Udah kodratnya buat mereka yang butuh waktu selalu merasa kekurangan dan mereka yang merasa kelebihan waktu belum tau harus ngapain. Buat mahasiswa, dilematis adalah liburan semester karena waktu sebanyak itu mau dipake buat apa? Kalo yang jelas juntrungannya kaya ikut les atau magang atau bahkan bisnis ya liburan itu menyenangkan karena mereka tau harus apa. Kalo yang enggak tau harus apa, gimana? Belajar dari game, kamu sebenernya bisa bikin list of achievements dan menuntaskan itu misi selama liburan semester. Di bawah ini ada beberapa usul.

Grow a Full Beard

Grow a Full Beard. (Sumber:)

Grow a Full Beard. (Sumber:Photo Credit: hopeless128 via Compfight cc)

New semester, new look itu seru. Tantangan sendiri untuk kamu nemuin gaya yang paling cocok, dan efek sampingnya adalah suatu hari ketika kamu udah tua kamu bisa tau sebuah foto itu diambil waktu semester berapa hanya dengan melihat penampilan kamu. Buat cewek, ganti gaya rambut dan upgrade wardrobe udah yang paling bener. Buat cowok, gondrongin rambut udah wajar.

Yang bisa mengubah penampilan kamu supaya lebih keren adalah numbuhin jenggot. No, not soulpatch, not goatee, not moustache, not stubble. I’m talking about going full beard. Biar sangar dan macho, dan kamu bisa potong dan ‘modif’ itu full beard sesuai keinginan nantinya. Opsinya lebih banyak.

Oh, iya, tau bahasa Inggris-nya cowok tanpa facial hair? Woman. Serius. Coba cek di kamus.

 

Belajar Masak

Belajar masak. (Sumber:)

Belajar masak. (Sumber:Photo Credit: Daniel Kulinski via Compfight cc)

Buat cewek-cewek, ini seru. Siapa yang nggak seneng kalo cewek pinter masak? Kalo nanti jadi istri kan seru. Buat cowok : Real men know how to cook, so their women stay in bed. Get it?

advertisement

Plus, belajar masak itu seru karena selalu berguna. Kamu akan punya kebanggaan sendiri kalau kamu punya signature dish yang bisa disajikan entah ke temen-temen, pacar, atau keluarga sekalipun. Ga perlu sampe jago banget dan menang Master Chef, cukup satu atau dua signature dish. Dan ketika kamu berhasil memasak sesuatu, rasanya sama kaya dapet nilai A karena emang kamu usaha sekuat tenaga.

 

Perluas Wawasan

Perluas wawasan: (Sumber:)

Perluas wawasan: (Sumber:Photo Credit: pennstatenews via Compfight cc)

Ini tantangan yang mungkin bisa bikin kamu merasakan sesuatu yang berbeda. Berbeda gimana? Gini, salah satu kunci petualangan adalah quote berikut: When was the last time you do something for the first time? Sekarang ini, kamu pasti punya hobi. Basket kek, musik, baca buku, gambar dan lainnya. Atau kamu tahu banget soal yang namanya kualitas jeans yang bagus, atau kamu suka banget sama yang namanya sinematografi. Libur semester ini, kamu literally punya waktu 24/7 untuk perluasan wawasan kamu.

Cari musik baru untuk dapetin inspirasi, cari olahraga baru yang kamu nggak tau sama sekali tapi seems really cool (misal, baseball atau american football), cari artist yang jago banget gambar atau yang lagi trend banget, baca buku-buku dari seorang pengarang tertentu, atau keliling cari film pendek atau video di Youtube yang punya sinematografi yang unik. Cari hobi baru, ketahui hal-hal baru, dengan begitu kamu bisa nambah perspektif dan semua hal yang sudah kamu ketahui sebelumnya bisa jadi sesuatu yang baru juga. Kamu nggak akan pernah kehabisan sesuatu untuk diketahui loh.

 

Belajar Online

Belajar make up online juga boleh tuh. (Sumber:)

Belajar make up online juga boleh tuh. (Sumber:Photo Credit: AnAuraChicBeauty via Compfight cc)

Siapa yang nggak pengin jadi manusia multitalenta? Katakanlah kamu adalah seorang mahasiswa yang jago olahraga, musik, akademik, dan bergaul. Jangan pernah merasa cukup. Kamu bisa design? Kamu bisa bikin origami? Kamu bisa coding? Kamu bisa gambar? Kamu bisa macem-macem, dan semua sudah tersedia di internet. Kamu akan kaget kalau tahu bahwa segala jenis tutorial ada di internet, dari bikin origami burung merak, sampe coding C++ yang ribetnya udah kaya ngeberantas korupsi. Kamu mau belajar apa?

advertisement

 

Maraton Film atau Series Baru

Maraton Film atau Series Baru. (Sumber:)

Maraton Film atau Series Baru. (Sumber:Photo Credit: amacedo via Compfight cc)

Lah, ini apa gunanya?

Jangan salah, ini berguna banget. Dasarnya, film ataupun series, sama halnya dengan novel dan karya lainnya, punya tujuan menyampaikan sesuatu dengan cara menangkap peristiwa kehidupan dan menyajikannya. Semakin banyak film yang kamu tonton (disarankan yang berkualitas), semakin tinggi kemungkinan kamu jadi seseorang yang toleran, jadi seseorang yang open-minded.

Selalu ada hal yang diajarkan oleh film dan series, semua tergantung dari cara kamu melihat dan mengartikan film itu. Apapun film atau seriesnya, mau Avengers, Furious 7, Marmut Merah Jambu, Rumah Dara sampai Ada Apa dengan Cinta, bahkan sampai Game of Thrones yang mengajarkan kamu gimana rasanya kehilangan tokoh yang kamu suka.

—

Gimana referensi kegiatan yang di atas? Sudah siap untuk liburan? Nah klo mau abisin liburan di rumah juga bisa dengan cara yang satu lagi di sini.

Nah, udah tau mau ngapain liburan semester kali ini? Share tulisan ini via Facebook, Twitter dan Line supaya temen-temen yang masih clueless mau ngapain bisa dapet pencerahan!

 



[reaction_buttons]