Ujian SIMAK UI: Menulis essay. Memangnya Seperti Apa Ujian Esai di SIMAK UI?? Sejak tahun 2019, ujian seleksi mandiri UI atau yang biasa disebut dengan SIMAK UI menambah sebuah tes yaitu menulis esai untuk menyaring mahasiswa yang ingin mendaftar ke Universitas Indonesia. Esai yang dibuat oleh peserta menjadi salah satu penilaian bagi pihak UI untuk menilai apakah kamu layak atau tidak menjadi mahasiswa baru UI. Menulis esai sebagai salah satu syarat untuk masuk ke perguruan tinggi negeri di Indonesia memang tidak umum, tapi sebenarnya ujian masuk perguruan tinggi dengan melakukan tes menulis esai sudah banyak dilakukan oleh hampir seluruh universitas di luar negeri khususnya di Amerika Serikat, di sana ujian dengan menulis esai sudah menjadi hal umum dijadikan sebagai unsur penilaian calon mahasiswa tersebut.

Kenapa harus ada esai segala sih? Bukannya tes potensi skolastik dan tes potensi akademik saja sudah cukup?

Tentu tidak teman-teman. Esai sangat berfungsi untuk pihak universitas dalam menyeleksi mahasiswanya, melalui esai ini pihak universitas dapat melihat dan mengukur kemampuan soft skill si calon mahasiswa, dan melalui esai ini pihak universitas dapat melihat pandangan si calon mahasiswa mengenai suatu topik.  Kepala Kantor Humas dan Keterbukaan Informasi Publik Universitas Indonesia Rifelly Dewi Astuti mengatakan “(esai) bisa menggambarkan orang tersebut terhadap toleransi, saling menghormati, begitu”.

Tahun lalu ketika saya ingin mengikuti ujian SIMAK UI, saya cukup kaget karena harus menulis esai dalam ujian ini, dan waktu itu saya belum memiliki gambaran mengenai esai seperti apa yang saya harus buat karena masih sangat sedikit perguruan tinggi yang mengadakan tes ini. Saya juga tidak bisa bertanya pada angkatan sebelumnya karena mereka tidak menjalani tes ini. Saya masih ingat waktu itu saya mengerjakan soal TPA yang berisi soal-soal matematika, IPS dan bahasa inggris terlebih dahulu, kemudian sesi istirahat, dilanjut dengan sesi berikutnya yaitu menulis esai selama 45 menit dan sesi yang terakhir yaitu TPS.

advertisement

BACA JUGA : Setelah Lulus, Coba 5 Tips Mempersiapkan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Ini Selama #DiRumahAja

Bagaimana Ujian Esai di Negara Lain?

Tidak ada yang benar atau salah dalam mengerjakan tes esai, sekali lagi tes ini diperlukan untuk melihat karakteristik, soft skill, dan pandangan si calon mahasiswa. Negara China juga menerapkan sistem menulis esai dalam proses penerimaan mahasiswa barunya, kalau Indonesia memiliki SBMPTN maka China memiliki tes bernama gaokao. Tes yang diujikan gaokao ini termasuk literatur China, matematika, dan foreign language yang kebanyakan bahasa inggris, dan menulis esai. Jika siswa memilih seni liberal sebagai jurusan di sekolah menengah, mereka perlu mengambil tes tambahan yang berkaitan dengan sejarah, politik dan geografi. Sementara itu, jika mereka memilih sains, mereka akan mengikuti tes tambahan fisika, kimia, dan biologi.

Dalam esai ujian gaokao, peserta tes biasanya diberikan dua jenis esai yaitu “besar” (terdiri dari 700-800 kata) dan “kecil” (150 kata). Jawaban kemudian dinilai oleh evaluator. Soal esai dari gaokao terbilang cukup unik misalnya: Bagaimana reaksi Thomas Edison terhadap smartphone? Atau seperti ini “Wadah untuk susu selalu kotak; wadah untuk air mineral selalu botol bundar; botol anggur bundar biasanya ditempatkan dalam kotak persegi. Tulis komposisi filosofi antara bulat dan persegi” Bagaimana? Soalnya sangat unpredictable bukan?

advertisement

Contoh Soal Esai di SIMAK UI

Tapi tenang saja, sepertinya soal esai SIMAK UI tidak akan berbeda jauh seperti soal yang tahun lalu, yaitu  “ada 9 nilai budaya UI, beberapa diantaranya adalah kejujuran, keadilan, dan tanggung jawab, apa yang telah kamu lakukan di masa lalu terhadap nilai tersebut?” Kurang lebih soal tahun lalu seperti ini, saya agak lupa sedikit, intinya tentang apa saja hal yang pernah kamu lakukan di masa lalu dengan 3 nilai tersebut, peserta diberi waktu 45 menit untuk menuliskan esainya di kertas yang terlah disediakan.

Tahun ini mengingat SIMAK UI diadakan online belum ada kepastian apakah menulis esai akan tetap dilakukan, namun tidak ada salahnya untuk kamu belajar cara menulis esai yang baik karena menulis esai akan sering dilakukan jika kamu duduk di bangku kuliah.

BACA JUGA: 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Cari Uang Sambil Kuliah

advertisement

Referensi gambar header: reddit.com



advertisement