Open Recruitment MWA UI-UM


0

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Salam sejahtera semoga selalu tercurah bagi kita semua …
Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala kasih sayang dan nikmat-Nya kepada kita hingga hari ini. Terlebih karena sejak titik yang sekarang ini kita pijak, kita akan terus dikuatkan untuk bergerak bersama dalam sebuah upaya besar bagi kebangkitan bangsa. Puji syukur juga patut kita panjatkan karena pada akhirnya kita semua dipertemukan melalui MWA-UMedia. Media yang kedepannya akan menjadi sarana komunikasi dan forum laporan bulanan kegiatan MWA UM kepada rekan-rekan stakeholders-nya, mahasiswa.

Teman-teman, tulisan kali ini merupakan awalan bagi banyak hal dalam kepengurusan MWA UM kali ini. Kepengurusan? Ya, kepengurusan. Sebuah pilihan yang mungkin akan akan membuat sebagian orang bertanya-tanya terhadap keputusan ini. Bertanya-tanya karena sebelumnya tidak ada kepengurusan, bertanya-tanya karena untuk apa ada kepengurusan, dan lain sebagainya. Well, harus diakui ini adalah hal baru. Namun ini sesungguhnya hanyalah hal ‘kecil’ untuk pekerjaan besar. Kalau teman-teman membaca LPJ MWA UM 2007 (dapat diakses di www.alwaysthink.multiply.com), teman-teman akan melihat betapa banyaknya tugas yang harus diemban baik pada terkait tugas ke-MWA-an maupun tugas pengakaran (forum laporan rutin dan jaring aspirasi) kepada seluruh mahasiswa UI.

Terkait tugas ke-MWA-an, poin ini menjadi perhatian dikarenakan begitu banyaknya hal yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan kepentingan mahasiswa. Faktanya, Salman dan nantinya saya terlibat langsung pada 2 gugus tugas dari 3 gugus tugas yang ada di MWA, yaitu Gugus Tugas 1 (Tata Kelola) dan Gugus Tugas 3 (Hukum dan Kelembagaan).

Pada Gugus Tugas 1 (Tata Kelola), gugus tugas ini akan menjadi garda terdepan dalam seluruh proses kerjasama memperbaiki UI dalam hal tata kelola UI dan evaluasi tahunan kinerja pimpinan universitas. Untuk evaluasi tahun 2008, PUSGERAK BEM UI 2008 beberapa waktu yang lalu mencoba berperan serta untuk menyertakan mahasiswa dalam proses ini dengan melakukan polling kepuasan terhadap kinerja rektor yang hasilnya dapat dilihat pada buletin ini juga. Sementara itu, pada tahun ini Gugus Tugas 3 (Hukum dan Kelembagaan) akan berkonsentrasi dalam upaya pembuatan AD UI sebagai tata aturan turunan kelembagaan UI pasca disahkannya UU BHP. Inilah salah satu poin penting yang membutuhkan perhatian dan dukungan yg besar dari semua pihak. Kedepannya, akan dirumuskan suatu AD UI yang akan menjadi landasan kelembagaan UI sebagai sebuah PT-BHP. Lebih jauh mengenai hal ini akan dijelaskan di tulisan mengenai agenda yang sudah dan akan dilaksanakan.

Sementara itu, tugas pengakaran MWA UM juga menjadi poin penting karena hal ini merupakan forum pertanggungjawaban publik MWA UM dan sarana membangun kekuatan kita bersama. Sebagaimana jargon saya pada masa kampanye kemarin, “Together we’ll be great”, akan berat bagi saya jika hanya bergerak sendiri. Oleh karena itu, kerjasama semua pihak termasuk mahasiswa secara umum dan lembaga-lembaga formal kemahasiswaan merupakan poin penting dalam gerakan bersama mewujudkan kepentingan kita ini. Nantinya, poin pengakaran akan diimplementasikan diantaranya dengan pembangunan institusi MWA UM dan komunikasi dan pelaporan yang intensif kepada mahasiswa. Oleh karena itu, yang akan dilakukan di awal adalah bagaimana membumikan hal ini ke mahasiswa melalui sistem yang kuat dan akan bertahan sampai periode-periode setelahnya. Dalam proses inilah aspirasi akan diserap dan kemudian dirumuskan dalam poin-poin yang akan diserukan melalui MWA.

Oleh karena itu, dalam struktur organisasi MWA UI Unsur Mahasiswa Periode 2009 ini, saya merumuskan terdapat 4 departemen dan biro yang kedepannya akan menjadi lokomotif penggerak upaya kita dalam kontribusi membangun UI dan bangsa: Departemen Kajian Kebijakan Publik UI yang akan membahas kebijakan publik UI baik publik internal (mahasiswa) maupun publik eksternal (dalam upaya pencerdasan kehidupan berbangsa) dengan ketua departemen Aji Agung N, mahasiswa FH angkatan 2006; Departemen Kajian Keuangan UI yang akan memberi rekomendasi sikap kepada saya terkait kebijakan keuangan UI, upaya mendorong keuangan UI yang akuntabel dan transparan, dan isu-isu keuangan yang berkaitan dengan mahasiswa dengan ketua departemen Cicha, mahasiswa FE angkatan 2006; Biro Humas dan Media sebagai gerbong terdepan upaya pengakaran dengan kabiro Wulan R., mahasiswa FISIP angkatan 2005; dan Biro Kestari yang kebendaharaan juga terdapat di dalam biro yang satu ini dengan kabiro Halimah, mahasiswa FKM angkatan 2007 dan bendahara Puput, mahasiswa FE angkatan 2007. selain itu saya akan dibantu oleh dua orang sekjen yaitu Amiruddin, mahasiswa FKM angkatan 2005 dan Geradi Y., mahasiswa FISIP angkatan 2005.

Soal timeline kerja, awalnya saya memprediksi baru akan dapat memasuki rapat paling cepat pada buan Maret dikarenakan begitu lama dan panjangnya proses terbitnya SK MENDIKNAS terkait pengangkatan saya. Namun Alhamdulillah-nya, berkat kebaikan Bapak-Ibu anggota MWA Unsur SAU dan Ketua MWA UI, saya sudah dapat mengikuti Rapat Paripurna MWA pada tanggal 25 Februari 2009 walaupun SK Mendiknas terkait pengangkatan saya sebagai MWA UM belum keluar. Sehingga kemudian, pasca ini kami sudah harus mulai tancap gas penuh dalam mengemban amanah ini.

Selain itu, pasca tulisan ini, proses open recruitment kepengurusan MWA UM akan dimulai. Saya sangat berharap partisipasi yang tinggi dalam kepengurusan MWA UM kali ini demi efektifitas kerja dan pengakaran yang lebih massif. Selain itu, di sini saya juga meminta izin dan dukungannya agar diperbolehkan menggunakan dana DKFM untuk kegiatan kepengurusan MWA UM kali ini.

Sebelum menutup tulisan kali ini, saya dan segenap kepengurusan MWA UM 2009 mewakili seluruh mahasiswa UI turut mendoakan kesembuhan Bapak Fauzi Asran, MWA Unsur Karyawan, yang beberapa waktu lalu terbaring sakit di rumah sakit. Alhamdulillah operasi yang dijalani oleh beliau berjalan dengan baik sehingga saat ini telah dapat beraktifitas kembali walaupun masih dalam tahap penyembuhan. Semoga beliau lekas sembuh sehingga dapat beraktifitas kembali. Amin.

Terakhir, saya ingin mengucapkan ‘selamat pagi’ kepada rekan-rekan semua. Bagi RAN, “selamat pagi” merefleksikan kesiapan mereka menjalani hari. Bagi kami, kepengurusan MWA UM 2009, “selamat pagi” merefleksikan kami siap mengemban amanah satu tahun ke depan. Mari dukung kami dalam kerja besar ini untuk satu tahun ke depan.
Hidup mahasiswa!!!
Hidup rakyat Indonesia!!!

Open Recruitment MWA UI-UM


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
escool

0 Comments

Leave a Reply