Nah, Ini Dia Perbedaan Antara Mahasiswa S1 dan S2

Kali ini, anakUI.com akan bahas tentang mahasiswa S2 di kampus UI yang ‘berasa’ minoritas setelah berdiskusi dengan beberapa mahasiswa S2 setempat.


0
Sering dikira dosen via catatandosen43

 

“Rocker juga manusiaa…”

Ya itu potongan lirik lagu, yang sebenernya bisa menggambarkan sedikit tentang pembahasan kali ini. Kamu, mahasiswa S1 adalah mayoritas di kampus. Di bawah kamu, ya ada dosen dan mahasiswa tingkat S2 dan S3 yang sangat lah minoritas. Kali ini, anakui.com akan bahas tentang mahasiswa S2 di kampus UI yang ‘berasa’ minoritas setelah berdiskusi dengan beberapa mahasiswa S2 setempat.

 

Dikira dosen

Sering dikira dosen viacatatandosen43
Sering dikira dosen via catatandosen43

Seserem dan setua apa pun wajah kamu, kamu tetep aja mahasiswa S1, beda dengan mahasiswa S2. Lawakan zaman S1 yang terlontar untuk temen berwajah boros alias tuwir itu awalnya lucu kalo kamu emang sebenernya masih muda. Lain cerita kalo kamu mahasiswa S2 dan seringkali datang dengan pakaian rapi karena menyesuaikan dengan mahasiswa S2 lain.

BACA JUGA: Informasi Beasiswa Jepang Terbaru S2 & S1 + Tips Mendapatkannya

Alhasil, sebagian mahasiswa S2 sering dikira dosen. Meskipun sebenernya ada mahasiswa S2 yang magang, atau dosen baday –iya, gue pake ‘y’ –yang disangka mahasiswa S2, tapi intinya suka ketuker antara mahasiswa S2 dan dosen, secara pemikiran umum kalau kamu main ke kampus tapi bukan mahasiswa, berarti ya dosen.

 

Nongkrong di kantin tak sama lagi

Nongkrong di kantin tak sama lagi via mozaicofmo
Nongkrong di kantin tak sama lagi via mozaicofmo

Yap, ini bener banget. Karena mahasiswa S2 jumlahnya gak banyak luber bikin sempit, kamu harus paham bahwa mereka jadi minoritas. Tambah parah kalau sebenernya mereka juga pernah S1 di kampus yang sama, dan cita rasa nuansa kantin udah berubah drastis.

BACA JUGA: Mau Daftar Beasiswa S2? Yuk Persiapkan Sejak Sekarang!

Biasanya di setiap ujung kantin ada temen dari jurusan lain bertebaran dan bisa bikin mahasiswa kesana-kemari riang gembira, sekarang harus nongkrong di satu meja aja karena gak kenal yang lain. Berasa minoritas karena kalau ketawa gak bisa sebebas dan seanarkis anak S1 yang memang mayoritas. Beda, deh pokoknya.

 

Gak bisa ikut lomba-lombaan

Gak bisa ikut lomba-lombaan via fahnissa
Gak bisa ikut lomba-lombaan via fahnissa

Beberapa lomba dalam fakultas umumnya punya sarat memiliki status mahasiswa aktif. Which means, sebenernya anak S2 bisa aja ikut lomba, dong. Tapi entah kenapa, jarang atau malah gak ada.

Entah mereka yang sibuk atau merasa terisolasi, atau memang gak mau ikut. Atau malah ada skenario kurang orang, misalnya tanding sepak bola S2 lawan S1, ya S2 gak sebanyak itu orangnya.

 

Temen seangkatan…

Teman angkatan yang terbilang sedikit via catatandosen43
Teman angkatan yang terbilang sedikit via catatandosen43

Gak ada temen seangkatan, maksudnya beda sensasi antara temen seangkatan S2 dan S1. Waktu S1, kamu punya temen seangkatan bisa ampe ratusan. Waktu S2, kamu bisa hafal semua temen S2 dalam waktu sebulan. Lebih sedikit, karena memang jumlahnya dikit.

Dan malah temen seangkatan gak selalu punya umur yang sama atau mirip. Kadang beda jauh, gegara baru dapet kesempatan kuliah S2 setelah 3 tahun lulus S1. Atau malah ada yang udah nikah jadi gak bisa berharap kamu diundang ke nikahan dia karena udah selesai tuh nikahannya.

BACA JUGA: Pernikahan Anak UI

Lucunya, kalau ada mahasiswa S2 yang baru masuk 2015, berarti dia itungannya juga maba, loh. Dia maba 2015, tapi maba S2. Gak sama juga sih sama maba S1. Yaaa… setidaknya gak perlu ikut ospek, so, well.

 

Panitia-panitiaan

Udah gak terlibat lagi jadi panitia-panitiaan via fahnissa
Udah gak terlibat lagi jadi panitia-panitiaan via fahnissa

Pasti ada beberapa mahasiswa S2 yang dulunya aktif sana-sini jadi panitia atau anggota organisasi. Namun ketika S2, gak ada kesempatan. Padahal mungkin kampusnya sama, tapi dia gak bisa ikut organisasi gara-gara ya emang bukan jatahnya dia. Meskipun dia pengin. Yaudahlah. Padahalkan S2 juga mahasiswa?

Nah, gimana, berasa gak buat kamu perbedaan ‘minoritas’ dan ‘mayoritas’ S1 dan S2? Ayo share tulisan ini via Facebook, Twitter dan Line, siapa tau ada anak S2 yang mau jadi donatur acara kamu? #ngarep


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Admin anakUI.com
Semua postingan resmi dari anakUI.com, baik itu pemberitahuan, info, dan lain-lain, hanya diposting dari akun ini. Follow juga twitternya @anakuidotcom dan FB Fanpagenya.

0 Comments

Leave a Reply

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals