Pekan Komunikasi 2012: “Critical//Creative”


0

Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia (HMIK UI) kembali menggelar acara yang setiap tahun rutin digelar, yaitu Pekan Komunikasi. Pekan Komunikasi 2012 akan diselenggarakan pada tanggal 5 – 9 Maret 2012 dan bertempat di Crystal of Knowledge, Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia.

Tahun ini, Pekan Komunikasi 2012 mengusung tema besar “Critical//Creative” yang dimanifestasikan ke dalam lima bidang ilmu komunikasi. Sesuai dengan tema yang diusung, Pekan Komunikasi 2012 diharapkan dapat menjadi sebuah gagasan yang memberikan pencerahan kepada khalayak agar mampu untuk memiliki unsur kritis dan kreatif secara berdampingan.

Pekan Komunikasi 2012 terdiri atas enam rangkaian acara dilaksanakan selama lima hari yaitu AdWar, Badvocacy, Journalight, Media Matters, Crea-Bo dan Locafest.

AdWar yang merupakan akronim dari Advertising War di dalamnya akan terdapat seminar, kompetisi periklanan untuk mahasiswa, dan akan ditutup oleh workshop dengan tema The Ideal Camp.

Badvocacy yang merupakan acara di bidang public relation akan terbagi menjadi tiga acara, yaitu seminar, student forum, dan public relation (PR) competition yang terbuka bagi mahasiswa komunikasi se-Indonesia melalui lomba proposal kegiatan komunikasi stratejik humas Stands Out in the Crowd.

Selain itu, bidang komunikasi media memberikan gagasan kepada mahasiswa agar dapat berpikir kreatif, namun tetap kritis melalui acara Media Matters. Di dalamnya, Empat rangkaian acara yang mengisi Media Matters, yaitu movie screening, pop research competition, company visit ke lembaga riset media massa, dan kampanye Beauty Myth Campaign dengan tema “BeYOUtiful, be the True You”.

Sementara itu, bidang jurnalistik melalui acara Journalight berusaha untuk membangkitkan kesadaran terkait pentingnya memberikan berita yang positif dan mendidik bagi masyarakat. Selain seminar jurnalistik, acara ini juga akan menghadirkan talkshow dan berbagai macam lomba, antara lain lomba menulis feature, lomba news anchor, lomba fotografi jurnalistik, dan lomba infografik.

Bidang lain yang turut memeriahkan Pekan Komunikasi 2012 adalah Crea-Bo (baca: kribo) yang merupakan akronim dari “Create and Broadcast”. Dalam acara ini, kreativitas khalayak yang tertarik terhadap bidang penyiaran akan diasah melalui workshop dan seminar mengenai industri penyiaran di Indonesia. Peserta juga dapat mengikuti short movie competition dengan tema “Kalo gue jadi sutradara Indonesia…”

Tahun ini, Pekan Komunikasi memiliki satu mata acara baru yang penyelenggaraannya perdana di tahun 2012, yaitu Locafest 2012. Locafest 2012 merupakan bazaar produk lokal yang menyajikan pelbagai hasil kreativitas pemuda pemudi Indonesia sebagai bentuk kritik terhadap dominasi merek internasional di pasar Indonesia. Acara ini juga akan mengundang para entrepreneur muda untuk berpartisipasi dan membawa hasil karya mereka yang kreatif dan menarik.

Selama lima hari penyelenggaraan, Pekan Komunikasi 2012 tidak hanya terbuka untuk mahasiswa ilmu komunikasi, tetapi juga terbuka bagi mahasiswa dari seluruh Indonesia, kaum muda, pelajar SMA, dan masyarakat umum yang memiliki ketertarikan terhadap dunia ilmu komunikasi. Pekan Komunikasi 2012 akan ditutup oleh acara CommWeekend, yaitu acara penutupan yang berisi pelbagai penampilan yang menghibur sekaligus merupakan malam penganugerahan kepada individu berprestasi yang telah berpartisipasi di rangkaian acara Pekan Komunikasi 2012.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran lomba, waktu dan tempat kegiatan, syarat dan ketentuan, serta informasi lainnya mengenai Pekan Komunikasi 2012 dapat dilihat di www.pekankomunikasi.com atau dengan follow twitter Pekan Komunikasi 2012, yaitu @pekankomunikasi.

Dibuat oleh: Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia (HMIK UI)

For further information:
–  Frangky Ertanto – Koordinator HPD Pekan Komunikasi 2012
Telp: 0812 1045 6798
–  Herling Parikesit – Penanggung Jawab Media Partner Pekan Komunikasi 2012
Telp: 0812 9822 8167
–  Email: pekankomunikasi2012@gmail.com


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Media Partner anakUI.com
Akun ofisial anakUI.com untuk hal-hal yang berhubungan dengan media partner. Untuk mengajukan kerjasama Media Partner, silakan buka anakui.com/mediapartner.

One Comment

Leave a Reply

  1. Info Loker: Dibutuhkan Periset/Analis, Pendidikan min S1 (Ekonomi Pembangunan atau lainnya), Memahami ekonomi makro, kemampuan bahasa Inggris yang bagus, mau mengikuti jam shifting. Minat? Silahkan kirimkan CV lengkap ke ariston@mifx.com. Trims