Menjaga Keamanan Data Pribadi dari Koneksi Hotspot UI


0

Wifi (Ilustrasi oleh Admin) (cc/flickr/michperu)
Wifi (Ilustrasi oleh Admin) (cc/flickr/michperu)

Bagi kita pengguna facebook-email atau segala hal yang membutuhkan sebuah akun untuk diakses dan menggunakan koneksi internet yang juga digunakan banyak orang seperti warnet atau koneksi internet di kampus atau tempat umum atau hotspot, harap berhati-hati.

Ada sebuah cara hack sebuah akun dengan berbekal software packet sniffer yang sangat mudah di download dan digunakan untuk memantau dan menyimpan paket lalu lintas jaringan, seseorang bisa dengan mudah membobol akun facebook-email dengan memanfaatkan paket data yang tersimpan .

Cara menghindari agar akun facebook-email anda tidak kena hack dengan cara ini adalah dengan berhati-hati saat mengakses facebook-email atau yang lainnya, pastikan hotspot area yang anda gunakan benar-benar aman. Pengguna lain yang berusaha mencuri data dapat menggunakan firefox addon freesheep, yaitu sebuah addon Firefox yang mampu mencuri sesi cookie dari Facebook, Twitter dan account lainnya pada Web 2.0 yang tidak terenkripsi jaringan nirkabel terbuka.

Nah gimana cara mencegah pencurian password dengan firesheep ini?

kamu dapat menggunakan software ForceTLS, download di https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/force-tls/

Selanjutnya, seperti kita ketahui. Di kampus kita ini jam untuk bisa mengakes facebook atau jejaring sosial lainnya dibatasi penggunannya untuk menghemat bandwith.

Tapi semua itu sebenernya masih sangat bisa diakali dengan mengunakan webproxy gratisan seperti FreeSSLProxy.com atau hidemyass.com

Disarankan untuk menghindari cara ini dikarenakan melanggar peraturan yang ada di kampus sendiri dan walaupun yang kita akses adalah webproxy gratisan itu, namun tetaplah server facebook yang kita tuju. Ya karena memang facebook yang kita buka dan data kita tersimpan di mereka (web proxy). Jadi sama saja kita menyerahkan dengan data kita kepada mereka yang tidak jelas dalam mempertangungjawabkannya.

Dari berbagai sumber

Muhammad Robbani

Ilmu Sejarah 2010


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf

One Comment

Leave a Reply