Kolaborasi OSUI Mahawaditra dan PSM Paragita dalam Konser Dekapan Asa Untuk Nusantara

artikel ditulis oleh: Rafika Primadesti – FE Internasional 2009

Pada tanggal 27 November 2010 lalu, Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki dipadati oleh ratusan penikmat musik yang datang dari berbagai penjuru Jakarta. Tujuan para pengunjung tersebut satu: menyaksikan penampilan Orkes Simfoni Universitas Indonesia dan para bintang tamu serta pendukung acara lainnya dalam Dekapan Asa Untuk Nusantara (DAUN), salah satu konser terbesar OSUI Mahawaditra di tahun 2010 yang bertajuk penghargaan bagi pahlawan tanah air.

advertisement

DAUN merupakan konser yang diselenggarakan OSUI Mahawaditra dalam memperingati Hari Pahlawan dan dirgahayunya yang ke-27. Bertindak sebagai konduktor pada konser ini ialah Muhammad Dhany Iskandar, music director dan konduktor OSUI Mahawaditra saat ini. Pada konser tersebut turut tampil empat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Indonesia (UI) selain OSUI Mahawaditra, yaitu Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Paragita, Liga Tari Krida Budaya, Teater UI, dan Menwa Wira Makara. Selain melibatkan berbagai UKM, OSUI Mahawaditra juga berkolaborasi dengan lima orang bintang tamu yang merupakan seniman-seniman terkemuka tanah air, yaitu Singgih Sanjaya, Aning Katamsi, Eric Awuy, Pharel J. J. Silaban, dan penyanyi jazz cilik berbakat Lana Nitibaskara.

Pada pukul 20.00 WIB, konser dibuka oleh kumandang lagu kebangsaan Indonesia Raya gubahan Wage Rudolf Supratman, yang merupakan repertoar pertama yang ditampilkan oleh OSUI Mahawaditra. Kemegahan musik berciri khas Sumatera dalam komposisi Senandung Sumatera gubahan sang konduktor Muhammad Dhany Iskandar pun mengalun setelahnya, disusul oleh keindahan suara Pharel J. J. Silaban dalam lagu Selendang Sutera gubahan Ismail Marzuki. Setelah itu, ditampilkan pula berbagai lagu nasional dan perjuangan Indonesia terkenal lainnya, seperti Bagimu Neg’RI gubahan Kusbini, Berkibarlah Benderaku gubahan Ibu Sud, Simfoni Raya gubahan Guruh Soekarnoputra, dan masih banyak lagi. Pada sesi kedua konser, juga ditampilkan Kidung Mahardika, komposisi gubahan Singgih Sanjaya (yang menjadi guest conductor ketika komposisi tersebut dibawakan) yang juga menampilkan solo piano oleh Raden Leonard Reza Saputra, pianis yang juga merupakan anggota dari OSUI Mahawaditra.

Setelah konser berakhir, OSUI Mahawaditra memberikan tanda terimakasih kepada para bintang tamu. Selain itu, OSUI Mahawaditra juga menganugerahi para veteran yang belum mendapatkan gelar pahlawan tanda jasa pahlawan.

advertisement

Presiden baru OSUI Mahawaditra merangkap pemain cello Rifky Ferdiansyah merasa bermain di konser yang begitu besar seperti DAUN sangat menantang. “Saya merasa tertantang oleh format konser yang besar, dimana ada kolaborasi berbagai macam UKM seperti padus (PSM Paragita–red), teater, dan litar (Liga Tari Krida Budaya–red). Dengan memainkan lagu-lagu perjuangan dan daerah di konser itu, rasa nasionalisme saya pun semakin tumbuh,” tutur mahasiswa Fakultas Teknik yang telah menjadi anggota OSUI Mahawaditra sejak tahun 2009 ini.

Pemain biola Adisti Hasanah pun tidak menyangkal. “Perasaan saya bermain di konser ini senang, bangga… pokoknya tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata,” ungkap mahasiswi Fakultas MIPA jurusan Farmasi yang juga bermain biola di grup musik Debu itu.

OSUI Mahawaditra merupakan UKM UI yang didirikan pada tanggal 11 Juni 1983, bersamaan dengan terjadinya peristiwa gerhana matahari total. Nama “Mahawaditra” berasal dari Bahasa Sansekerta “Maha” yang berarti agung dan “Waditra” yang berarti suara. “Mahawaditra” pun memiliki arti suara yang agung. Nama tersebut diusulkan oleh alm. Prof. Dr. Nugroho Nososusanto, rektor UI pada tahun berdirinya orkestra tersebut. Adapun Pembina OSUI Mahawaditra saat ini ialah Prof.Dr.Ir.Budi Susilo Soepandji.

advertisement

Di tahun 2011 ini, OSUI Mahawaditra akan kembali bermain di berbagai event yang digelar universitas, seperti wisuda awal tahun, dan menggelar berbagai konser di dalam maupun luar kampus, seperti Musikampus. Musikampus merupakan konser tahunan yang diselenggarakan khusus untuk mahasiswa-mahasiswi UI; jangan sampai kelewatan, ya!

Jakarta, 2 Januari 2011

Galeri Foto

advertisement