Pada pelaksanaan UTBK kali ini, Universitas Indonesia dipercaya menjadi Pusat Pelaksana Ujian Berbasis Tulis Komputer (UTBK) 2020 oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). UI telah mempersiapkan beberapa ruang kelas untuk dijadikan tempat pelaksanaan UTBK di kampus UI Depok maupun Salemba.

Ruangan tersebut akan digunakan dalam dua tahap. Tahap pertama yaitu 5-14 Juli 2020 dan tahap kedua yaitu 20-29 Juli 2020. Adapun total kapasitas peserta UTBK di UI adalah sebanyak 910 unit komputer, dengan rincian 720 unit di kampus UI Depok, dan 190 unit di kampus UI Salemba.

Tenang aja, Sob! Demi pelaksanaan UTBK, Universitas Indonesia telah melakukan rangkaian persiapan semaksimal mungkin, contohnya pembentukan panitia khusus dan pembekalan bertahap “real-like situation” di laboratorium komputer bagi para petugas yang terlibat seperti admin server, teknisi lokal, dan pengawas.

advertisement

Pada hari pelaksanaan ujian, UI turut menyediakan tenaga medis lengkap dengan ambulansnya dan tim K3L UI (Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan) sebagai tindakan preventif apabila peserta UTBK mengalami gangguan kesehatan.

Sumber: scholae.co

Tak hanya itu, ruangan yang akan digunakan pun telah dipersiapkan sesuai standar kesehatan. Di antaranya, melakukan pembersihan ruangan sebelum dan sesudah ujian dilaksanakan; melakukan disinfeksi filter AC; mengoptimalkan sirkulasi udara segar di dalam ruangan. Selain itu, UI juga akan menyediakan fasilitas cuci tangan dan hand sanitizer di seluruh lokasi ujian. Pastinya protokol kesehatan juga diterapkan untuk peserta dan panitia ujian guna meminimalisir penyebaran virus di tengah situasi darurat COVID-19 ini.

Sebelum kamu mengikuti UTBK, pastikan kamu mengikuti panduan terkait kewaspadaan pencegahan COVID-19 yang telah diatur Universitas Indonesia nih. Berikut informasi yang telah AnakUI rangkum untuk kamu!

advertisement

1. Lakukan pengecekan lokasi secara virtual

Sebelum ujian dimulai, pastikan kamu telah mengecek lokasi ujian secara virtual guna menghindari kesalahan lokasi ya! Jangan sampai kamu datang terlambat atau salah masuk ruangan karena tidak mengecek lokasi ujian.

2. Hanya boleh drop-off di Kampus UI

Sesuai arahan pusat, pengantar hanya diperbolehkan untuk menurunkan peserta pada titik yang telah ditentukan oleh petugas lapangan, serta pengantar tidak diperkenankan berada di area ujian selama UTBK berlangsung.

3. Penerapan Protokol Kesehatan

Saat UTBK berlangsung, akan ada pengukuran suhu tubuh, mencuci tangan, serta wajib mengenakan masker bagi peserta maupun panitia yang bertugas. Bila suhu tubuh >37,7°C, peserta dilarang untuk mengikuti ujian. Para peserta maupun panitia juga dianjurkan melakukan physical distancing atau menjaga jarak fisik dan menghindari kerumunan.

advertisement

Yang paling penting, jangan lupa melengkapi diri dengan membawa dokumen ujian, seperti kartu peserta ujian, kartu identitas seperti KTP/SIM/Kartu Pelajar, fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi atau surat keterangan lulus asli, alat tulis, dan hand sanitizer ya, Sob!

Alangkah lebih baik kalo kamu melengkapi diri dengan perlindungan ekstra, contohnya mengenakan face shield, membawa tisu basah dan kering, obat-obatan pribadi, dan membawa bekal. Kalo semuanya telah dipersiapkan, pastinya kamu bisa mengerjakan ujian dengan aman dan nyaman. Semangat terus bagi pejuang UTBK 2020. AnakUI tunggu di kampus perjuangan!



advertisement