Peduli Sesama, UI Siapkan Mobil Difabel Bagi Sivitas

Ada berita gembira bagi kalian yang melakukan kegiatan sehari-hari menggunakan kursi roda di UI, karena sekarang nggak usah lagi repot dan capek ketika hendak menuju kampus. Sebab, UI telah menyediakan layanan gratis mobil antar jemput bagi mahasiswa dan staf yang menggunakan kursi roda dalam kesehariannya.


0

Ada berita gembira bagi kalian yang melakukan kegiatan sehari-hari menggunakan kursi roda di UI, karena sekarang nggak usah lagi repot dan capek ketika hendak menuju kampus. Sebab, UI telah menyediakan layanan gratis mobil antar jemput bagi mahasiswa dan staf yang menggunakan kursi roda dalam kesehariannya.

Meskipun saat ini kampus makara kita baru menyediakan satu mobil khusus, namun diharapkan secepatnya akan bertambah. Bagi kalian yang nggak tau posisi letak si mobil ini, cari saja di halaman parkir Pusat Administrasi Universitas Indonesia, Depok. Di sana bakal kalian temuin mobil khusus itu sedang terparkir. Fyi, satu mobil difabel diestimasi bisa mengangkut lima orang mahasiswa/staf bergantian untuk pengantaran di sekitaran lingkungan UI Depok. Tapi, masih belum jelas jadwal pengantaran yang bakal diterapkan pihak Pengelola dan Pemelihara Fasilitas UI.

Sebenarnya, program penyediaan mobil khusus penyandang difabilitas itu sudah dicanangkan dari setahun lalu, dan sudah aktif dijalankan pada September 2015. Setahun berjalan, mobil difabel ini sudah punya pelanggan tetap lho, guys. Salah seorang mahasiswa UI berkebutuhan khusus selalu aktif diantar dengan mobil ini setiap harinya.

“Data mahasiswa/staf berkebutuhan khusus kami dapatkan dari panitia penerimaan jalur khusus UI,” ujar Dr. Ir. Gandjar Kiswanto, M.Eng, selaku Direktur Pengelolaan dan Pemeliharaan Fasilitas UI, sebagaimana dilansir website resmi UI.

 

BACA JUGA: Mahasiswa UI Bisa Dapat Penghasilan Tambahan Hingga 10 Juta Lewat Mobil Pribadi? Ini Caranya!

 

Untuk jalur pengatarannya, khusus mahasiswa, setiap hari mobil ini akan menjemput dari Asrama UI Depok ke area parkir gedung kuliah masing-masing penumpang untuk ikut kegiatan perkuliahan. Sementara jalur pulangnya, mobil akan menjemput dan mengantarkan para penumpang itu balik lagi ke Asrama UI. Nah, untuk para staf UI, mobil difabel baru menyediakan fasilitas pengantaran dan penjemputan antar gedung area lingkungan kampus saja. Jam operasional mobil difabel sendiri disesuaikan dengan keterbatasan unit dan pengemudi, jadi cuma sampai jam 8 malam.

Walaupun saat ini mobil difabel diberikan atas dasar inisiatif institusi, tapi bagi ppara mahasiswa/staf yang ingin menggunakan fasilitas gratis ini bisa dapat mengajukan diri langsung. Caranya hanya dengan membuat surat permohonan fasilitas atas nama individu atau atas rekomendasi fakultas yang langsung ditujukan kepada pihak Direktur Pengelola dan Pemeliharaan Fasilitas UI di lantai 3 Rektorat UI.

Ngomong-ngomong, kalian sudah tau dong pasti kalau kampus kita itu memang sangat peduli terhadap semua mahasiswa/stafnya, nggak cuma mobil khusus difabel aja yang disediakan, tapi di Asrama UI lantai satu pun dikhususkan bagi mahasiswa penyandang difabilitas, juga di kampus dan fakultas sudah sering kita temui jalur khusus (pathway) untuk teman-teman kita yang berkebutuhan khusus. Fasilitas-fasilitas itu diberikan UI karena memiliki program Pengembangan Pemenuhan Sarana dan Prasarana yang Ramah Difabel di UI.

 

BACA JUGA: Fasilitas Kampus Kurang Memuaskan? Merasa Suaramu Belum Didengar? Coba Baca Dulu Audiensi Ini

 

Nah, bagi kalian yang punya teman berkebutuhan khusus di kampus, silahkan bagikan artikel ini di akun Facebook, Twitter, dan Line kalian biar teman-teman kalian tau kalau UI peduli sama mereka!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Alfridho Yuliananda
Alfridho Yuliananda adalah penulis FnS Digital Consulting yang sudah giat menggeluti dunia tulis menulis di berbagai media. Pemilik motto "semua tempat adalah sekolah, dan semua orang adalah guru" ini merupakan penggemar produk jurnalistik investigasi, Arsenal, dan pemusik Freddie Mercury.

0 Comments

Leave a Reply

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals