Indonesia sebagai negara berkembang kini memang sedang mengembangkan Infrastukturnya sebagai wujud penunjukan jati diri kepada dunia bahwa Indonesia juga BISA..! berikut beberapa mega proyek yang ada di Indonesia baik yang sudah selesai maupun yang segera dibangun.

1. Jembatan Suramadu, jembatan ini telah menjadi sejarah bagi penduduk di Jawa Timur dan Madura. Pulau yang sekian lama terpisah oleh laut kini telah terhubungkan oleh sebuah jembatan sepanjang 5,4 KM yang juga sebagai jembatan terpanjang di Indonesia dengan biaya 4,5 Trilyun. Jembatan ini telah diresmikan Presiden SBY tanggal 10 Juni 2009. Ada hal yang unik dr jembatan ini yaitu adanya jalur khusus motor (di jalan tol) yang terdapat di jembatan ini. Namun sayangnya beberapa waktu kemudian mur, baut, dan material logam (kecil) lainnya lenyap oleh tangan-tangan jahat (bukan jahil lagi).

2. Perpustakaan termodern, terbesar dan terindah di dunia.. Ini juga merupakan mega proyek yang ada di Indonesia yang juga sedang dalam tahap pembangunan, beritanya sudah dimuat pada postingan lalu Tambah bangga karena UI akan bangun perpustakaan terbesar dan termegah di dunia.

3. Stasiun Kereta Termegah, masih dalam bagian UI mega proyek dan Mega Proyek yang ada di Indonesia. kabarnya stasiun kereta (UI) akan dibangun setelah proyek Perpustakaan selesai. akselerasi pembangunannya memang sangat cepat untuk mengejar ketinggalannya dengan negara2 lain yaa. Artinya UI juga berkontribusi untuk memberikan akselerasi pembangunan di Indonesia dalam hal infrastuktur tsb

4. Trans Studio Theme Park Makassar. Konsep taman bermain Indoor ini kabarnya juga menjadi taman bermain Indoor terbesar di dunia yang akan diresmikan pada tanggal 09/09/09 oleh Bapak Wakil Presiden Jusuf Kalla. Taman bermain ini akan menyaingi Disney Land dan mengadopsi konsep Universal Studio Amerika Serikat. Mungkin Dufan juga akan merasa tersaingi tapi karena jarak antar pulau yang memisahkannya jadi mungkin sah-sah aja x). Walaupun telah diresmikan tapi pembangunannya tetap dilakukan hingga tahun 2010.

5. Menara Jakarta, menara ini juga akan menjadi menara tertinggi di dunia menyaingi menara Malaysia, Shanghai dan Toronto dengan ketinggian 558 M. Menara ini akan dibangun di wilayah Bandar Baru Kemayoran. Rencananya menara ini akan diisi oleh Restoran berputar, ruang pameran, pusat perdangangan, pendidikan, dan multimedia, hotel dan Mal.

advertisement

6. Jembatan Selat Sunda, satu lagi “tali” penghubung antar pulau yang akan menjadi sejarah Indonesia juga yaitu pembangunan jembatan selat sunda untuk memenuhi kebutuhan transportasi. awalnya kedua pulau ini memiliki tiga pilihan untuk memenuhi kebutuhan transportasinya, pertama yaitu pembangunan jembatan, kedua pembangunan terowongan bawah laut, dan yang ketiga meningkatkan frekuensi kapal penyebrangan. Namun akhirnya terpilihlah opsi pertama yaitu pembangunan jembatan selat sunda. Jembatan ini juga akan mengalahkan jembatan suramadu yang sudah dibangun karena jembatan ini akan menjadi jembatan terpanjang di dunia dengan panjang 31 Km dan lebar 60 M. tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit yaitu sebesar 100 Trilyun Rupiah (10% APBN 2009)

Itulah beberapa mega proyek yang ada di Indonesia beberapa tahun kedepan, dan mungkin masih banyak proyek-proyek lain yang masih dalam proses untuk dibangun dalam beberapa puluh tahun kedepan misalnya seperti proyek PLTN pertama di Jepara, proyek MRT di Jakarta, dll.

Memang disamping menunjukan prestasi di mata dunia, Indonesia juga masih memiliki masalah yang sudah kronis seperti kualitas dan akses pendidikan, Jaminan kesehatan, pengentasan kemiskinan, pembajakan media, pembalakan hutan, bahkan akses air bersih juga masih menjadi masalah di beberapa wilayah Indonesia. Harapannya seiring dengan dibangunnya mega proyek yang di Indonesia juga seiring dengan penyelesaian masalah-masalah yang sudah kronis di Indonesia. Dalam penyelesaian masalah tersebut bukanlah hanya tugas pemerintah, namun semua yang “mengaku” menjadi WNI punya andil dalam menyelesaikan berbagai permasalahan tersebut, apalagi kita sebagai mahasiswa yang menyandang nama Indonesia maka wajib turun tangan dalam bentuk apapun selagi itu masih dalam tindakan yang positif membantu untuk menyelesaikan masalah-masalah tsb.

Mulai dari diri sendiri, mulai dari hal yang kecil, mulai dari sekitar kita, dan mulai dari sekarang

(sumber : kaskus, dreamindonesia.wordpress.com)



advertisement