Pegimane kalo Menurut Ente, Gan?


0

assalaamu’alaykum!

*gaya abang jakarta*

sekarang kite ngobrol-ngobrol santai aja nih. ya itung-itung sambil minum kupi (kopi). tapi gak usah pake ngruku-ngruku (ngerokok). maklum, kampus kite punya visi bebas asap rokok di 2012. tentu kite dukung donk. ok? 😉

hmm… akhir-akhir ini kampus kite makin seru aje ye. tmn2 FH pasti ngerasain betul serunya. temen2 yg suka ke pusgiwa juga pasti ngrasain serunya. dong..dong..dong.. suara bantingan besi diiringin ama deru mesin-mesin besar yg gotong royong bangun perpustakaan pasti sering didengerin ma temen2 FH. di pusgiwa juga gak kalah seru. walo gak pake mesin besar tapi paling nggak pada kecipratan cat tembok klo gak ati2. belom lagi klo di FE. beuh, rancak banaa.. mantab!

anyway, sambil melihat pembangunan yg lagi gencar2nya di UI, ane jadi mikir gini gan: ni abiz brape duit ye? pake daon ape jangan2? gila, brapa bangunan besar tuh dibangun dalam waktu bersamaan?! bukan duit kecil yg begini sih bos. duit gede’ pastinya. kalo ane punya kesempatan sih ane mau tuh jadi kontraktornya. minimal jadi konsultan perencanaannya lah. beuh, brape duit tuh y? pagu anggarannya pasti nyampe M-M-an tuh bos, alias miliyaran. jadi inget buku yg lagi sering ane baca buat skripsi, tentang jaringan sosial yg ada di dalem organisasi.

sebenernya buku yg ane baca ini gak mo ngupas tentang birokrasi. tapi mo bahas jaringan sosial dalam organisasi. ente-ente bisa baca koq kalo mau. judulnya Jaringan Sosial dalam Organisasi. yg nulis dosen ane, namanya Ruddy Agusyanto. nah, blio ini (dosen ane, maksudnya), ngambil studi kasus di sebuah instansi. di penelitian dia itu, terungkap kalo banyak jaringan orang-orang dalam institusi itu yg suka nyari side income lewat ‘proyek’ sampingan. sederhana aja orang luar kerja sama ma orang dalem buat dapetin proyek yg lagi dibuat ma instansi. orang dalem kebagian jatah orang dalem, si orang luar dapet duit gede’ coz menangin tender. yang, tender2 itu jg udah diatur sedemikian rupa biar si orang luar yg mau kerja sama ma orang dalem bs dapet tender. mantab tuh gan. klo gak inget yg laen2 mah udah kite ambil bareng2 tuh y gan proyek2 di UI. lumayan, kan kite jadi gak usah minta keringanan ato beasiswa lagi buat kuliah kita. ya gak?

hmm… jadi bertanya pas ngelewatin proyek2 besar di UI itu: kira2 ada gak ya jaringan sosial orang dalem n orang luar yg bermain di mega proyek UI ini? ni bukan suujon bos. ni wajar aja. pa lagi kite nggak pernah liat laporan keuangan UI. kite nggak tau brape banyak pagu anggaran masing2 proyek. wajar kah? di mark-up kah?

apa lagi kl mo dikaitin ama banyak sistem sumber pendanaan baru UI yg kontroversial (ane gak bilang bermasalah ya bos, tp kontroversial. ane bilang gini coz emg banyak pro dan kontra kan? mulai dari BOPB, SIMAK, ampe KSDI, dll). ane jadi penasaran, sebenernya RKAT UI wajar pa nggak ya? maksudnya, gmn tren-nya dgn tahun2 sblmnya? meningkat wajar ato meningkat tajam? secara keseluruhan, jumlah mahasiswa yg bayaran BOP-nya di atas 1,3 dan 1,5 juta (kyk sistem flat yg dulu) itu jauh lebih banyak loh katanya gan. klo meningkat tajam, wajar aja kalo ada omongan: “jangan2 knp susah banget dapet keringanan lewat sistem BOPB karena emg udah ada target pemasukan yg besar buat ngdanain proyek2 di UI…”

skali lagi, ane mo bilang klo di otak ane ada dua pertanyaan:

a. adakah jaringan sosial yg ‘bermain’ di proyek2 besar UI? (ini karena ane blm tau ada pa nggak transparansi keuangan di UI). dan,

b. apa jgn2 susahnya dapetin keringanan via BOPB karena ada target pemasukan buat ngdanain proyek2 yg lagi berjalan ya? (yg proyek itu, sesuai pertanyaan pertama, ane masih bertanya ttg transparansinya).

skali lagi (lah, kan td udah sekali? :p), ini pertanyaan yah gan, bukan pernyataan. ane gak bilang klo di UI begana begini begitu. ane cuma nanya. kalo agan-agan sekalian punya jawabannya, sok atuh ditulis di sini. tapi jangan dicekal yah gan. apa lagi ampe dilaporin ke polisi karena ngelanggar UU ITE.. ok gan? salam damai. 😉

wasaalaamu’alaykum wr wb


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
hebat

5 Comments

Leave a Reply

  1. Pgimane ye??
    Klo diliat2 mungkin aje tuh gan. Maslahnye ane byar BOP emang diatas 1,5 juta. Kayaknya kaga bisa ditawar lagi noh..

    Yah moga2 nggak ada lah yg ngambil keuntungan dari mega proyek di kampus kita skarang ini.

  2. waduh, makin runyam nieh urusannye.. secara ane denger2 bhw temen2 BOPB ’09 banyak yg termehek-mehek tuh..

    kbetulan di otak ane jg ada p’tanyaan nieh..
    ape kite cume bise diem aje ngeliat yg kayak beginie??

  3. beberapa waktu yg lalu, ane ma beberapa temen2 ane coba cari2 info ttg kampus BHMN laen.. sampailah qt di IPB… dari IPB ane dapet pelajaran, klo IPB transparansinya TOB banget gan! auditor eksternal yg udah masuk ke IPB ngasih predikat WTP buat laporan keuangan IPB, alias: Wajar Tanpa Pengecualian… Mantab jo! :p