Volunter merupakan kata serapan bahasa Inggris yang artinya mengarah pada sukarelawan. Biasanya kata volunter ini digunakan sebagai bahasa gaul untuk menunjukkan kegiatan sukarelawan. Banyak sekali kegiatan volunter di Indonesia dengan berbagai bidang. Mulai dari bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan, ekonomi kreatif, dan lain-lain.

Kegiatan volunter bersifat positif dan menghasilkan sesuatu yang baik, maka tidak heran bertebaran kegiatan volunter di sekitar kita. Mulai dari komunitas, organisasi, perusahaan, hingga pemerintah mengadakan berbagai bentuk kegiatan volunter. Hal ini menjadi suatu wadah yang tepat untuk menampung orang-orang untuk berbuat kebaikan. Oleh karena itu, sayang aja sih kalau ada banyak kegiatan volunter di sekitar kalian tapi tidak dicoba.

Jika kalian masih muda dan berenergi, pastinya pengen dong menyalurkan semua energi kalian ke hal-hal baik. Setidaknya ikutlah kegiatan volunter sekali seumur hidup kalian, terutama bagi kalian yang masih mahasiswa. Di setiap kampus pastinya ada beberapa kegiatan volunter yang diadakan baik oleh pihak kampus itu sendiri hingga organisasi dan kepanitiaan mahasiswa. Berikut ini penulis rangkum alasan mengapa kalian harus ikut kegiatan volunter. Mari disimak!

advertisement

1. Meningkatkan kepekaan dan kepedulian

Sumber: okezone.com

Hal pertama yang akan kalian rasakan setelah ikut kegiatan volunter yaitu meningkatnya kepekaan dan kepedulian kalian. Namanya juga kegiatan volunter atau sukarelawan, pastinya dijalankan atas dasar sukarela dan tanpa paksaan.

Setiap kegiatan yang dilakukan akan berorientasi untuk memberikan kebaikan dan manfaat pada sekitar. Entah itu dalam bentuk fisik maupun rohani. Kegiatan volunter ini akan selalu berhubungan dengan kegiatan sosial. Setiap kegiatan sosial kemungkinan besar akan memicu kepekaan dan kepedulian di dalam diri manusia. Manusia yang ikut dalam kegiatan sosial akan merasakan hal yang menyentuh hati, nah kondisi ini akan meningkatkan rasa kepekaan dan kepedulian sosial dalam dirinya.

2. Bersyukur atas apa yang dimiliki

Kegiatan volunter diadakan untuk membantu sesama manusia dan lingkungan sekitar. Hal ini dilakukan karena adanya keterbatasan hingga kekurangan yang ada. Untuk itu kegiatan volunter dilakukan untuk setidaknya meringankan keterbatasan hingga kekurangan tersebut. Dengan begitu, maka rasa syukur atas apa yang telah dimiliki akan muncul, karena ternyata di luar sana masih banyak orang yang hidup dalam keterbatasan dan kekurangan.

advertisement

Kalian pembaca setia anakui.com mungkin sebagian besar adalah orang-orang yang hidup berkecukupan. Hal ini ditandai dengan kalian bisa mengakses laman anakui.com ini, berarti kalian setidaknya memiliki akses listrik dan internet. Coba bayangkan teman-teman kalian yang belum beruntung di luar sana. Yang bahkan hanya untuk mencari makan saja susah. Apalagi untuk berselancar di dunia maya. Dengan ikut kegiatan volunter, kemungkinan rasa syukur kalian akan lebih meningkat.

BACA JUGA: Motif-Motif Dalam Tindakan Baik dan Pencarian Makna Hidup

3. Kesepian yang sebenarnya adalah hidup tanpa tanggung jawab sosial

Sumber: lovemedo.net

Poin nomor 3 di atas merupakan penggalan quote dari Goenawan Mohamad. Apa sih enaknya hidup sendiri di muka bumi ini? Sejatinya manusia adalah makhluk sosial yang butuh keberadaan orang lain. Tidak ada manusia yang dapat hidup sendiri. Mau dia sekaya apapun, sehebat apapun, atau sepintar apapun. Manusia tetap butuh bantuan dan keberadaan manusia lainnya.

advertisement

Sama seperti kehidupan sekarang ini, banyak kegiatan yang dilakukan bersama-sama. Berbagai kegiatan baik untuk mencoba menjawab tanggung jawab sosial sudah bertebaran di muka bumi ini. Rugilah bagi kalian yang tidak mengambil peran dalam tanggung jawab tersebut. Ikut kegiatan volunter menjadi salah satu cara untuk hidup dengan tanggung jawab sosial. Membantu sesama, menolong yang kesusahan, hingga berbagi kebahagiaan menjadi hal indah jika dilakukan dengan ikhlas dan mengedepankan tanggung jawab sosial.

Apalah arti hidup di dunia ini jika tidak mengambil peran dalam tanggung jawab sosial? Mungkin hanya kesepian yang didapat.

4. Percaya bahwa di bumi masih ada orang baik

Mungkin terdengar klise bahwa sebagian besar orang di bumi ini sebenarnya baik. Tapi hal ini dapat dibuktikan jika kalian ikut kegiatan volunter. Di sana akan banyak tipe manusia yang sangat beragam dan memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Perbedaan inilah yang membuat kegiatan volunter seru dan menyenangkan.

advertisement

Menghabiskan waktu bersama orang-orang untuk melakukan kegiatan baik dan memberikan manfaat akan membuat kalian sadar, bahwa masih banyak orang baik di bumi ini.

Kegiatan volunter ini menjadi wadah bagi orang-orang yang ingin selalu berbuat kebaikan. Hingga kebaikan tersebut menular antara satu manusia dengan manusia lain. Sehingga pada suatu saat nanti terbukti bahwa sebagian besar orang di bumi ini sebenarnya baik.

BACA JUGA: Serunya Ikut Kepanitiaan, Kalian Udah Ngerasain?

5. Kebahagiaan itu sederhana

Kebahagiaan merupakan hal yang selalu diidam-idamkan setiap manusia di muka bumi ini. Entah itu kebahagiaan sendiri atau kebahagiaan bersama. Banyak cara yang dilakukan manusia untuk bisa mendapatkan kebahagiaan di dunia ini. Misalnya dengan bekerja, melakukan hobi yang disuka, berpacaran hingga menikah, menghabiskan waktu bersama orang tua, dan masih banyak hal lain untuk mendapatkan kebahagiaan.

Nah kalian ingin tahu kebahagiaan yang mudah didapatkan dan sederhana? Coba saja kalian ikut kegiatan volunter, pasti kalian mendapatkan dan merasakannya. Melihat orang lain tersenyum dan tertawa karena kalian, tinggal bersama orang baru dalam satu atap, berbagi makanan hingga pekerjaan, begadang demi kelancaran kegiatan volunter, hingga melihat anak-anak bermain dengan senangnya di sawah. Itu hanya sebagian kecil kebahagiaan yang bisa kalian rasakan dan dapatkan ketika ikut kegiatan volunter.

Hingga akhirnya kalian menyadari sesuatu setelah ikut kegiatan volunter, bahwa kebahagiaan itu sederhana.

Kalian masih ragu untuk ikut kegiatan volunter? Memang sih tidak enak rasanya kalau mengikuti suatu kegiatan karena paksaan atau hanya ikut-ikutan teman. Tapi tidak ada salahnya sedikit menurunkan ego dan mencoba hal baru demi kebaikan bukan?

Ikut kegiatan volunter bisa jadi pengalaman yang berharga loh untuk kalian. Berbuat baik memang bisa dimana saja, kapan saja, dan tidak harus dengan berkegiatan volunter. Namun sayang aja sih ada wadah yang bisa digunakan untuk berbagi kebaikan dan menebar kebermanfaatan tapi tidak digunakan. Mungkin akan lebih banyak hal yang bakal teman-teman rasakan ketika ikut kegiatan volunter terlepas dari 5 hal yang penulis rangkum. Jika memang ada boleh banget kalian bagi untuk teman-teman yang lain dengan menulis di kolom komentar. Yuk cobain ikut kegiatan volunter walau hanya sekali seumur hidup!

BACA JUGA: Menambah Pengalaman dengan Ikut Pengabdian Masyarakat

Referensi Gambar Header: Jawaban.com