Akhir-akhir ini kita sering bertanya-tanya tentang pembangunan gedung apa yang sedang dilakukan kampus di sebelah Masjid Ukhuwah Islamiyah (MUI). Rencananya juga, kantin MUI yang sudah digusur itu bakal diberi ruang di sebelah gedung itu guys. Nah, anyway itu gedung apa sih?

Saat ini dan dari masa ke masa memang kampus makara selalu memberikan pembaharuan, mulai dari pengadaan barang, fasilitas, sistem, gedung, dan lain sebagainya, untuk memenuhi semua kebutuhan keluarga besar UI sebagai institusi terbaik di Indonesia saat ini. Tak terkecuali pembangunan Art and Culture Centre (Gedung Seni Budaya) UI. Pembangunan Gedung Seni Budaya itu dilakukan agar para mahasiswa dan masyarakat umum bisa terfasilitasi ruang publik yang dapat dijadikan pusat seni Indonesia. Jadi, gedung itu kemungkinan nggak cuma dibangun untuk kegiatan mahasiswa aja, tapi juga bisa disewa sama masyarakat umum.

Art and Culture Centre itu sudah dianggarkan Unit Layanan Pengadaan (ULP) Universitas Indonesia tahun 2015 lalu. Pengadaan rekontruksi bangunan itu dilaksanakan melalui proses Pelelangan Umum dengan pascakualifikasi untuk paket pengadaan pengerjaannya secara elektronik. Proses pelelangan yang diadakan LPSE UI itu dihelat selama kurun waktu hanya sembilan hari, yaitu pada 3-12 Agustus 2015. Meski terbilang cepat, jumlah pendaftar yang mengikutsertakan tender pembangunan gedung itu mencapai 38 perusahaan kontraktor.

Dari 38 perusahaan, LPSE UI menemukan dua perusahaan yang memenuhi standar kualifikasi yang diinginkan, yakni PT Lingkar Persada dengan penawaran anggaran Rp 22,5 miliar, dan PT Intraco Lestari sebesar Rp 23,5 miliar. Setelah melalui hasil evaluasi, PT Intraco Lestari memenangkan tender dengan anggaran hasil negosiasi sebesar Rp 23.862.750.000. Anggaran yang cukup fantastis, bukan? Btw, dari mana anggarannya sebesar itu bermuara?

Sumber pendanaan pembangunan rekontruksi Gedung Seni Budaya itu berasal dari Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) UI. Yap, anggaran itu menyedot APBN 2015 yang diberikan Kemenristek Dikti kepada UI.

 

advertisement

BACA JUGA: Transparansi Informasi Pembangunan UI: Kunci Menuju Lingkungan Sehat

 

Pengadaan Gedung Art and Culture di kampus kita tercinta ini ditujukan agar segala aktifitas yang bersifat kesenian dan kebudayaan bisa dilaksanakan dengan baik dan lancar tanpa harus bingung lagi meminjam ruangan atau gedung-gedung yang ada di UI lainnya. Ya meski kemungkinan tidak semua kegiatan tertampung di dalamnya, namun kegunaan gedung itu juga dapat mempengaruhi standar kualitas UI agar tetap terjaga, sebagai salah satu Perguruan Tinggi terbaik yang berusaha mengembangkan berbagai fasilitas di berbagai bidang. Kayaknya, bakal jadi rebutan setiap fakultas nih buat ngisi jadwal kegiatan di gedung itu.

Kayak gini nih penampakan dari luarnya. Ada yang pernah masuk ke dalem?

Nah, di gedung itu juga nanti bakal dijadikan tempat untuk pameran, pagelaran musik, teater, dan berbagai kegunaan lain yang berhubungan dengan kesenian dan kebudayaan. Dengan demikian, diharapkan UI menjadi institusi yang memiliki fasilitas-fasilitas skala dunia, seperti Gedung Perpustakaan yang menjadi salah satu perpustakaan terbesar di ASEAN, dengan memakan anggaran sebesar 110 miliar pada 2009 lalu.

Adanya pembangunan demi pembangunan yang terus dilakukan kampus makara, hendaknya juga disikapi dengan seimbang oleh pihak rektorat. Sebab, kampus “Veritas, Probitas, Iustitia” ini terkenal sebagai Green Campus yang memiliki ruang terbuka hijau yang luas dan terbesar di Indonesia dan Asia. Dengan luas wilayah mencapai 320 hektar, kampus yang menerapkan prinsip go green ini juga menjadikan 75% lahannya sebagai ruang terbuka hijau. Kenyataan itulah yang wajib dipertimbangan pihak kampus agar tetap menjaga ruang terbuka hijau dibalik pendirian-pendirian gedung anyar.

 

advertisement

BACA JUGA: Emangnya MUI Udah nggak Punya Kantin ya?

 

Nah, buat kamu yang suka nyeni atau suka berbudaya, ditunggu ya gedung barunya. Semoga dengan penambahan fasilitas anyar itu, kita semua bisa memaksimalkan potensi kita di bidang seni dan budaya! Ayo share artikel ini, supaya temen-temen kamu tau kalo UI bakalan punya Art and Culture Centre, nggak kalah sama Gedung Kesenian Jakarta!



[reaction_buttons]