Universitas Indonesia merupakan salah satu kampus paling bergengsi di Indonesia. Kualitas pengajar yang mumpuni ditambah lagi dengan fasilitas yang memadai membuat Universitas Indonesia selalu masuk dalam daftar 5 besar kampus terbaik di Indonesia. Peminatnya pun datang dari mana saja. Mulai dari Sabang Hingga Merauke. Walau dikenal sebagai kampus yang prestisius, UI punya segudang cerita misteri yang menarik untuk ditelusuri.

1. Hantu Gedung Rektorat

Kisah Hantu Gedung Rektorat ini jadi urban legend yang diceritakan turun temurun. Dari rumor yang beredar, hantu ini muncul sejak ada kasus kematian di dekat Rektorat pada zaman dulu. Hantu ini digambarkan sebagai wanita berwajah pucat yang kerap ditemukan mondar-mandir di depan Rektorat UI pada malam hari. Tak hanya itu, ia juga sering menunjukan eksistensinya dengan memeragakan adegan mematahkan lehernya sendiri. Meskipun kebenaran cerita ini masih menjadi misteri, banyak Mahasiswa UI enggan untuk melewati kawasan ini saat malam hari karena takut bertemu Hantu Gedung Rektorat.

2. Ruang Gamelan FIB UI

Sumber: cerpen.co.id

Cerita yang satu ini datang dari Ruang Gamelan, Fakultas Ilmu Budaya UI. Berdasarkan pengakuan penjaga Gedung XIII FIB UI, ia sering melihat sosok perempuan yang memainkan gamelan meskipun kegiatan perkuliahan telah berakhir. Konon, alat musik gamelan di tempat praktik mata kuliah seni karawitan dan wayang ini akan berbunyi sendiri dan memainkan lagu pada waktu tertentu. Tak hanya itu, menjelang malam, wayang yang terdapat di ruangan tersebut akan menatap dan mengawasi lingkungan sekitar. Ih, serem!

advertisement

3. Hantu Bikun UI

Dikisahkan, suatu malam seorang mahasiswa baru menyelesaikan kegiatan di kampus. Karena sudah malam, ia mengira tidak ada bis kuning lagi yang beroperasi. Tak lama berselang, ia melihat satu bis yang lewat dan memutuskan untuk naik bis tersebut. Semua tampak normal, hingga ia melihat jendela dan menemukan seorang tukang ojek menunjuk-nunjuk dirinya. Saat ia turun dari bis, ia bertemu kembali dengan tukang ojek dan mempertanyakan tindakan tukang ojek tadi. Jawaban tukang ojek tersebut sungguh mencengangkan. Ternyata, mahasiswa tadi tidak naik bikun namun digendong oleh pocong! Menakutkan, bukan?

BACA JUGA: Testimoni Bis Kuning Hantu Di Universitas Indonesia

4. Kereta Hantu

Kisah yang satu ini jadi kisah yang paling populer karena sudah beredar sejak tahun 1990. Berlokasi di Stasiun UI, tersiar kabar bahwa seorang mahasiswa pernah menaiki kereta hantu ini secara tidak sengaja. Saat itu, mahasiswa tersebut memutuskan untuk naik kereta di Stasiun UI pada malam hari. Ia langsung memasuki gerbong kereta dan duduk. Sepanjang perjalanan, ia menemukan penumpang di kereta tersebut berpakaian lusuh dan tidak ada yang bersuara.

advertisement

Setibanya di stasiun tujuan, mahasiswa tersebut menyadari bahwa kereta yang ia tumpangi tidak berhenti di stasiun manapun. Ia pun melihat bahwa tidak ada seorang pun yang turun selain dirinya. Merasa heran, ia mendatangi seorang petugas stasiun untuk menanyakan kejadian yang baru ia alami. Jawaban yang diterima pun mencengangkan. Ternyata mahasiswa tesebut tidak menaiki kereta namun berjalan di sepanjang rel kereta api sendirian.

5. Danau UI

Sumber: Twitter @UIgtb

Unversitas Indonesia memiliki enam danau yang gak lepas dari kisah horor. Salah satu kisah horor legendaris berasal dari Danau Kenanga, yang berada tepat di sebelah Balairung UI. Konon, bila kamu melewati Danau Kenanga saat air danau pasang, kamu akan mendengar suara auman harimau dan dan mencium wangi bunga melati secara tiba-tiba. Wah, horror juga ya!

6. Hantu Wisuda UI

Boneka Hantu Wisuda UI

Sosok yang satu ini datang dari momen perayaan besar di UI, yaitu wisuda. Banyak yang mengatakan bahwa sosok ini merupakan salah satu mahasiswa yang meninggal akibat kecelakaan lalu lintas saat akan menghadiri acara wisuda. Konon, mahasiswa tersebut tak rela meninggal sebelum ia wisuda. Oleh karena itu, ia kerap menampakan diri di foto wisuda Mahasiswa UI.

advertisement

Itulah beberapa urban legend yang ada di Kampus UI Depok. Kisah di atas sudah terkenal seantero UI dan bikin pendengarnya bergidik ngeri. Nah, kalo urban legend UI yang pernah kamu dengar apa aja sih? Yuk, tulis di kolom komentar!



advertisement