Orkes Batuk di Masjid Ukhuwah Islamiyah


0

Uhuk!, uhuk!, ehem ehem, uhuk, gruk gruk gruk, uhuk!

Suara suara itu yang kerapa kali mengganggu saya atau mungkin para insan yang sedang melakukan shalat jemaah di Masjid Ukhuwah Islamiyah. Semenjak saya datang dan menjadi Mahasiswa Baru UI, saya masih terheran heran dengan fenomena suara Orkestra yang tak lazim ini pada saat shalat berjamaah.

Suara suara batuk pada saat Shalat berjamaah terdengar sangat keras dan banyak sekali. Padahal beberapa saat sebelumnya saat saya berada di Balairung, saya tidak mendengar sama sekali suara MaBa yang batuk. Tetapi pada saat takbir dari sang imam dikumandangkan. Orkestra batuk ini mulai begitu saja walau tanpa aba aba dari pak Dibyo… hahaha

Fenomena batuk ini tidak bisa saya jelaskan secara biologis, apalagi secara mistis. Apa mungkin suara suara itu muncul dari MaBa yang kelelahan dan sakit, atau memang sudah menjadi kebiasaan mereka untuk batuk dalam shalat? Alhamdulillah di SMA tempat saya mengenyam bangku sekolah sayaย  tidakย  menemukan orkestra jenis baru ini sebelumnya. Maka dari itu saya merasa aneh sekali dengan fenomena ini.

Memang tidak ada salahnya untuk batuk. Dan setiap manusia saya rasa pernah batuk dalam hidupnya. Tetapi alangkah baiknya kita untuk menahan hasrat untuk melakukan batuk, terutama saat sedang shalat berjamaah. Karena saat shalat kita dituntut untuk khusyu agar tercapai kesempuranaan dalam sahalat berjamaah. Tetapi mungkin saja batuk itu menjadi isyarat kepada sang imam karena shalatnya yang terlalu lama. tapi tidak perlu membuat orkestra bukan? Lagipula sangat tidak etis untuk batuk karena ingin mengingatkan sang imam “Uhuk , ehm ehm… (Hoi, shalatnya kok lama betul sih!?)”….

Mungkin ada cara yang cukup efektif untuk menyadarkan ma’mum untuk menahan batuknya. Sala satunya dengan cara pemberitahuan dari sang imam.

“Tolong dirapatkan shafnya, jari bertemu jari &bahu bertemu bahu. Dan dimhon kepada jamaah untuk menahan batuknya pada saat shalat berlangsung”

Saya disini tidak ingin menyalahkan MaBa (Mahasiswa Baru) ataupun Manor (Mahasiswa Senior). Tapi yang saya harapakan setelah moderator mempublish tulisan ini sebagian ataupun seluruh warga UI sadar dan kita sama sama turut mengkoreksi diri sendiri dan mengajak orang lain dalam kebaikan. Apalagi sebentar lagi kita akan melaksanakan Shalat Tharawih di bulan Ramadhan.

Minal Aidzin wal fa idzin. mohon maaf lahir dan batin
Selamat menunaikan Ibadah Puasa ๐Ÿ™‚


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
ridwanhr

Mahasiswa UI. Menurut lo? :p

7 Comments

Leave a Reply

  1. Maaf sebelumnya jika Anda tersinggung jika Anda terganggu dengan suasana tersebut. Memang tak adil jika satu masalah hanya idlihat dari satu sudut pandang. Saya sih tidak mendoakan secara langsung agar Anda dapat merasakan bagaimana menjadi “sang pembatuk” di dalam jama’ah. Tak mudah lo. Di kampung, saya merasa wajar kok. Malah karena terbiasa itu, ku malah seperti tidak mendengar orkestra yang Anda maksud itu. Jadi, mohon bukan hanya menyalahkan para pembatuk itu, akan tetapi juga seyogyanya didoakan agar mereka (para pembatuk itu) cepat segera sembuh, sehingga mereka dapat melaksanakan ibadah berjama’ah secara lancar dan sehat wal afiat. Amin. Oia, terima kasih atas suara Anda dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak berkenan.

  2. terimakasih mas ibnu azim atas komentarnya. menurut saya memang dalam jamaah batuk itu wajar. Tetapi yang saya permasalahkan itu ketidakwajaran batuk nya itu yang seperti dibuat buat. mengapa prosentase jamaah yang batuk sangat banyak sekali? sedangkan ketika sebelum shalat saya tidak mendengar sama sekali suara batuk. ini yang membuat saya bertanya tanya hingga saya menulis artikel ini. maaf kalau mungkin ada salah satu mahasiswa yang tersinggung atas artikel ini sebelumnya. terimakasih ๐Ÿ™‚

  3. kalo nggak salah, dulu saya pernah baca hasil penelitian kaya gini:

    nguap itu nular.. kalo ngeliat orang nguap, beberapa detik kemudian bakal nguap juga, meskipun rasanya nggak ngantuk…

    terus kayanya hal yang sama berlaku buat ketawa dan batuk!

    CMIIW ya.. ๐Ÿ™‚

  4. bagus juga kalo sebelum solat di kasih tau supaya bisa ga batuk2. memang ini problem yang ga disadari semua orang, perlu perubahan dan perbaikan dari masing2 pribadi.

    hilangkan sejenak pikiran tentang urusan dunia dan khusyuk lah dalam solat. kita sedang menghadap Tuhan semesta alam. bersikap sepantasnya.

    Ok

  5. lo tanya atu2 noh yg batuk….maen prejudice aje…

    mentang2 opini tapi ga tanggung jawab ama asumsilo…lo udah tau belom knp mreka pada batuk?trus lo tau siapa YANG PERTAMA BATUK dan akhirnya jadi sebuah “orkestra batuk”??

    ga panteslo curiga org2 batuk sebagai bentuk isyarat imam jgn lama2 solatnya…

    suudzon aje, heran gw ama org SHOLEH…