Mengenal Kampus Mengajar, Program Baru Kemdikbud RI

Kemdikbud RI baru saja meluncurkan program Kampus Mengajar. Program ini menghadirkan mahasiswa sebagai pengajar SD, khususnya di daerah 3T


0

Pada Selasa (9/2), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud RI) meluncurkan program kerja baru yang bertajuk Kampus Mengajar. Program yang merupakan bagian dari Kampus Merdeka ini merupakan kegiatan yang diperuntukkan untuk mahasiswa S1 untuk membantu pembelajaran di sekolah, khususnya SD di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar).

Program yang didukung oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) ini bertujuan untuk menghadirkan mahasiswa sebagai bagian dari penguatan pembelajaran literasi dan numerasi. Selain itu, program ini memberikan kesempatan belajar dan mengembangkan diri di luar kelas kuliah bagi mahasiswa.

Tanggal Penting Kampus Mengajar Angkatan 1 Tahun 2021

 Sumber: pixabay.com/geralt
  1. Pendaftaran: 9—21 Februari 2021
  2. Pengumuman Seleksi Tahap I: 26 Februari 2021
  3. Pengumuman Hasil Seleksi Akhir: 12 Maret 2021
  4. Pembekalan: 15—21 Maret 2021
  5. Penugasan: 22 Maret—25 Juni 2021
  6. Penarikan Mahasiswa: 26 Juni 2021

Keuntungan yang Didapatkan

Sumber: pixabay.com/geralt

Kampus Mengajar tidak hanya akan memberikan pengalaman baru bagi mahasiswa di bidang pengabdian masyarakat. Terdapat beberapa insentif yang akan didapatkan dengan mengikuti program tersebut.

Dengan mengikuti kegiatan ini, mahasiswa akan mendapat konversi SKS sebanyak 12 SKS. Mahasiswa juga akan mendapatkan potongan UKT maksimal Rp2.400.000 sebanyak satu kali dan uang saku sebesar Rp700.00/bulan selama program berjalan. Selain itu, mahasiswa juga akan mendapatkan Sertifikat Peserta Program Kampus Mengajar setelah menyelesaikan seluruh kegiatan.

Persyaratan Peserta Kampus Mengajar

Sumber: pixabay.com/tumisu

Kampus Mengajar ini diperuntukkan bagi mahasiswa minimal semester 5 dengan IPK minimal 3.00 dari skala 4. Calon peserta Kampus Mengajar juga bukan merupakan peserta program Kampus Mengajar Perintis 2020.

Calon peserta yang memiliki pengalaman berorganisasi atau pengalaman mengajar akan diutamakan. Hal itu dapat dibuktikan dengan surat rekomendasi, sertifikat, surat keterangan, atau dokumen pendukung lainnya. Selain itu, calon peserta juga mempunyai catatan baik atau tidak bermasalah di perguruan tinggi yang dibuktikan dengan keterangan yang ditandatangi oleh pimpinan perguruan tinggi.

Panduan Pendaftaran Kampus Mengajar

Sumber: https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/kampusmengajar2021

Mahasiswa yang ingin mendaftar sebagai peserta Kampus Mengajar dapat memastikan data diri terlebih dahulu yang sesuai dengan data di laman PDDikti. Setelah itu, mahasiswa dapat menyiapkan surat rekomendasi dari Dekat atau Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan.

Selanjutnya, mahasiswa dapat memastikan data kecamaran, kabupaten, dan provinsi di data diri aplikasi MBKM (Merdeka Belajar-Kampus Merdeka) telah sesuai dengan domisili saat ini. Mahasiswa akan diminta untuk memilih tiga SD yang berada di wilayah domisilinya. Hal tersebut bertujuan untuk mengurai mobilitas di masa pandemi.

Untuk panduan registrasi lebih lanjut, dapat dilihat pada laman resmi Kampus Mengajar Kemdikbud RI.

Persiapan Sebelum Terjun ke Lapangan

Sumber: kampusmerdeka.kemdikbud.go.id

Sebelum ditugaskan untuk mengajar, para peserta akan mendapatkan pembekalan untuk meningkatkan kapasitas mereka. Topik yang akan diberikan pada pembekalan antara lain Pedagogi Sekolah Dasar, Pembelajaran Literasi dan Numerasi, Etika dan Komunikasi, Aplikasi MBKM dan Monev Kampus Mengajar, Profil Pelajar Pancasila, Konsepm Pembelajaran Jarak Jauh: Stratgei Kreatif Belajar Luring dan Daring, Aplikasi Asesmen dalam Pembelajaran, Mahasiswa sebagai Duta Perubahan Perilaku di Masa Pandemi, dan Prinsip Perlindungan Anak (Child Protection).

Semua pembekalan tersebut akan dilaksanakan secara daring.

Bagaimana? Tertarik menjadi peserta Kampus Mengajar? Selain mendapat pengalaman baru, kamu juga bisa mendapat tambahan uang saku, potongan UKT, dan konversi SKS. Worth-it banget, kan?

Untuk informasi selanjutnya, kamu bisa cek informasi dan unduh panduan lengkapnya di laman resmi Kampus Mengajar, ya.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Aniesa Rahmania Pramitha Devi
Language and Writing Enthusiast. Temui saya secara pribadi di aniesapramitha.medium.com. Baca artikel saya lainnya.

0 Comments

Leave a Reply