, kalian tanya pihak departemen mengenai jalur ini. Kalau sudah, ikuti langkah-langkahnya. Nanti akan dibantu juga oleh pihak departemen. Kalau lagi diproses dan gaada kabar untuk menunggu dalam kurun waktu yang ditentukan, kalian follow up aja departemennya setiap minggu untuk tahu berkasnya sudah sampai ke pihak mana.” Adapun jika kamu ingin lintas jurusan, kamu harus meminta tolong kepada dosen yang terkait atau tanya pihak departemen.

Nah, itu dia perbincangan mengenai jalur tanpa tes ini. Jika kamu ingin mengikuti jalur ini jangan lupa untuk cari tahu lebih banyak informasinya agar kamu bisa mempersiapkannya dengan baik. Jadi, apakah kamu tertarik?

BACA JUGA: Beasiswa Unggulan Kemendikbud, Informasi Lengkap Jenjang S1, S2, dan S3


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Matary Puspita Gatot
Orang-orang biasa memanggilku Tary. Aku lulusan Teknik Metalurgi dan Material angkatan 2015. Selain menulis, aku tertarik mempelajari hal-hal baru dan tertarik pada dunia beauty dan entertainment.

0 Comments

Leave a Reply

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals