Halo semua! Apa kabar? Udah hari ke berapa ya kita semua #DiRumahAja? Kangen dong pastinya sama suasana kampus? Sama, aku juga. Di semester-semester terakhir ini, aku justru gak diberi kesempatan buat menghabiskan waktu di lingkungan UI, atau setidaknya merasakan kegiatan sebagai mahasiswa pada umumnya. Padahal, aku sendiri merasa masih banyak banget hal-hal yang belum aku coba selama menjadi mahasiswa UI. Emang ya, penyesalan selalu datang di akhir-akhir.

Terlepas dari itu semua, kali ini aku menceritakan sepenggalan kisah yang menurutku pasti dialamin oleh semua civitas UI. Sebenernya, hal-hal yang aku ceritakan ini pastinya ngeselin sih buat kebanyakan mahasiswa, begitu juga yang aku rasakan. Tapi  ternyata setelah beberapa bulan aku gak ke kampus dan merasakan dinamika perkuliahan biasa, kok jadi kangen ya? Mungkin kamu-kamu semua yang baca juga. Apa aja sih emangnya?

1. Udah nungguin bikun lama, pas mutusin naik ojek, bikunnya muncul.

advertisement

Serius deh, kejadian ini berkali-kali terjadi padaku. Sebenernya bukan karena gak sabaran, tapi waktu itu aku bener-bener udah telat banget harus masuk sesi perkuliah berikutnya. Ditunggu lima menit, loh kok gak dateng-dateng juga. 10 menit… badan mulai gerah karena nungguin di halte bikun tuh panas, gengs. Nunggu lagi sampe tau-tau udah abis 50 menit sendiri dan si bikun pun tidak kunjung menampakkan batang hidungnya.

Yaudah deh, akhirnya aku memutuskan untuk memesan ojek online (meskipun dalam hati agak sayang-sayang gimana gitu karena harus mengeluarkan uang sebesar 10 ribu rupiah dari balairung ke Fakultas Psikologi). Oke skip. Akhirnya 5 menit kemudian saat ojek telag datang dan aku sedang mengenakan helm yang si abang sediakan, terdengar deh tuh deru mesin bikun yang sangat khas bunyinya itu. Hiks. Nyebelin banget deh!

BACA JUGA: Ada Bikun Nyasar di Jalanan, Ada Apa Ya?

advertisement

2. Nunggu ngantri berobat di Klinik Makara, Ett dah… Antriannya gak abis-abis!

Ada suatu masa di mana mahasiswa dari seluruh penjuru fakultas di UI sepertinya terserang masalah kesehatan secara serentak. Biasanya sih menjelang UAS. Mungkin kalian ada yang merasa familiar dengan momen ini. Di mana kalian harus duduk mengantri di ruang tunggu klinik dengan mahasiswa-mahasiswa sakit lainnya.

Biasanya nih ya, terdengar riuh rendah suara batuk dan bersin yang saling sahut-sahutan. Atau pemandangan mahasiswa lainnya yang tergolek lemas menyender di pojokan. Hihihi.. Nah, karena banyaknya pasien yang membutuhkan perawatan, ku sarankan bagi kalian untuk datang sepagi mungkin jika ingin menggunakan fasilitas Klinik Makara. Kalau kalian dateng jam 12an… hmm siap-siap deh kalian pasti baru dapet giliran berobat di sekitar jam 3-an!

advertisement

3. Lupa balikin buku Perpus, dendanya bikin kantong kering!

Siapa yang pernah mengalami hal ini? Pastinya banyak dari kalian yang suka lupa untuk perpanjang buku perpus lewat email.. Tahu-tahu udah lewat 3 bulan! Nah loh.. Kalian pasti langsung panik-panik gimana gitu mengingat denda yang dikenakan dihitung perhari.

Salah satu temen penulis malah ada yang pernah lupa balikin sampe lima semester guys, dan tentunya denda yang dikenakan jumlahnya gak tanggung-tanggung. Untung aja pihak Perpusat  berbaik hati mengizinkan mahasiswa untuk membayar denda dengan cara menyicil. Hihihihi! Coba deh buat kalian yang pernah ngalamin hal ini, tulis komentar kalian dong di bawah, paling banyak kalian kena denda berapa sih?

advertisement

4. Danusan pas WELMAB sambil make jakun, gerah abis!

Nah ini sih anak-anak budak kepanitiaan paham banget rasanya gimana. Keliling balairung sambil menawarkan barang dagangan demi pundi-pundi rupiah? Siapa takut! Momen ini adalah momen yang paling sayang untuk dilewatkan sebagai seorang mahasiswa UI. Meskipun panasnya…. ya tahu sendiri Depok panasnya kayak apa di siang hari, plus make jakun yang bahannya ga keringet friendly gitu deh. Tapi jangan salah! Momen ini tuh sebenernya penting banget buat kita karena pastinya bikin kita flashback lagi ke masa-masa di mana kita menjadi seorang mahasiswa baru. Ada yang kangen?

5. Ngumpulin tugas di SCELE/EMAS pas deadline… Servernya tiba-tiba lemot

Ini sih, aneh serius, Kemarin-kemarin bahkan beberapa jam yang lalu kayaknya scele/emas baik-baik aja. Tapi kenapa ya, bisa pas banget gitu tiap menit-menit terakhir waktu pengumpulan ditutup, mendadak website-website ini ngecrash.. lemot.. ketutup sendiri. Aduh beneran bikin panik! Apa jangan-jangan sengaja kali ya diprogram begini untuk ‘menghukum’ mahasiswa deadliner?

6. SIAK-WAR!!!!

Nah-nah, yang terakhir ini, momen yang paling sering bikin mahasiswa UI darah tinggi. Hari di mana SIAK WAR diadakan adalah hari di mana frekuensi kata-kata kasar yang dikeluarkan dari mulut anak UI melonjak melebihi rata-rata. Menurut kalian nih, apa sih yang bikin kalian paling sebel saat ngelakui SIAK WAR? Apa kah ketika berkali-kali kalian gagal masuk, atau justru saat mendengar teman-teman kalian yang lain sudah bisa tidur siang tenang dan mengambil semua kelas idaman kalian? Komen dong di bawah!

***

Wah guys, ternyata banyak juga ya momen-momen ngeselin yang cuma Anak UI paham rasanya gimana.. Tapi nih, seperti apa yang pepatah bilang, “You never miss the water till the well runs dry”  Yang mana bisa kita artikan dengan suatu saat nanti, akan ada waktunya di mana kita tersadar bahwa momen-momen ngeselin itu, yang dulu selalu kita maki-maki, cemooh, dan keluhkan, diam-diam menyimpan ukiran indah berupa kenangan manis yang baru akan kita rindukan setelah kita lulus nanti. Cieee.. pada sedih ya? Hehehe