Keberlangsungan dan perkembangan suatu organisasi di masa depan turut ditentukan oleh kualitas proses regenerasi anggotanya, yang meliputi proses rekrutmen, pendidikan & pelatihan, induksi, sampai pada tahap seleksi anggota baru. Mapala UI sebagai organisasi kemahasiswaan yang telah berusia lebih dari 50 tahun secara berkala melakukan proses regenerasi dalam rangka menjawab kebutuhan organisasi yang terus berkembang seiring dengan kondisi lingkungan yang dinamis.

Mapala UI, melalui Badan Pengurus Mapala UI 2015, membentuk Badan Khusus Pelantikan (BKP) Mapala UI 2015. Sebuah badan khusus yang bertanggung jawab untuk menyelenggarakan perekrutan anggota baru yang di dalamnya terdiri dari proses penerimaan, pendidikan, serta penyeleksian. Mapala UI menunjuk Satria Ramadhan (M-877-UI) sebagai ketua BKP Mapala UI 2015.

Proses BKP Mapala UI dimulai dari proses pendaftaran calon anggota. Pendaftaran anggota baru Mapala UI dimulai dari tanggal 9 Pebruari 2015 sampai 20 Pebruari 2015. Pendaftaran dilakukan dengan mengisi formulir pendaftaran yang bisa diambil di Sekretariat Mapala UI Gd. Pusgiwa Lt.1 serta di stand-stand pendaftaran BKP Mapala UI 2015.

Kegiatan BKP Mapala UI 2015 terdiri dari tiga tahap dan proses pelantikan. Rangkaian kegiatan tersebut akan berlangsung selama enam bulan dari bulan Maret hingga September.

Di tahap pertama calon anggota akan diberikan pengetahuan dan dilatih kemampuan untuk bergiat di alam bebas. Materi bergiat di alam bebas yang diajarkan di tahap 1 ini meliputi persiapan perjalanan, packing, navigasi, komunikasi, medis, tali temali, dan search and rescue. Selain itu calon anggota juga akan dilatih untuk membuat dokumentasi perjalanan baik berupa tulisan, foto, maupun video. Pada tahap ini, penyampaian materi bergiat di alam bebas kepada calon anggota dilakukan melalui materi kelas dan perjalanan pendek yang dilakukan sebanyak empat kali dalam rentang dua bulan.

Tahap kedua adalah pengenalan terhadap skill berorganisasi. Dalam tahap ini calon anggota akan diperkenalkan dengan organisasi Mapala UI lebih mendalam melalui program magang di Badan Pengurus Mapala UI. Selain itu, calon anggota juga akan diberikan kesempatan untuk terlibat menjadi panitia di acara tahunan Mapala UI, yaitu Mapala UI Half Marathon: Runforiver.

advertisement

Tahap ketiga adalah pengaplikasian kedua skill yang telah didapatkan pada tahap sebelumnya melalui rangkain perjalanan panjang yang akan dijalani oleh calon anggota. Pada tahap ini, calon anggota akan diberikan kesempatan untuk merancang sebuah perjalanan panjang ke satu taman nasional yang sudah ditentukan.

Melalui proses BKP ini, diharapkan calon anggota yang akan dilantik nantinya memiliki kemampuan dasar bergiat di alam bebas, kemampuan dokumentasi yang baik, serta kemampuan berorganisasi yang baik sehingga membuat Mapala UI menjadi organisasi yang lebih baik dengan pencapaian-pencapaiannya.

BKP 2015: BUKU, PESTA, DAN CINTA

Salam,
Humas Mapala UI

BKP Mapala UI 2015 : Buku, Pesta, dan Cinta

Open Recruitment Mapala UI. BKP Mapala UI 2015 : Buku, Pesta, dan Cinta!



advertisement