Nasib Lulusan UI 2020: Mulai dari Skripsi-an Online Sampe Wisuda Diundur?

Di tahun 2020, banyak hal yang berubah karena adanya pandemi Covid-19. Mulai dari ngga boleh keluar rumah, mesti pake masker, PJJ-an, sampe skripsian online. Ngomong-ngomong tentang skripsi, gimana ya rasanya bikin skripsi online? Bukan rahasia umum lagi kalo ngerjain skripsi itu punya tantangan sendiri dan kerap kali jadi momok di kalangan Mahasiswa. Karena belum pernah nyicipin rasanya skripsi-an, disini aku bakalan ceritain obrolanku dengan kating .


0

Di tahun 2020, banyak hal yang berubah karena adanya pandemi Covid-19. Mulai dari ngga boleh keluar rumah, mesti pake masker, PJJ-an, sampe skripsian online. Ngomong-ngomong tentang skripsi, gimana ya rasanya bikin skripsi online? Bukan rahasia umum lagi kalo ngerjain skripsi itu punya tantangan sendiri dan kerap kali jadi momok di kalangan Mahasiswa. Karena belum pernah nyicipin rasanya skripsi-an, disini aku bakalan ceritain obrolanku dengan kating.

1. Gimana sih caranya bikin skripsi online?

 Sumber : mojok.co

Tahapan bikin skripsi yang cukup panjang bikin sebagian mahasiswa jadi stres pas ngerjainnya. Sebelum mulai bikin skripsi mesti nentuin topik yang mau diangkat berdasarkan peminatan yang dipilih. Di beberapa fakultas ada yang menetapkan sistem rebutan dengan membuat kuota di setiap peminatan. Pemilihan topik penting banget karena menentukan area keilmuan yang akan diteliti plus milih dosen pembimbing yang sesuai.

Dapet dosen pembimbing (dosbing) yang caring tuh rejeki tersendiri buat Mahasiswa. Nah abis dapet dosen pembimbing barulah kita fiksasi judul bersama dosbing berdasarkan topik yang udah dibuat. Kalau udah nemu judul yang tepat, tugas selanjutnya yaitu mengembangkan jadi proposal untuk dapat ijin bikin skripsi. Setelah rampung bikin proposal, Mahasiswa perlu di sempro (seminar proposal) dulu sebelum bikin skripsi. Sempro ini biasanya dihadiri sama dosen pembimbing dan penguji. Saat sempro, temen kamu boleh ikutan hadir untuk mendukung dan jadi oponen. Nah, abis sempro baru deh bisa bikin skripsi yang dikembangkan dari proposal yang udah dibuat.

Saat membuat skripsi online, banyak suka duka yang dirasakan sama kating angkatan 2016. Kalau susahnya itu mencari data secara online karena tidak semudah yang dibayangkan. Beberapa data ada yang membutuhkan sampel langsung, akan tetapi karena tidak memungkinkan jadi penelitian yang akan dilakukan untuk membuat skripsi harus diubah.

Terus juga, kalau kuisioner online tuh ga bisa satu waktu kelar mesti nunggu dulu kan ga semua bisa online bersamaan. Kalau kata kating, yang enak dari nyari data online itu ga boros kertas kuisioner, haha. Bener juga sih, terus kalo revisi kan juga ga mesti print berkali-kali jadi paperless banget. Oh ya, buat nyebar kuesioner online nih harus butuh jaringan social media yang super haha, ada untungnya juga punya banyak followers atau teman di social media.

Bikin skripsi biasa aja udah punya tantangan sendiri apalagi kalo online gini kadang ada yang suka merasa sendiri dan takut ketinggalan sama yang lain. Hal ini bisa nambah stres kalau ga punya support system yang baik. Selain itu, bikin skripsi online juga bisa nambah males karena ga liat yang lain ngerjain atau bareng-bareng ngerjain di kampus. Ini bisa dirasain banget apalagi kalo selama ini suka ambis karena kebawa temen bukan dari motivasi sendiri. Stres di saat bikin skripsi emang udah hal lumrah dan bukan rahasia umum lagi, kadang kala penat, nge-stuck dan nggak tau harus nulis apalagi. Nah, kalo katingku ini ngatasinnya dengan berhenti sejenak dan istirahat. Biasanya juga melakukan koping yang disuka seperti ngobrol sama keluarga.

2. Abis skripsi, Sidang online ngapain aja ya?

Sumber: inibaru.id

Nah, setelah proses panjang nan melelahkan pas bikin skripsi kelar, saatnya hari penentuan untuk lulus apalagi kalo bukan di sidang. Karena skripsinya online, sidangnya juga bisa online dong. Gimana ya tuh sidang online? Ya, pada dasarnya mekanisme nya biasa aja kayak sidang offline. Sidang online nih pake video call sama penguji dan ditanyain tentang skripsi yang udah dibuat jadi ketahuan sejauh mana Mahasiswa tau dengan apa yang dibuat dalam skripsi tersebut.

Buat yang menjalani skripsi online, harus perhatikan hal-hal penting ya jangan kayak orang-orang yang kayak gini di sidang online hihi. Pastikan jaringan internet stabil, kondisikan ruangan yang nyaman dan ga berisik, walaupun online tetap pakai baju yang sopan ya dari atas sampe bawah ahaha.

Selamat buat kaka- kaka yang sudah berhasil menempuh sidang online, kalian hebat!

3. Angkatan 2016 Wisudanya online juga atau diundur?

Sumber: edukasi.kompas.com

Wisudawan angkatan 2016 yang udah berjuang menyelesaikan studi dengan drama skripsi dan sidang online rupanya juga mesti melalui problematika lagi untuk wisuda. Mereka tidak ingin menjalani wisuda online atau wisuda LDR. Hal ini mereka nilai karena sedih ga dapet feel dan euforianya. Jadi, mereka lebih milih buat wisuda nya diundur sampai tahun depan pas semuanya udah lebih membaik dan pandemi berakhir, amiin. Akan tetapi, status kelulusan mereka tetap bisa digunakan untuk melamar kerja kok. Hal ini karena wisuda tahun depan hanya ceremony kelulusan aja.

Kalau aku jadi mereka aku juga bakalan mikir gitu sih, ga enak banget pasti wisuda online apalagi itu kan momen-momen terakhir ketemu temen-temen sebelum kerja.

Yap! Itu dulu deh cerita tentang drama angkatan 2016 dari skripsian online, sidang online, sampe wisuda diundur. Tahun depan giliran angkatan 2017, which is angkatan aku wkwkwk. Mesti banyak belajar sih dari pengalaman kaka-kaka soal tips-tips bikin skripsi yang bisa bikin cepet lulus ahaha. Ya semoga aja ngga bakalan ada drama online kayak gini, dan lantjar djaya bikin skripsi dan lulus nya. Amiin.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Aisyah Syarofina
Hai! It's me, Aisyah. For get to know me better, hit me on LINE: aisyarofina IG: aissyarofina or visit my website: aisyarofina.wixsite.com/website

0 Comments

Leave a Reply