Apa yang akan kamu lakukan apabila ada sesuatu yang bertolak belakang dengan prinsip hidup kamu? Ada dua jawaban untuk pertanyaan ini. Yang pertama adalah membiarkannya. Orang dengan tipe ini cenderung untuk membiarkan suatu hal yang bertolak belakang dengan prinsipnya. Ada beberapa kemungkinan mengapa orang ini cenderung membiarkannya, bisa karena memang dia cuek atau tidak peduli, bisa juga karena takut untuk menegur atau mengubahnya. Namun, hati-hati saja, terkadang karena takut untuk menegur atau mengubahnya, orang dengan tipe ini cenderung untuk menurut saja, tidak mau “melawan”.

Sedangkan jawaban yang kedua, jawaban yang bertolak belakang dengan jawaban yang pertama, yaitu berani untuk menegur, menolak, atau mengubahnya. Orang dengan tipe ini cenderung berani untuk “menolak” sesuatu yang tidak sesuai dengan prinsip hidup. Dia pun berusaha untuk mengubah hal tersebut dengan caranya sendiri, yang pasti menuju ke hasil yang lebih baik.

Jadi, pada dasarnya kembali pada diri kita masing-masing. Tergantung dari hal apa yang bertolak belakang dengan prinsip hidup kita. Kalau masih tidak melampaui batas, masih bisa ditolerir. Namun, kalau sudah melampaui batas, ada baiknya kita berusaha untuk mengubahnya menjadi suatu hal yang lebih baik.

advertisement