Peduli Aceh, BEM se-UI Galang Dana dan Turun Langsung Membantu Korban Gempa

Indonesia kembali berduka. Gempa tektonik yang menghajar wilayah pantai di Kabupaten Pidie Jaya, Nanggroe Aceh Darussalam pada pukul 5.30 WIB, Selasa (7/12). Gempa berkekuatan 6,5 Skala Richter itu memporak-porandakan wilayah Pidie Jaya, Pidie, Bireun, Sigli, dan wilayah sekitarnya yang lain. Sebagai bentuk kepedulian, BEM se-UI turut menggalang dana serta turun langsung membantu korban.


0

Indonesia kembali berduka. Gempa tektonik yang menghajar wilayah pantai di Kabupaten Pidie Jaya, Nanggroe Aceh Darussalam pada pukul 5.30 WIB, Selasa (7/12). Gempa berkekuatan 6,5 Skala Richter itu memporak-porandakan wilayah Pidie Jaya, Pidie, Bireun, Sigli, dan wilayah sekitarnya yang lain.

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bahkan menyebut kekuatan gempa Aceh Selasa lalu itu setara dengan kekuatan empat hingga enam kali bom atom yang dijatuhkan Amerika Serikat di Hiroshima, Jepang pada Agustus 1945. Pusat gempa yang berada di bibir pantai, tentu sangat membuat masyarakat Aceh trauma akan terjadi Tsunami seperti yang pernah dialami Aceh pada Desember 2004 lalu. Untungnya, gempa dahsyat itu tidak seperti apa yang masyarakat Aceh khawatirkan. Meski kekuatannya dianggap melebihi kekuatan bom atom Hiroshima, namun aktivitas sesar mendatar dalam laut tidak memicu Tsunami.

Kondisi di Aceh pasca gempa (via bintang.com)
Kondisi di Aceh pasca gempa (via bintang.com)

Kendati demikian, tetap saja kekuatan gempa tektonik dahsyat itu telah menghancurkan ratusan bangunan di tenggara Kota Banda Aceh. Korban-korban bergelimpangan. Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana, korban meninggal dunia mencapai 102 orang, dan lebih dari 700 orang luka berat dan ringan. Banyaknya bangunan yang hancur juga menyebabkan 3.276 orang mengungsi. Upaya evakuasi korban masih dilakukan BNPB hingga saat ini.

Data terakhir (10/12/2016) menyatakan bahwa total korban mencapai 731 orang yang terdiri dari 617 mengalami luka ringan dan luka berat serta 114 orang meninggal dunia. Selain itu ratusan bangunan serta infrastruktur yang rusak ataupun roboh akibat gempa tersebut.

Hingga saat ini, bantuan bagi para korban gempa di Aceh Mulai dari bantuan makanan, medis, serta evakuasi terus berdatangan. Salah satunya adalah tim relawan dari Universitas Indonesia yang Sabtu ini (10/12/2016) berangkat menuju titik bencana untuk memberikan bantuan kepada para korban bencana.

cafe
Persiapan tim UI Peduli untuk membantu korban gempa Aceh (via Official Line BEM UI)
cafe_0
Persiapan tim UI Peduli untuk membantu korban gempa Aceh (via Official Line BEM UI)

 

BACA JUGA: Seperti Apa Mahasiswa UI Hari Ini di Mata Masyarakat?

 

Pihak Universitas Indonesia melalui tim UI Peduli telah mengirim tim tenaga medis dan bantuan logistik. Tim UI Peduli yang akan berangkat pada Sabtu (10/12/2016) ini berjumlah 28 orang. Mereka di antaranya terdiri atas  Perwakilan Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) UI, tim ILUNI UI, tim Direktorat Kemahasiswaan UI beserta mahasiswa UI yang tergabung dalam Departemen Sosial Masyarakat BEM UI, Sekolah Peduli Bencana UI, Tim Bantuan Medis FK UI, Mapala UI, dan Menwa UI.

cafe_1
Persiapan tim UI Peduli untuk membantu korban gempa Aceh (via Official Line BEM UI)

Sementara itu, banyak pengungsi dan korban luka-luka yang terevakuasi membutuhkan distribusi bantuan berupa makanan, obat-obatan, pakaian dan berbagai bahan-bahan pokok penyokong kehidupan korban gempa. Untuk itulah, melalui Departemen Sosial Masyarakat/Pengabdian Masyarakat BEM Se-UI bersama Sekolah Peduli Bencana UI bekerja sama dengan Forum Nasional Sosial Masyarakat BEM Seluruh Indonesia, mengajak teman-teman untuk mengulurkan bantuan bagi saudara kita yang menjadi korban bencana tersebut.

Kamu juga bisa membantu saudara kita di Aceh dengan cara yang paling sederhana a.k.a donasi. Periode donasi yang dikawal BEM Se-UI dilakukan sampai tanggal 13 Desember 2016. Donasi dapat dikirimkan ke rekening BNI Syariah dengan nomor rekening 324712502 atas nama Muhammad Hafiz Afianto. Setelah melakukan transaksi, silahkan mengirimkan konfirmasi dengan format Nama-tanggal transfer-nominal ke nomor 08568330522 atas nama Hafiz.

cafe_2

Saudara kita sangat membutuhkan uluran bantuan dari kita. Berapapun donasi yang diberikan, mampu membantu kebutuhan saudara kita di sana. So, jangan ragu lagi untuk mengulurkan bantuan! Jika bukan dari kita, siapa lagi?

Mari bagikan artikel ini di Akun Facebook, Twitter, dan Line kalian agar pengumpulan dana bantuan korban gempa di Aceh dapat segera terkumpul lebih banyak dari yang diharapkan. Semoga Aceh diberi ketabahan dan kesabaran!

 

BACA JUGA: Karena Bencana Bisa Datang Kapan Saja…


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Alfridho Yuliananda
Alfridho Yuliananda adalah penulis FnS Digital Consulting yang sudah giat menggeluti dunia tulis menulis di berbagai media. Pemilik motto "semua tempat adalah sekolah, dan semua orang adalah guru" ini merupakan penggemar produk jurnalistik investigasi, Arsenal, dan pemusik Freddie Mercury.

0 Comments

Leave a Reply