Siapa di sini yang kerja sambil kuliah? Kadang waktu lagi bosen kuliah, datang secercah keinginan untuk merasakan serunya dunia kerja. Apalagi kalau teman kosanmu, atau kakakmu, atau siapanya kamu juga sedang asyik bekerja sambil kuliah. Atau tepatnya, kuliah sambil bekerja. Gak jarang juga kita lihat di kalangan civitas akademika UI beberapa teman kita yang justru bekerja untuk kuliahnya.

Apa pun latar belakangnya, tentu kamu jadi bertanya-tanya, memang pekerjaan apa yang cocok untuk mahasiswa yang masih kuliah? Lalu apa saja konsekuensinya jika sudah bekerja sambil kuliah? Bagi kamu yang kuliahnya padat, tapi masih tetap ingin merasakan bagaimana pengalaman dunia kerja mungkin dapat mencoba ragam pilihan profesi kerja yang bersifat part-time atau freelance berikut ini.

BACA JUGA: 5 Situs Pencari Kerja yang Anti-Mainstream

advertisement

 

Penulis

Kamu bisa kirim artikel kamu ke beberapa situs via momentomae

Kamu bisa kirim artikel kamu ke beberapa situs via momentomae

Sebelum Catatan Seorang Demonstran karya Soe Hok Gie menjadi populer di kalangan mahasiswa, menjadi penulis adalah salah satu profesi part-time/freelance yang bisa ditekuni mahasiswa sejak bangku perkuliahan. Tak jarang, mereka yang sudah terlatih menulis berbagai macam artikel, opini, hingga karya tulis fiksi dari masih kuliah, begitu lulus sudah mendapatkan koneksi untuk menjadi penulis secara professional.

Bagi kamu yang ingin meniti karier dari kesukaanmu menulis, kamu bisa mencoba mengajukan dirimu untuk menulis di situs-situs seperti anakui.com, Hipwee, atau IDNTimes, dimana kamu bisa menulis dari rumah atau kosan tanpa harus ke kantor. Hal ini tentu memudahkanmu untuk mengatur kehidupan perkuliahanmu agar lebih berkualitas.

advertisement

 

Social Media Admin

Profesi social media admin semakin dipertimbangkan di kalangan pelaku industri via silverhawkpromotions

Profesi social media admin semakin dipertimbangkan di kalangan pelaku industri via silverhawkpromotions

Ramainya trend social media dan digital media sejak tahun 2008, profesi social media admin semakin dipertimbangkan di kalangan pelaku industri. Tak jarang, profesi ini pun seringkali mengincar kamu-kamu yang masih muda, enerjik, dan penuh kreativitas untuk turut terlibat.

Jadi, kalau kamu punya hobi nge-socmed, daripada nge-share berita yang kontroversial dan bikin ribut sama teman kamu di fesbuk, ada baiknya salurkan hobimu untuk pekerjaan yang lebih bermanfaat. Ya, seperti menjadi social admin untuk sebuah brand/perusahaan. Kamu menjadi terlatih untuk bertanggung dengan setiap postingan yang akan kamu update, plus kamu pun jadi semakin bebas berselancar di dunia maya.

advertisement

 

Graphic Designer

Kalau hobi gambar atau jago desain, kamu bisa asah kemampuah kamu jadi Graphic Designer via careerglider

Kalau hobi gambar atau jago desain, kamu bisa asah kemampuah kamu jadi Graphic Designer via careerglider

Sudah bukan rahasia lagi, kalau kamu hobi nggambar atau punya teman jago ngedesain, maka sudah dipastikan dia pasti memiliki pekerjaan sampingan atau freelance dalam mendesain. Minimal, membuat logo untuk perusahaan tertentu.

Berbeda dengan Penulis dan Social Media Admin, menjadi Graphic Designer tidak semudah bikin desain lalu di acc klien, ada masanya sang desainer harus mempresentasikan idenya dan meyakinkan kliennya, baik perusahaan atau individu, bahwa karyanya patut dibayar dengan harga yang pantas. Meski demikian, jika memang kamu berbakat di bidang desain, kenapa tidak mencobanya?

advertisement

 

Ngajar

Kamu yang PD sama ilmu yang dipunya, bisa banget nambah duit jadi guru les via gurulesprivat

Kamu yang PD sama ilmu yang dipunya, bisa banget nambah duit jadi guru les via gurulesprivat

Nah ini, mungkin sebagian besar dari kamu sudah pernah mengalaminya. Jadi guru les, alias NGAJAR. Kamu-kamu yang cukup pede dengan kemampuan dan pengetahuan berbahasa Inggris, matematika, kimia atau bahkan sejarah sekalipun kini sudah bisa membuka usaha bimbel kecil-kecilan.

Semacam les privat dengan kakak. Lumayan kan jadi bisa kenal dedek-unyu yang masih SMA. Ditambah lagi, kamu bakal sering ke rumahnya dan kenalan sama orang tuanya, eaak. Atau, kamu juga bisa mendaftarkan diri di situs seperti RuangGuru.com dan menjadi pengajar freelance, dimana kamu akan ditempatkan di sekolah tertentu atau institusi tertentu yang sudah dipilah dan dipilih oleh tim RuangGuru spesial untuk kamu!

Dengan bekerja sambil kuliah, kamu jadi dapat menambah kenalan di berbagai bidang industri, yang mana dapat menjadi modal kamu saat lulus kuliah nanti. Selain itu, kamu juga akan belajar bagaimana bekerja secara tim, meskipun freelance, profesi apa pun di dunia industri tetap akan membutuhkan mekanisme kerja tim, dimana pun kamu tidak bekerja sendirian. Kamu juga dapat melatih lebih tajam lagi skill-skill kehobian dan pengetahuan kamu secara lebih mendalam. Kalau ada kesempatan untuk belajar lagi, kenapa tidak? Seperti kata pepatah, sambil menyelam, minum air, tapi hati-hati kelelep. :p

Yuk, bagikan informasi ini ke teman kamu lewat Facebook, LINE dan Twitter, siapa tau dengan berbagi inspirasi, rejeki akan menghampiri hidupmu! \o/